Komunikasi Adalah? Pengertian, Proses, dan Perkembangan Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi – Komunikasi adalah hal terpenting dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya istilah ini maka antara satu manusia dengan manusia lain tidak akan bisa berinteraksi satu sama lain. Pengertian komunikasi secara umum berdasarkan Kamu besar bahasa Indonesia yakni diartikan sebagai suatu aktivitas pengiriman dan penerimaan sebuah informasi yang dilakukan oleh dua individu atau lebih untuk mencapai suatu maksud dan tujuan tertentu.

Lahir dan berkembangnya ilmu komunikasi sebagai usaha untuk mencapai kesepahaman antar manusia dalam kehidupan sosial merupakan suatu gagasan yang harus kita pahami secara menyeluruh demi mencapai stabilitas sosial dalam masyarakat.

Perkembangan Ilmu Komunikasi

pengertian-komunikasi

Dengan memahami prinsip-prinsip dan pengertian komunikasi, diharapkan seorang individu dapat memenuhi fungsinya sebagai bagian dari masyarakat secara baik dan benar. Kegagalan dalam proses komunikasi dapat berakibat fatal dalam kehidupan masyarakat. Pasalnya, jika ada kesalahan dalam penyampaian atau penerimaan sebuah pesan dapat menimbulkan kesalahpahaman yang dapat menimbulkan masalah serius. Maka dari itu, sangat penting untuk mempelajari ilmu yang satu ini.

Kelahiran ilmu komunikasi pada abad ke-5 SM di Yunani pada awalnya dipergunakan untuk mengkaji proses pernyataan antar manusia yang disebut sebagai retorika. Retorika berfungsi sebagai seni berargumentasi dan melontarkan kritik pada pemerintah. Berkaca pada sejarahnya, tak heran jika proses komunikasi selalu identik dengan simbol dan semiotika yang sarat akan keindahan dan mempersyaratkan kepekaan pada diri manusia.

Unsur Unsur Komunikasi

Dalam definisi komunikasi menurut Harold Lasswell, komunikasi merupakan suatu proses yang menjelaskan lima unsur. Lalu, apa sajakah unsur-unsur komunikasi tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya:

  • Siapa?

Unsur pertama dalam pengertian komunikasi menurut Lasswell berbicara tentang pelaku atau komunikator yang menyampaikan pesan. Siapa yang berperan sebagai komunikator. Komunikator dalam hal ini dapat dimaknai sebagai individu maupun kelompok.

  • Menyatakan Apa?

Unsur kedua dalam definisi komunikasi menurut Lasswell adalah mengenai apa yang dinyatakan oleh komunikator kepada komunikan atau penerima pesan. Dalam fase ini, terdapat tiga komponen utama komunikasi yang disampaikan yaitu  makna, simbol dan bentuk pesan.

  • Melalui Apa?

Alat komunikasi adalah unsur ketiga yang sangat penting dalam 5 unsur komunikasi Lasswell. Bagaimana pesan dapat disampaikan dan dengan cara apa sangat menentukan efektif atau tidaknya proses komunikasi berlangsung.

  • Untuk Siapa?

Dalam ilmu komunikasi, penerima pesan adalah unsur penting yang harus mendapatkan perhatian agar proses penyampaian pesan dapat berlangsung secara efektif. Dengan kata lain, dalam komunikasi, mempertimbangkan penggunaan bahasa, kode atau simbol yang sesuai dengan latar belakang serta situasi penerima pesan adalah prinsip yang harus diperhatikan agar penyampaian pesan berjalan lancar.

  • Apa Dampaknya?

Mempertimbangkan dampak dari pesan yang disampaikan adalah unsur kelima yang juga harus menjadi perhatian bagi komunikator. Mengaplikasikan keempat unsur sebelumnya secara teliti dan seksama akan menimbulkan dampak positif akan mendukung terciptanya tujuan komunikasi diharapkan sesuai dengan prinsip serta pengertian komunikasi.

Perkembangan teknologi dan alat komunikasi seharusnya menjadi pendukung dalam tercapainya proses komunikasi yang positif dalam masyarakat. Berbekal pemahaman akan prinsip dasar ilmu komunikasi maka kegiatan interaksi antar individu akan berjalan sesuai dengan semestinya. Begitu pula dengan memahami pengertian komunikasi, diharapkan seorang individu dapat menjalankan fungsi dan perannya sebagai makhluk sosial dan komunikator yang baik dalam masyarakat demi terciptanya kehidupan sosial yang stabil dan harmonis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *