Pengertian Analisis SWOT dan Contoh Analisa SWOT

Analisis SWOT –¬†Menjalankan sebuah perusahaan yang mengelola bisnis tertentu pasti membutuhkan sistem dan pengaturan tertentu. Tujuannya tentu saja untuk bisa membuat perusahaan bisa tetap berjalan dan mampu bersaing dengan kompetitornya. Untuk itu setiap perusahaan biasanya menerapkan adanya analisa SWOT guna mewujudkan hal tersebut. Apa itu SWOT dan bagaimana perannya dalam membantu kelancaran bisnis sebuah perusahaan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Analisis SWOT :

Penjelasan tentang analisis SWOT akan dimulai dengan mengenal istilah SWOT terlebih dahulu. Dari segi bahasa, pengertian SWOT bisa diuraikan dari akronimnya. SWOT berasal dari 4 kata dalam bahasa Inggris, yakni Strengths (kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (kesempatan) dan Threats (ancaman). Dari pengertian itu kemudian bisa digambarkan tentang analisa dengan SWOT yang digunakan pada sebuah perusahaan.

analisis SWOT

Pengertian analisis SWOT adalah sebuah analisa yang bersifat deskriptif (analisa berupa gambaran) terhadap situasi ataupun kondisi sebagaimana merupakan sebuah masukan dengan setiap fungsi yang berbeda yang akan dikelompokkan masing-masing. Analisa SWOT ini, harus diingat, hanya bisa digunakan sebagai gambaran atas situasi maupun kondisi yang sedang dihadapi dan bukan merupakan sebuah solusi atas permasalahan dalam bisnis yang dihadapi setiap perusahaan. Berdasarkan pengertian tersebut, maka dapat dikelompokkan 4 komponen yang digunakan dalam analisis ini.

4 Komponen Utama dalam Menjalankan Analisis SWOT

1. Strenght (kekuatan)
Komponen pertama yang digunakan dalam analisis SWOT adalah strength atau kekuatan. Analisis ini akan melihat kondisi atau situasi apapun yang dinilai sebagai kekuatan dari sebuah perusahaan untuk meningkatkan segmentasi pasarnya. Pada tahap ini, perusahaan harus mampu menganalisis kekuatan atau keunggulannya untuk bisa menghadapi pesaing bisnisnya. Keunggulan atau kekuatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi segmentasi pasar yang membutuhkan.

2. Weaknesses (Kelemahan)
Selanjutnya yang menjadi komponen utama dalam SWOT adalah kelemahan. Hal ini diartikan sebagai analisis terhadap kondisi atau situasi apapun yang menjadi kelemahan perusahaan. Kelemahan ini bisa jadi merupakan kendala yang menghambat sebuah perusahaan untuk berkembang.

3. Opportunities (kesempatan)
Dalam analisa SWOT selanjutnya juga menganalisis kondisi yang memberikan kesempatan bagi perkembangan perusahaan. Komponen ini juga mencakup pada pencarian kemungkinan atau peluang maupun inovasi yang akan memberi peluang pada perusahaan agar tetap berkembang di masa depan.

4. Threats (Ancaman)
Komponen terakhir yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam analisis ini adalah ancaman. Hal ini maksudnya adalah menganalisis setiap kondisi atau situasi yang bisa menjadi ancaman atau bahkan tantangan yang harus dan akan dihadapi oleh sebuah perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Tujuan dari analisis ancaman ini adalah agar perusahaan bisa mencari jalan keluar atau solusi untuk mengatasi ancaman tersebut jika ingin usaha yang dijalani bisa tetap berjalan.

Contoh Analisa SWOT :

Berbicara tentang analisis yang digunakan oleh setiap perusahaan untuk mengembangkan usahanya tentu sangat beragam, termasuk SWOT. Sebuah kondisi yang bisa menjadi contoh analisis SWOT misalnya adalah semakin maraknya trend hijab di kalangan perempuan Indonesia. Hal ini bisa menjadi analisa peluang atau kesempatan bagi sebuah perusahaan ataupun Anda yang ingin membuat usaha dalam bidang fashion hijab. Kebutuhan akan fashion hijab trendy dan kekinian akhirnya memunculkan peluang bagi para pengusaha untuk menciptakan trend dari fashion hijab andalannya.

Baca juga : Variabel penelitian

Itu tadi adalah penjelasan tentang analisis SWOT, komponen penting yang menjadi landasan dari analisisnya, serta sebuah contoh kondisi yang terjadi dalam proses analisis tersebut. Analisa ini bisa menjadi salah satu metode untuk mengembangkan usaha yang sedang Anda jalankan. Tak hanya bagi pemula, analisa ini juga biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk terus mengembangkan usahanya.

Keyword:

analisis swot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *