CSR Adalah? Pengertian Apa Itu CSR dalam Perusahaan dan Contohnya

Apa itu CSR ? Adakah dari anda yang tidak familiar dengan kata CSR? Atau belum memahami dengan pasti mengenai kosakata ini? Berikut ini akan dibahas mengenai apa itu CSR dan perihal lainnya yang berhubungan dengan kosakata yang satu ini. Secara singkat, CSR adalah suatu pemikiran dasar atau konsep bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap semua pihak yang secara langsung atau tidak langsung dilibatkan dalam berjalannya perusahaan tersebut.

Secara mudah, pengertian CSR dapat dikatakan sebagai pengaruh sosial dari setiap kebijakan yang diambil oleh perusahaan, baik itu pada karyawan, konsumen, pemegang saham dan masyarakat sekitar.

Pengertian CSR

CSR

 

Istilah ini merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa inggris, dimana kepanjangan CSR adalah Corporate Social Responsibility. Sedangkan pengertian CSR adalah tanggung jawab sosial suatu perusahaan sebagai organisasi terhadap seluruh pemilik kepentingan yakni mencakup beberapa pihak yang terlibat di dalamnya dan pihak luar sebagai pendukung.

Secara singkat, CSR perusahaan menjadi konsep atau dasar bagi suatu perusahaan dalam mengambil perannya dalam kehidupan sosial bagi masyarakat di sekitarnya, karena tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu tujuan perusahaan dibangun adalah untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar.

CSR adalah suatu jembatan yang dapat menghubungkan perusahaan dengan masyarakat. Sampai saat ini banyak perusahaan yang mulai menyebarkan energi yang positif agar masyarakat sekitar menyadari keberadaan mereka.

Tidak sedikit pula perusahaan yang menganggarkan dana CSR untuk membuat agar perusahaan mereka dapat diterima di tengah-tengah masyarakat. Disinilah, yang dimaksud dengan pengertian CSR sebagai media penegah dari organisasi dan penduduk sekitarnya.

Contoh CSR Perusahaan

Sebagai contohnya adalah program CSR pertamina. Beberapa waktu yang lalu, pertamina meluncurkan program CSR berupa pengembangan dan pelatihan tenaga-tenaga seperti ibu-ibu, para nelayan, para pemuda. Selain memfasilitasi pelatihan bagi mereka, pertamina juga memberikan bantuan dana yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangunan sarana dan penambahan modal kerja bagi para penerima pelatihan.

Contoh CSR yang lainnya adalah bantuan perusahaan dalam pembangunan fasilitas umum di lingkungan sekitar, seperti pot-pot di taman, gapura desa, taman-taman bermain ataupun tempat-tempat umum yang biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sebagian perusahaan mempersiapkan dana CSR yang tidak sedikit dan terkadang membutuhkan banyak tenaga dan waktu dalam pengaplikasiannya. Seperti yang kita lihat dari contoh CSR pertamina yang telah diterangkan atas. Disini, anda bisa memiliki gambaran bahwa CSR adalah konsep mulia dari perusahaan.

Perusahaan yang didirikan tidak hanya berorientasi pada keuntungan ekonomi semata, namun dengan hadirnya CSR perusahaan juga diharapkan memiliki keseimbangan seperti konsep take and give, yakni mendapatkan dan memberikan. Perusahaan mendapatkan keuntungan dari masyarakat dan memberikan sebagian keuntungan pada masyarakat.

Fungsi CSR Sebagai Aspek Penyeimbang Perusahaan

Selain fungsi sosialnya bagi masyarakat, CSR adalah salah satu konsep kebaikan yang dijalankan juga bagi kalangan internal perusahaan terlebih bagi para karyawan, para pemegang saham, maupun bagi konsumen perusahaan tersebut.

Program-program atau contoh CSR yang umumnya diketahui adalah program kesejahteraan bagi keluarga karyawan, pemberian penghargaan berupa hadiah atau insentif untuk karyawan yang telah mencapai keberhasilan tertentu, bantuan-bantuan sosial untuk karyawan yang sedang mengalami musibah, ataupun banyak program lainnya yang dihadirkan oleh perusahaan.

Baca juga : SOP Adalah

Secara singkat, CSR adalah konsep atau bentuk kepedulian yang dicanangkan suatu perusahaan dalam kehadirannya sebagai organisasi. Melihat dari singkat katanya, kepanjangan CSR lebih kepada kontribusi yang positif yang diberikan dan diharapkan membawa dampak yang baik dan saling menguntungkan bagi perusahaan dengan pihak-pihak terkait. Semoga sedikit penjelasan diatas dapat memberikan petunjuk yang jelas mengenai apa itu CSR dan bagaimana peran dan aplikasinya dalam sebuah perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *