CEO Adalah ? Kepanjangan dan Arti Apa Itu CEO Beserta Contohnya

Kepanjangan CEO atau singkatan ceo adalah Chief Executive Officer. Pengertian CEO adalah seseorang yang paling senior atau kepala administrasi yang memegang kendali secara legal dalam suatu organisasi biasanya pada suatu perusahaan ataupun organisasi yang tidak mencari keuntungan atau non profit. Hal ini berarti pengertian CEO merupakan yang memegang peranan penting dalam keberhasilan dan jalannya perusahaan karena keputusan final berada ditangannya.

Pengertian CEO

CEO-Adalah

Arti ceo atau pengertian ceo sendiri sebenarnya mempunyai banyak definisi dan pengertian. Ada yang mengartikan bahwa kedudukan ceo sama dengan kepala eksekutif, presiden direktur, dan direktur managemen. Nama ceo sendiri sangat mentereng dan enak dalam pengucapan sehingga lebih banyak perusahaan menggunakan istilah tersebut.

Kepanjangan ceo atau singkatan ceo lebih sering dan familiar digunakan dalam interaksi sehari-hari dalam dunia bisnis daripada board of director (BOD). Dalam perusahaan terdapat perwakilan masing-masing pemegang saham yaitu BOD, ceo juga dapat duduk didalamnya.

Jadi ceo adalah kepala dari BOD tersebut dan juga memberikan pelaporan tentang keadaan perusahaan terhadap BOD juga. Jadi perlu diketahui secara mendetail apa tugas ceo beserta tanggung jawabnya dalam perusahaan.

Tugas CEO dan Tanggung Jawab CEO

Apa itu ceo dan tugas ceo yang umumnya adalah memimpin perusahaan dengan menjalankan rencana jangka panjang dan pendek perusahaan. Apa itu ceo juga memiliki tugas yang sama dengan kepala BOD dalam perusahaan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab jika mengetahui tugas dan kewajiban suatu ceo.

Salah satu tugas dan tanggung jawab ceo adalah menyusun rencana jangka panjang untuk perusahaan agar perusahaan mempunyai nilai tambah secara ekonomi di masa mendatang. Meskipun apa tugas ceo dari satu perusahaan dengan perusahaan yang lain bervariasi dan berbeda-beda, tetapi peningkatan nilai saham perusahaan adalah tugas yang sama dan utama di semua perusahaan.

Jika nilai saham anjlok, arti ceo bagi perusahaan adalah menggunakan rencana dan memperoleh jalan keluar agar nilai sahamnya meningkat kembali dan tidak anjlok. Dikhawatirkan perusahaan akan mengalami kerugian yang besar dan pemegang saham menjual saham perusahaan jika nilai saham perusahaan anjlok.

Kepanjangan ceo adalah chief executive officer sehingga tugas ceo adalah sebagai media komunikasi yang mengatasnamakan perusahaan kepada masyarakat, pemerintah dan pemegang saham. Berbagai macam image perusahaan adalah diwakili dari ceo nya.

Contoh CEO

Sehingga segala macam ucapan yang berkaitan dengan perusahaan yang dikemukakan oleh ceo adalah wajah dari perusahaan. Contohnya ceo google dan ceo bukalapak, keduanya merupakan wajah perusahaan google dan wajah perusahaan bukalapak. Jika salah satunya mengemukakan pendapat soal hal tertentu yang negatif, dampak negatif pun akan melekat pada perusahaannya.

Tugas ceo lainnya adalah dapat menerapkan misi dan visi perusahaan. Ceo google ataupun ceo bukalapak haruslah dapat menerapkan visi dan misi dari perusahaan. Identitas perusahaan biasanya tertuang dalam visi dan misinya sehingga ceo harus mampu menjembatani dan mempertahankan keadaan yang dicapai perusahaan. Bila perlu harus meningkatkan kinerja perusahaan dengan visi dan misi yang bagus.

Tugas dan tanggung jawab ceo adalah mempunyai kepekaan tajam terhadap pasar. Ceo gojek maupun ceo tokopedia harus mempunyai kemampuan yang mendasar untuk mempertahankan perusahaan dan mempunyai kesadaran akan perkembangan pasar. Sehingga perusahaan tidak kalah bersaing.

Ceo tokopedia dan ceo gojek juga mempunyai tugas dan tanggung jawab seperti ceo lain yang mampu meminimalisasikan risiko kerugian yang dapat ditanggung perusahaan. Ceo mampu untuk menghitung dan menganalisis segala keuntungan sekaligus risiko dalam menjalankan rencana jangka pendek dan menengah perusahaan.

Baca juga : E Commerce Adalah

Ceo grab juga seperti ceo lain yang harus mampu mempunyai hubungan baik dengan masyarakat dan sosial. Ceo grab harus mampu memberikan jembatan hubungan antara perusahaan dengan kepedulian sosial. Jadi dapat disimpulkan jika ceo adalah pemimpin suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki kewenangan secara legal.