Contoh Biografi dan Autobiografi Beserta Strukturnya

  1. Masalah (Peristiwa)

Bagian yang tak kalah penting dalam menulis Biografi adalah bagian masalah. Pada bagian ini akan dijelaskan segala prestasi, pencapaian, kejadian-kejadian penting bagi tokoh dan kisah lainnya. Berbeda dengan contoh autobiografi yang ditulis lebih ekpresif karena merupakan pengalaman pribadi, pada bagian ini penulis biografi harus menuliskannya lebih informatif dan harus diambil dari beragam sumber terpercaya, baik dari sumber terpercaya maupun wawancara.

  1. Reorientasi

Bagian terakhir adalah bagian yang menuliskan pandangan, pendapat atau opini dari penulis terhadap tokoh yang ditulisnya. Dari sini juga bisa disimpulkan bahwa karakter biografi adalah menggunakan sudut pandang orang ketiga sedangkan autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama. Bagian ini juga sebenarnya bisa dicantumkan atau tidak. Beberapa contoh biografi mencantumkan pandangannya tentang tokoh yang ditulis. Tak sedikit pula yang tidak mencantumkannya agar tulisan bisa bersifat lebih objektif.

Setelah mengetahui perbedaan antara biografi dan autobiografi serta struktur teks biografi, kini Anda sudah bisa membedakan keduanya kan? Autobiografi yang juga merupakan salah satu jenis teks serta contoh teks biografi bersifat lebih subjektif karena ditulis oleh tokoh itu sendiri. Contoh autobiografi yang terkenal misalnya autobiografi Nelson Mandela yang ditulis sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *