Materi Mitokondria Lengkap,  Beserta Fungsi,  dan Gambar Struktur

Mitokondria merupakan sebuah organel sel yang banyak dijumpai pada bagian tubuh seperti Jantung, Hati, dan Otot. Fungsinya sangat vital bagi badan, salah satunya tempat berlangsungnya respirasi. Selain itu juga berperan untuk metabolisme lemak dan penghasil energi. Organel ini mirip dengan bakteri baik dari segi cara bereproduksi serta struktur mitokondria yang berbentuk lingkaran. Untuk mengetahui gambaran lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan singkat dibawah ini.

Sel otot jantung sangat membutuhkan fungsi mitokondria  agar kebutuhan ATP terpenuhi.  Seperti yang sudah diketahui bahwa organ tersebut bekerja sangat keras untuk menyalurkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Mitokondria berfungsi untuk memberikan energi sehingga kinerjanya dapat berjalan dengan lancar. Ada banyak manfaat lainnya dari organel ini yang harus diketahui.

Struktur Mitokondria

mitokondria

Mitokondria terdiri dari 4 membran utama yaitu yang terletak pada bagian luar, dalam, inter membran, serta matrik. Membran dalam berisi sejumlah matrik yang berbentuk ruangan tempat untuk menyimpan protein. Jika dilihat sekilas gambar mitokondria bentuknya elips dengan panjang maksimal hanya 10 mikrometer. Cara berkembang biaknya adalah dengan membelah diri. Tidak seperti bakteri, sel ini justru memiliki fungsi yang diperlukan tubuh, diantaranya adalah:

Fungsi Mitokondria

  1. Menjaga konsentrasi ion kalsium

Salah satu fungsi mitokondria dalam tubuh adalah membantu sel-sel agar bisa memenuhi kebutuhan akan ion kalsium. Mitokondria adalah adalah organel sel yang berperan aktif dalam memproduksi tenaga serta memberikan ruangan berupa matrik untuk menyimpan kalsium. Jika ion tersebut tidak tercukupi, akibatnya akan terjadi kerusakan pada beberapa jaringan seperti otot dan tulang.

  1. Menghasilkan molekul ATP

Energi yang kita gunakan untuk beraktivitas sehari-hari berbentuk ATP. Molekul tersebut dihasilkan berkat fungsi dari mitokondria. Saat Anda mengkonsumsi makanan, akan langsung dipecah menjadi molekul dalam bentuk sederhana seperti lemak, karbohidrat, protein, dan sebagainya. Senyawa tersebut selanjutnya akan diproses didalam matrik untuk digabungkan dengan oksigen. Hasil akhirnya berupa energi ATP yang Kita butuhkan untuk bergerak. Selain itu, juga diperlukan oleh beberapa organ tubuh lainnya agar metabolisme berjalan lancar.

  1. Membentuk hormon testosteron dan estrogen

Hormon testosteron dan estrogen yang ada dalam tubuh berasal dari protein. Salah satu fungsi mitokondria adalah menyediakan ruangan didalam membran yang dimanfaatkan untuk menyimpan beberapa molekul tersebut. Jadi jika tubuh memerlukan asupan protein, dapat langsung mengambilnya dalam matriks. Jika molekul tersebut tersimpan dengan baik, maka jumlah hormon dalam tubuh akan tetap terjaga.

  1. Membantu detokfikasi amonia

Mitokondria berhubungan langsung dengan beberapa organ yang sangat vital, salah satunya hati. Racun yang masuk kedalam tubuh akan terdetoksifikasi oleh hati sehingga metabolisme tidak akan mengalami gangguan. Detokfikasi amonia bisa berlangsung dengan bantuan dari organel tersebut baik dalam penyediaan energi berupa ATP maupun memberikan ruangan untuk melakukan aktivitas detok.

  1. Mematikan sel yang tidak diperlukan tubuh

Beberapa sel yang tidak diperlukan oleh badan, akan langsung dimatikan oleh organel ini. Dengan begitu maka kerja beberapa organ tidak akan mengalami hambatan. Meski pengertian mitokondria adalah penyedia ruangan, namun fungsinya juga dapat mengalami kelainan dan dampak terparahnya yaitu kematian beberapa sel yang berjalan tidak normal.

Baca juga : Peredaran darah besar dan kecil

Fungsi mitokondria tidak bisa dipisahkan dari kerja organ tubuh seperti hati, jantung, dan juga otot. Kerja dari bagian vital tersebut membutuhkan energi dalam bentuk ATP. Organel sel ini selain menyediakan energi, juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kalsium serta membantu pembentukan hormon agar kadarnya tidak mengalami penurunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *