Contoh Biografi dan Autobiografi Beserta Strukturnya

Contoh Biografi – Dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia, ada berbagai macam teks yang harus dipelajari beserta kegunaannya. Diantara beragam jenis teks tersebut, salah satu yang sering digunakan adalah teks biografi. Anda pasti juga sering membaca contoh biografi dari tokoh-tokoh terkenal dan berpengaruh, baik dalam bentuk buku maupun dalam bentuk lainnya. Jenis tulisan yang digunakan untuk menulis biografi ini adalah teks biografi. Apa sih sebenarnya teks ini dan apa bedanya dengan autobiografi?

Ada tulisan berbentuk biografi dan ada juga yang berbentuk autobiografi. Contoh  biografi sudah sering dijumpai, seperti misalnya Biografi Bung Tomo dan masih banyak contoh lainnya. Sedangkan untuk auotobiografi, mungkin masih belum begitu familiar. Sebenarnya apa sih perbedaan diantara keduanya? Perbedaan antara biografi dan autobiografi bisa dilihat dari pengertiannya terlebih dahulu.

Perbedaan Biografi dan Autobiografi, Struktur dan Karakternya

biografi

Pengertian biografi adalah sebuah bentuk tulisan yang berisi tentang kisah dan perjalanan seseorang, mulai dari informasi umum seperti tanggal lahir hingga kisah-kisah menarik dan penting yang terjadi selama masa hidupnya, yang ditulis oleh orang lain.

Kebanyakan contoh biografi yang ada membahas tentang tokoh-tokoh pahlawan dan tokoh-tokoh yang memiliki peran penting bagi bangsa Indonesia. Sedangkan autobiografi juga memiliki isi yang hampir sama, namun bedanya tulisan ini ditulis oleh tokoh atau subjek yang diceritakan dalam tulisan itu sendiri.

Berdasarkan pengertian di atas, sudah jelas perbedaan diantara kedua teks tersebut. Pada dasarnya, autobiografi juga masuk dalam salah satu jenis teks biografi. Contoh untuk teks biografi biasanya adalah tentang tokoh-tokoh penting dan berpengaruh. Sedangkan contoh autbiografi lebih umum, karena siapapun bisa membuatnya. Anda bahkan juga bisa membuat autobiografi Anda sendiri.

Nah, itu tadi adalah perbedaan antara kedua jenis tulisan di atas beserta contoh biografi yang sering dijumpai, baik contoh untuk tulisan berbentuk biografi maupun contoh autobiografi. Dalam penyusunan sebuah biografi pun, penulis harus memenuhi struktur yang sudah ditentukan dalam prosedur penulisan biografi yang baik dan benar. Bagaimanakah struktur teks biografi itu? Berikut penjelasannya.

Struktur Teks Biografi

  1. Orientasi

Setelah mengetahui pengertian teks biografi, kini saatnya memahami struktur penyusun teks biografi. Dalam sebuah biografi bagian paling awal yang ditulis bernama orientasi. Pada bagian ini adalah bagian dimana penulis menjelaskan dan mengenalkan tokoh yang ditulis. Latar belakang tokoh secara lengkap akan ditulis pada bagian ini.

  1. Masalah (Peristiwa)

Bagian yang tak kalah penting dalam menulis Biografi adalah bagian masalah. Pada bagian ini akan dijelaskan segala prestasi, pencapaian, kejadian-kejadian penting bagi tokoh dan kisah lainnya. Berbeda dengan contoh autobiografi yang ditulis lebih ekpresif karena merupakan pengalaman pribadi, pada bagian ini penulis biografi harus menuliskannya lebih informatif dan harus diambil dari beragam sumber terpercaya, baik dari sumber terpercaya maupun wawancara.

  1. Reorientasi

Bagian terakhir adalah bagian yang menuliskan pandangan, pendapat atau opini dari penulis terhadap tokoh yang ditulisnya. Dari sini juga bisa disimpulkan bahwa karakter biografi adalah menggunakan sudut pandang orang ketiga sedangkan autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama. Bagian ini juga sebenarnya bisa dicantumkan atau tidak. Beberapa contoh biografi mencantumkan pandangannya tentang tokoh yang ditulis. Tak sedikit pula yang tidak mencantumkannya agar tulisan bisa bersifat lebih objektif.

Setelah mengetahui perbedaan antara biografi dan autobiografi serta struktur teks biografi, kini Anda sudah bisa membedakan keduanya kan? Autobiografi yang juga merupakan salah satu jenis teks serta contoh teks biografi bersifat lebih subjektif karena ditulis oleh tokoh itu sendiri. Contoh autobiografi yang terkenal misalnya autobiografi Nelson Mandela yang ditulis sendiri.