Resume Adalah ? Arti Resum dan Cara Membuat Yang Baik dan Benar

Contoh Resume lamaran kerja merupakan komponen penting ketika Anda bermaksud untuk melamar kerja ke suatu perusahaan tertentu. Pasalnya resume inilah yang akan menjadi perwakilan diri Anda kepada pimpinan perusahaan. Dengan kata lain resume ini juga akan menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan Anda mencari kerja. Lalu apa itu resume lamaran kerja?. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pengertian dan contoh resume lamaran kerja yang dapat Anda pelajari.

Pengertian Resume Lamaran Kerja Beserta Contohnya

Resume adalah sebuah ringkasan yang berisi keterangan terhadap suatu hal. Biasanya ringkasan atau resume ini seringkali Kita temukan saat mengikuti pelajaran di sekolah. Sebab tidak jarang para guru memberikan tugas berupa resume terhadap suatu topik bahasan. Secara etimologi, definisi resume dalam konsep ini, hampir sama dalam dunia pekerjaan, hanya saja isi konten yang berbeda antar resume lamaran kerja dengan bentuk resume sebagai tugas sekolah.

Pada dunia pekerjaan, resume adalah sebuah ringkasan yang memuat tentang data diri seseorang. Di dalamnya terdapat data berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, hingga jenjang pendidikan yang telah diikuti. Bahkan beberapa contoh resume lamaran kerja juga terdapat data pengalaman pekerjaan seseorang. Semua data tersebut dibuat dan disusun sesuai dengan urutannya masing-masing, sehingga dapat menarik minat orang lain untuk membaca. Dengan kata lain, semakin menarik resume yang dibuat, maka peluang untuk diterima bekerja akan semakin besar.

resume adalah

Berdasarkan hal di atas, maka dapat pula dikatakan bahwa resume adalah bentuk lain dari CV pada dunia pekerjaan. Kedua hal ini memiliki bentuk yang sama, hanya penggunaan istilahnya saja yang berbeda. Di beberapa tempat ada yang menggunakan istilah resume lamaran kerja dan ada pula yang menggunakan istilah Cv lamaran kerja. Akan tetapi, keduanya sama-sama memuat keterangan tentang data pribadi seseorang yang ingin melamar pekerjaan.

Pada dasarnya cara membuat resume lamaran kerja bukanlah suatu hal yang sulit. Banyak contoh- Contoh resume atau CV pekerjaan yang dapat menjadi panduan Anda dalam membuat resume ini. Anda hanya perlu menyediakan sejumlah berkas yang menyangkut data diri Anda sendiri. Misalnya berupa data tanggal lahir, alamat saat ini, hingga berkas ijazah sekolah Anda. Pada umumnya berkas-berkas seperti ijazah atau pun sertifikat lainnya, dibuat dalam bentuk photocopy. Sehingga ketika Anda ingin melamar pekerjaan, maka semua berkas tersebut harus di photocopy terlebih dahulu dan menyimpan berkas aslinya dengan aman.

Nah, agar dapat membantu Anda dalam membuat resume, berikut ini contoh cv lamaran kerja yang baik dan benar. Pertama buatlah alamat perusahaan yang akan Anda tuju, misalnya PT. Bahagia Nusantara, Jl. Jenderal Sudirman, No.01. Kemudian tulislah data diri Anda secara berurutan, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, agama, hingga nomor ponsel yang bisa dihubungi. Selanjutnya, tuliskan jenjang pendidikan yang telah Anda selesaikan beserta tahun tamatnya. Setelah itu barulah buat pengalaman pekerjaan, bagi Anda yang memang telah bekerja sebelumnya.

Baca juga : Implementasi Adalah

Itulah tadi Contoh resume lamaran kerja yang dapat Anda pelajari. Bagi Anda yang saat ini sedang berusaha melamar pekerjaan, maka buat resume dengan sebaiknya-baiknya. Lazimnya, ada pihak perusahaan yang menginginkan resume dalam bentuk bahasa Indonesia dana ada pula yang mengharuskan menggunakan bahasa inggris. Namun poin penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana membuat resume tersebut semenarik mungkin. Sehingga pihak pimpinan perusahaan tersebut dapat memperoleh gambaran tentang diri Anda. Demikian informasi seputar pengertian resume lamaran kerja beserta contohnya ini. Semoga informasi-informasi tadi ada manfaatnya bagi Anda. Semoga berhasil.

Keyword:

resume adalah,resum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *