Pengertian Algoritma Pemrograman dan Contoh Soal

Algoritma Pemrograman – Algoritma menjadi sebuah momok bagi sebagian orang. Hal ini karena sistem penyelesaian yang ada di dalamnya membuat beberapa orang menyerah dan merasa sangat kesulitan dalam menjabarkan serta menyelesaikannya. Namun pernahkah Anda benar-benar mencari tahu tentang pengertian algoritma dan pemrograman yang sesungguhnya? Sistem ini akan banyak membantu Anda untuk dapat memahami tentang sebuah sistem pemrograman.

Hampir seluruh pemrograman membutuhkan sistem ini sebagai dasar dari sistem yang akan mereka kerjakan. Apa itu algoritma sudah menjadi pertanyaan berbagai pihak. Kata-kata algoritma memang tidak terlalu umum untuk didengar orang. Secara sederhana, sistem perhitungan ini adalah sebuah urutan dari langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan masalah namun tetap dalam koridor logika manusia.

Misalnya jika seorang manusia mendapati masalah dalam hidupnya, maka orang tersebut harus mampu mendapatkan cara-cara logis yang selanjutnya digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

algoritma pemrograman

Dalam dunia algoritma dan pemrograman, sistem ini digunakan untuk mengira-ngira sebuah perhitungan, memberikan penalaran otomatis dan juga diperlukan untuk memproses data. Dalam segi ini, algoritma pemrograman diartikan sebagai sebuah metode paling efektif yang diekpresikan dalam sebuah rangkaian dari macam-macam instruksi yang telah dijelaskan dengan baik untuk menjalankan sebuah fungsi khusus. Susunan ini bermula dari input awal dan kondisi awal. Selanjutnya diberikan beberapa instruksi yang mendeskripsikan komputasi dan akhirnya dapat menghasilkan output yang diinginkan.

Sejarah algoritma berawal dari seorang matematikawan dari Uzbekistan yang bernama Al Khawarizmi. Matematikawan ini hidup pada sekitar abad ke 9. Pada awalnya kata-kata algorisma adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut beberapa aturan untuk penyelesaian persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab. Selanjutnya sistem algorisma ini semakin berkembang menjadi sistem algoritma sebagai prosedur dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang terjadi.

Perkembangan algoritma pemrograman mulai muncul pada saat beberapa pihak mulai bingung dengan cara bagaimana sebuah proses komputer harus dilalui untuk dapat mendapatkan sesuatu yang diharapkan. Dalam permasalahan ini terkait dengan sistem komputer. Bagaimana agar sebuah komputer dapat dieksekusi dan dihasilkan hasil yang diinginkan. Algoritma adalah penolong bagi programmer yang akan menuangkan prosedur di komputernya untuk mendapatkan output yang diharapkan.

Salah satu contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari adalah saat Anda sedang memasak sebuah masakan untuk keluarga Anda. Ada beberapa step atau langkah yang harus Anda lakukan agar bisa mendapatkan masakan yang diharapkan. Langkah tersebut misalnya dengan menyiapkan bahan-bahan seperti sayur dan bahan lain, menyiapkan alat masak, memotong-motong bahan-bahan dan bumbu, menyalakan kompor, meletakkan alat masak, memasukkan bahan-bahan dan bumbu, menunggu bahan matang, matikan kompor, kemudian terakhir memindahkan ke piring atau mangkok. Itulah algoritma memasak masakan.

Keyword:

algoritma,algoritma pemrograman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *