E Commerce Adalah ? Pengertian Apa Itu E-Commerce dan Contoh di Indonesia

E commerce adalah kependekan dari electronic commerce. Pengertian e commerce adalah penjualan atau pembelian melalui elektronik atau internet atau dapat pula dikatakan melalui online. Ada juga yang menuliskan e commerce menjadi e-commerce. Pengertian e-commerce juga dapat berarti e-bussiness. E commerce menggunakan perangkat atau transmisi peralatan elektronik yang bersifat online, seperti email, bulletin atau majalah elektronik, dan mesin fax.

Pengertian E Commerce Menurut Para Ahli

E-Commerce-adalah

Banyak ahli sudah mengemukakan pengertian e-commerce. Menurut Laudon and Laudon (1998), e commerce adalah suatu proses penjualan dan pembelian antara konsumen dan produsen menggunakan media komputer sebagai perantara. Pada masa ini, media pembelian dan penjualan masih menggunakan media komputer.

Belum seperti era masa kini yang sudah menggunakan media smartphone, laptop, tablet dan lain sebagainya. Pendapat ahli satu tahun setelahnya yaitu dari David Baumm (1999) juga memberikan pendapat tentang pengertian e commerce yang tidak jauh beda.

E-commerce adalah teknologi yang dinamis untuk aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan antara produsen, konsumen dan distributor untuk melakukan transaksi secara elektronik dengan maksud pertukaran informasi dan barang.

Apa itu e commerce dan jenisnya haruslah tahu di era yang serba digital ini. Jenis e commerce dapat dibagi menjadi 4 yaitu e commerce bussiness to bussiness, e commerce business to consumer, e commerce consumer to business, dan e commerce consumer to consumer.

Manfaat E Commerce

Apa itu e commerce business to business?  Jenis e commerce ini adalah dilakukan oleh pihak yang saling mengenal. Sedangkan e commerce business to consumer adalah jenis e commerce pada umumnya yaitu penjual dan pembeli melakukan transaksi secara online.

E commerce consumer to business adalah kegiatan transaksi antara konsumen yang menjual kembali hasil pembeliannya ke konsumen lainnya. Jenis keempat dari e commerce adalah consumer to business yang berarti transaksi antara konsumen ke produsen.

Pengertian e commerce juga akan lebih detail jika dijelaskan manfaat dari kegiatan atau aktivitas ekonomi ini. Manfaat dari e commerce adalah proses komunikasi antara penjual dan pembeli lebih mudah dan aktif.

Contoh E Commerce

Contoh e commerce dari kemudahan komunikasi ini adalah jika terjadi komplain dari konsumen, produsen dapat langsung memberikan timbal balik. Jangkauan, jaringan dan perluasan pasar akan lebih mudah dengan kegiatan transaksi seperti ini. Promosi barang terbaru juga akan lebih mudah diinformasikan kepada konsumen dan pelanggan. Contoh e commerce dengan kemudahan ini adalah adanya newsletter atau majalah bulanan.

Perkembangan E Commerce di Indonesia

Perkembangan e commerce di Indonesia juga cukup pesat dan menjamur dimana-mana. Sehingga perlu tahu keuntungan dari e commerce. Keuntungan menggunakan e commerce adalah pengeluaran yang kecil, penjualan internasional, dengan mudah merangsang penjualan kepada konsumen impulsif, dan mudah memperoleh pasar.

Pengeluaran yang kecil sudah pasti merupakan keuntungan e commerce karena tidak ada biaya tambahan untuk distribusi, dan marketing. Penjualan internasional dapat dengan mudah dijangkau dengan sistem penjualan online.

Perkembangan e commerce di Indonesia juga menunjukkan banyak produk Indonesia yang dengan mudah menembus pasar dunia melalui media online seperti sosial media.

Baca juga : UMKM adalah

Dapat disimpulkan e commerce adalah salah satu tonggak kemajuan dalam pertumbuhan ekonomi. Perkembangan ekonomi yang pesat perlu didukung dengan digitalisasi bahkan di bidang usaha dan perdagangan. Tidak cuma hal itu, penggunaan internet sudah merambah ke berbagai aspek kehidupan. Sehingga manfaat dan keuntungan e commerce lebih besar daripada kerugian dan akibat negatifnya.