Instrumen Penelitian : Pengertian , Jenis , dan Contohnya

Instrumen penelitian akan tidak asing jika Anda kalangan mahasiswa. Mahasiswa tidak akan lepas dengan melakukan penelitian sehingga tidak akan terhindar dari instrumen. Dalam artikel di bawah ini akan dibahas mengenai instrumen penelitian. berikut yang akan dibahas yakni pengertian instrumen penelitian, instrumen penelitian menurut para ahli, instrumen penelitian kualitatif, instrumen penelitian kuantitatif beserta contoh insturmen penelitian. berikut dibawah ini:

Instrumen penelitian adalah salah satu syarat terbentuknya penelitian yang berkualitas. Instrumen penelitian ini sendiri juga diperlukan dalam setiap penelitian ilmiah, baik itu karya tulis, desertasi, tesis, skripsi dan lain sebagainya. Selain itu instrumen penelitian adalah sebuah alat bantu yang dipakai dalam metode pengambilan  data oleh si peneliti itu sendiri untuk menganalisa hasil penelitian yang akan dilakukan pada langkah penelitian berikutnya. Inilah beberapa definisi / arti instrumen penelitian menurut para ahli

Pengertian Instrumen Penelitian

instrumen penelitian

Berikut ini terdapat beberapa definisi instrumen penelitian berdasarakan pendapat para ahli, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Menurut sukmadinata (2010)

Instrumen penelitian merupakan sebuah tes yang mempunyai karakteistik mengukur informan dengan beberapa pertanyaan serta pernyataan dalam penelitian, yang dapat dilakukan dengan membuat garis besar tujuan penelitian diakukan.

  1. Menurut sugiono (2009)

Instrumen penelitian adalah sebuah alat bantu yang dipakai oleh si peneliti dalam mengukur fenomena alam dan juga sosial yang sesuai dengan varibel penelitian.

  1. Menurut KBBI

Instrumen menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah alat yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu seperti alat yang dipakai oleh pekerja teknik, alat-alat kedokteran, optik dan kimia, sarana penelitian berupa seperangkat tes dan sebagainya untuk mengumpulkan data sebagai bahan pengolahan.

  1. Menurut suharsimi Arikunto

Instrumen penelitian adalah alat bantu yag dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam melakukan kegiatannya untuk mengumpulkan data agar kegitan tersebut menjadi siistematis dan dipermudah olehnya.

  1. Menurut Notoatmodjo, 2010

Instrumen penelitian adalah alat-alat yang akan digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen penelitian ini dapat berupa kuesioner, formulir observasi, formulir-formulir lain yang berkaitan dengan pencatatan data dan sebagainya.

  1. Menurut ibnu hajar

Instumen penelitian adalah alat ukur yang digunakan untuk mendapatkan informasi kuantitatif tentang variabel yang berkarakter dan objektif. Adapaun jenis data yang dimaksud diantarannya:

  • Data kuantitatif merupakan jenis data yang berkaitan dengan jumlah atau kuantitas yang dapat dihitung atau disimbolkan dengan ukuran-ukuran kuantitas
  • Data kualitatf merupakan jenis data yangberkaitan dengan nilai kualitas seperti sangat baik, baik, sedang, cukup, kurang dan lain-lain
  • Data nominal, ordinal, interval atau data rasio
  • Data primer atau sekunder
  • Menurut Farida Yusuf Tayibnapis (2000: 102)

Pengertian instrumen adalah alat yang digunakan untuk merekam informasi yang dikumpulkan

  1. Menurut Suryabrata (2008: 52)

Instrumen penelitian adalah alat yang digunakan untuk merekampada umumnya secara kuantitatif keadaan dan aktivitas atribut-atribut psikologis. Atribut-atribut psikologis itu secara teknis biasanya digolongkan menjadi atribut kognitif dan atribut non kognitif. Lebih jauh, dikatakan bahwa untuk atribut kognitif, perangsangnya adalah pertanyaan. Sedangkan untuk atribut non-kognitif, perangsangnya adalah pernyataan.

Jenis Instrumen Penelitian

  1. Tes

Kumpulan pertanyaanatau soal yang bermanfaat juga sebagai sarana ukur kepada variabel-variable tertentu yang berupa kapabilitas, keterampilan, intelegensi, sikap atau bakat yang dipunyai oleh individu atau kelompok atau grup.

  1. kuesioner atau angket

teknik pengumpulan data dengan cara mengajukan sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden berupa laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui

  1. wawancara

instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk menilai keadaan seseorang

  1. observasi

pengamatan serta pencatatan dengan sisitematik fenomen-fenomen yang diselidiki

  1. skala bertingkat

suatu ukuran subyektif yang dibuat berskala

  1. dokumentasi

suatu bentuk dari pengabdian, arsip ataupun barang-barang peninggalan yang diabadikan

Instrumen Penelitian Kualitatif

menurut (Ulfatin, 2014: 188) penelitian kualitatif dalam pengumpulan datanya  instrumen yang dapat digunakan anatara lain:

  • instrumen wawancara

instrumen wawancara digunakan dalam penelitian kualitatif karena dapat mengungkap informasi lintas waktu, yaitu berkaitan dengan masa lampau, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Dan data yang dihasilkan dari wawancara bersifat terbuka, menyeluruh, dan tidak terbatas, sehingga mampu membentuk informasi yang utuh dan menyeluruh dalam mengungkap penelitian kualitatif.

Ulas juga : Metode Penelitian

Contoh instrumen penelitian wawancara:

  1. menurut ibu bagaimana pelaksanaan mengajar kerajinan tangan kelas VI dan V khususnya di SDN 10 Palangka?
  2. Apa saja hasilnya karya kerajinan tangan yang sudah dibuat oleh peserta didik dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan?
  3. Hambatan apa saja yang dialami guru maupun peserta didik dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan khususnya dalam membuat kerajinan tangan?
  4. Bagaimana penggunaan metode yang diterapkan oleh guru dalamp pembelajaran seni budaya dan keterampilan khususnya dalam membuat kerajinan tangan
  5. Bagaimana interaksi guru dengan peserta didik dalammegajarkan seni budaya dan keterampilan?
  6. Instrumen observasi atau pengamatan

Instrumen observasi digunakan dalampenelitian kualitataif sebagai pelengkap dari teknik wawancara yang telah dilakukan. Observasi dalam penelitian kualitatifdigunakan untuk melihat dan mengamati secara langsung objek penelitian, sehingga meneliti mampu mencatat dan menghimpun data yang diperlukan untuk pengungkap penelitian yang dilakukan. Observasi dalam penelitian kualitatif meneliti harus memahami terlebih dahulu variasi pengamatan dan peran-peran yangdilakukan peneliti

Contoh instrumen penelitian observasi:

Penulis melakukan pengamatan kepada mahasiswa yang hendak masuk ke dalamkelas gedung pasca sarjana UINSA serta pengamatan ini dilakukan ke dalam dua sesi yaitu pada hari jum’at. 6 Desember 2013 pada pukul 07:30 WIB. Adapun hasil pengamatan akan dideskripsikan sebagai berikut:

Pada hari jum’at, 6 Desember 2013 pukul 13:00 WIB sampai 15:30 WIB. Dari 56 mahasiswa yang menjadi subjek pengamatan maka yang masuk ke gedung dan langsung naik ke kelas berjumlah 18 orang. Mahasiswa yang masuk gedung dan melihat pengumuman berjumlah 10 orang, mahasiswa yang masuk geung dan langsung ke akademik berjumlah 7 orang orang, serta mahasiswa yang bertemu dengan teman sekelasnya dan mengobrol di ruang tamu……

  • Instrumen dokumen

Dokumen dalam penelitian kualitataif digunakan sebagai penyempurna dari data wawancara dan observasi yang telah dilakukan. Dokumen dalam penelitian kualitatitif dapat berupa tulisan,gamabr atau karya monumental dari obyek yang diteliti.

Contoh instrumen penelitian dokumen:

Seperti surat-surat, catatan harian, cinderamata, laporan, artefak, foto dan sebagainya.

instrumen penelitian kuantitatif

penelitian kuantitatif dalam mengambil data menggunakan instrumen yang berupa:

  • instrumen tes dan inventori

digunakan untuk pengambilan data penelitian kuantitatid instrumen tes untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bidang tertentu, seperti bakat matematika, bakar musik, kemampuan bahasa dan sebagainya. Sedangkan inventori untuk mengetahui karakteristik atau psikologis tertentu dari individu. Darikedua instrumen ini data yang terkumpul berupa angka-angka yang nantinya akan diuji statitik untuk mennetukan tujuan dari penelitian

  • instrumen angket atau kuesioner

digunakan dalam peneliian kuantitatif, untuk menjaring data yang sifatnya informatif dan faktual. Misalnya data tentang tingkat pendidikan, umur, penilaian terhadap kepribadian dan sebagainya. Jenis data untuk angket atau kuesioner berupa angka-angka, kemudian akandiolah denganbantuan software statistik untuk mengetahui hasil datanya. Angket atau kuisioner dalam pengambilan data, sebelumnya harus sudah tentukan dansudah diuji coba terlebih dahulu.

Contoh Instrumen Penelitian Angket:

NO. Pertanyaan Pilihan jawaban
ya Kadang-kadang tidak
1 Apakah dalam mengajarkan matematika guru mengajarkannyadengan cara yang unik dan berubah-ubah?
2 Apakah dalam mengajarkan matematika guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai deganmateri matematika yang diajarkan?
  • instrumen lembar observasi

lembar observasi digunakan dalam pengambilan data penelitian kuantitatif sebagai pengambilan data, yang berupa angka-angka

  • instrumen dokumen

Dokumen digunakan dalam pengambilan data penelitian kuantitatif sebagai pengambilan data atau rekapan datayang terdiri dari data nilai yangberupa angka dan bisa diseleksi dengan menggunakan statistik

Baca juga : Hipotesis Adalah

Nah, itulah paparan artikel mengenai instrumen penelitian beserta beberapa contoh instrumen penelitian. terimakasih kepada pembaca sudah membaca dari awal hingga akhir. Semoga ilmunya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *