Kalender Jawa 2021 Lengkap dengan Tanggalan Jawa & Islam

Kalender Jawa 2021 – Kalender masing-masing negara memiliki perbedaan hari libur yang sangat terlihat. Meskipun ada beberapa hari libur yang jatuh pada tanggal yang sama namun tetap saja banyak tanggal-tanggal libur yang berbeda.

Apalagi Indonesia yang sejatinya memiliki dua jenis penanggalan hari. Penanggalan hari tersebut adalah kalender islam (Hijriah) dengan penanggalan masehi. Dua sistem ini memiliki perhitungan yang berbeda sehingga tanggal dan nama harinya pun juga ikut berbeda.

Kalender Jawa 2021 Lengkap

kalender jawa

Tahukah Anda bahwa kalender jawa dengan perhitungan penanggalan islam juga berbeda. Ada dua perbedaan yang mencolok yang membedakan kedua penanggalan ini.  Perbedaan pertama nya adalah angka tahun.

Jumlah tahun yang berbeda menunjukkan perbedaan rentang waktu yang sangat lebar. Misalnya saja perhitungan penanggalan islam tahun ke-1437 Hijriah sementara perhitungan Jawa tahun ke-1951.

Selain berdasarkan angka tahun, kalender jawa 2021 juga berbeda dengan kalender islam 2021 berdasarkan tanggal. Antara perhitungan jawa dengan perhitungan islam memiliki selisih yang cukup banyak yaitu antara 1 sampai 2 hari.

Misalnya saja pada perhitungan islam menyebutkan terjadi 4 kali tahun kabisat dalam kurun waktu setiap 8 tahun. Sementara pada perhitungan jawa setiap 20 tahun terjadi 11 kali tahun kabisat.

Kalender Jawa 2021 Januari

kalender jawa januari 2021

Kalender Jawa 2021 Februari

kalender jawa februari 2021

Kalender Jawa 2021 Maret

kalender jawa maret 2021

Kalender Jawa 2021 April

kalender jawa April 2021

Kalender Jawa 2021 Mei

kalender jawa Mei 2021

Kalender Jawa 2021 Juni

kalender jawa Juni 2021

Kalender Jawa 2021 Juli

kalender jawa Juli 2021

Kalender Jawa 2021 Agustus

kalender jawa Agustus 2021

Kalender Jawa 2021 September

kalender jawa September 2021

Kalender Jawa 2021 Oktober

kalender jawa Oktober 2021

Kalender Jawa 2021 November

kalender jawa November 2021

Kalender Jawa 2021 Desember

kalender jawa Desember 2021

Perhitungan Kalender Jawa

Perhitungan penanggalan jawa berbeda dengan masehi. Beberapa pihak berpendapat bahwa tanggalan jawa hanya mengikuti atau menjiplak kalender masehi pada umumnya. Padahal kenyataannya adalah penanggalan jawa sudah ada sejak tahun 66 Masehi pada tahun Saka.

Penanggalan jawa dihitung dengan mengkombinasikan dua siklus yaitu penanggalan matahari dan penanggalan bulan. Kalender jawa yang telah terjadi sejak masa kerajaan kuno ini menghasilkan sebuah keunikan yang tidak didapatkan pada penanggalan lain.

Sistem penanggalan jawa ini menghasilkan aneka putaran siklus yang berbeda dengan masehi. Putaran siklus tersebut adalah windu, mangsakala, paringkelan, pasaran, padewan, pawukon, lintang dan padangon.

Meskipun beberapa putaran ini menambah kerumitan perhitungan tanggal jawa, namun sesungguhnya menghitung dengan sistem jawa sangat akurat untuk digunakan sebagai alat analisa karakter dan tabiat alam. Karakter alam yang dimaksud adalah makrokosmos dan mikrokosmos.

Perbedaan Kalender Jawa dan Masehi

Selanjutnya perhitungan kalender jawa tentu saja juga berbeda dengan perhitungan masehi. Dalam kalender 2021 indonesia biasanya memang mencantumkan keduanya. Lain dengan perbedaan sebelumnya, perhitungan jawa dan masehi dibedakan atas beberapa hal.

Perbedaan pertama mereka adalah perhitungan jawa dihitung dari putaran bulan pada bumi, sedangkan perhitungan masehi dihitung dari putaran bumi ke matahari. Mereka juga memiliki selisih tahun yang cukup tinggi yaitu 67 tahun. Perbedaan jumlah tahun ini juga terjadi sebagai akibat dari perbedaan jumlah hari.

Menjelaskan lebih lanjut mengenai perbedaan jumlah hari, kedua kalender ini memiliki perhitungannya sendiri-sendiri. Jika pada perhitungan masehi jumlah hari perbulannya antara 30 – 31 hari.

Maka untuk perhitungan jawa jumlah hari per bulannya hanya 29 – 30 hari. Jumlah dalam satu tahun juga tentu saja berbeda. Masehi dengan jumlah antara 365 – 366 hari dan jawa dengan jumlah 354 – 355 hari.

Baca juga : Kamus bahasa jawa

Hal terakhir yang membedakan kedua kalender ini adalah nama-nama hari yang mereka miliki masing-masing. Pada perhitungan masehi dalam satu minggu terdiri dari 7 hari. Hari tersebut adalah Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu.

Sedangkan perhitungan jawa memiliki lima hari yaitu Legi, Paing, Pon, Wage dan Kliwon. Semua informasi ini bisa didapatkan di kalender jawa 2021 lengkap. Semoga bisa memberikan manfaat.

Hasil Pencarian:

kalender jawa,tanggalan jawa,nu vot,kalender jawa 2019,tanggalan jawa 2019,tanggal jawa,kalender jawa 2019 lengkap,kalender jawa hari ini,kalender,tanggalan jawa hari ini