Pengertian Kebugaran Jasmani, Komponen, dan Unsurnya

Kebugaran Jasmani – Memiliki tubuh yang sehat merupakan idaman setiap orang. Dengan tubuh yang sehat, semua aktifitas tentunya akan bisa dilakukan dengan maksimal. Tubuh yang sehat tentunya juga membutuhkan perjuangan perjuangan untuk meraihnya. Salah satunya ialah dengan menjaga kestabilan kebugaran jasmani dan juga kebugaran rohani.

Disini akan kami kupas secara tuntas mengenai apa itu kebugaran jasmani , komponen komponen penyusunnya, dan tak ketinggalan unsur unsur yang ada didalamnya.

Untuk yang pertama mari kita ulas sejenak definisi kebugaran jasmani menurut pendapat para pakar yang kami kupas secara tuntas dibawah ini.

Pengertian Kebugaran Jasmani

kebugaran jasmani

Kebugaran jasmani adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan pekerjaan setiap harinya dengan ringan tanpa merasa kelelahan, yang artinya masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan aktivitas lainnya.

Pengertian kebugaran jasmani secara umum juga bisa diartikan sebagai daya tahan tubuh seseorang untuk melakukan rutinitas sehari hari.

Nah untuk memperdalam wawasan anda seputar teori kebugaran jasmani, langsung saja anda simak beberapa definisi menurut pendapat para ahli dibawah ini :

  1. Menurut Moxhamad Sajoto dan Judith Rink

Pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan setiap hainya dengan tidak kelelahan yang berlebih degnan pengeluaran energy yang cukup besar untuk pemenuhan kebutuhan geraknya dan dapat menikmatai waktu luang untuk pemenuhan keperluan darurat jika diperlukan kapan saja.

  1. Kebugaran jasmani menurut Rusli Lutan

Pengertian kebugaran jasamani menurut jasmana adalah kemampuan seseorang dalam melakukan semua macam pekerjaan fisik yang membutuhkan fleksibilitas, daya tahan dan kekatan.

  1. Kebugaran Jasmani Menurut Pangrazi

Pengertian menurut Pangrazi adalah bagian dari pendidikan secara umum yang memberi sumbangan kepada pemberian pengalaman gerak untuk perkembangan dan pertumbuhan anak secara menyeluruh.

Kebugaran yang dibutuhkan semua orang pasti berbeda. Hal ini karena kegiatan setiap orang tidak sama maka kebugaran jasmani pastinya bergantung pada sifat tantangan fisik yang sedang dihadapi.

Ada beberapa cara latihan yang dibagi bedasarkan komponen dan unsur kebugaran jasmani sebagai penyusun yang perlu untuk diketahui. Berikut penjelasannya secara singkat dan jelas.

Komponen & Unsur Kebugaran Jasmani :

unsur kebugaran jasmani

  1. Kekuatan atau strength

Merupakan kemampuan otot saat dipakai utnuk menerima beban saat melakukan aktivitas atau melakukan kerja. Kekuatan otot bisa didapat dari latihan yang bekerlanjutan yaitu ankat bebad dan frekuensi sedikit.

  1. Daya tahan atau endurance

Daya tahan merupakan kemampuan seseoran yang memakai sistem jantung, paru paru atau sistem pernafasan dn peredaran darah degna efektif dan efisien yang menjalankan kerja secara terus menerus dan tidak ada hentinya.

  1. Daya otot atau muscular power

Kemampuan yang menggunakan kekuatan maksimal yang dikeluarkan dengan waktu yang singkat. Tak anya itu hal ini bisa dihubungkan degna sestem anaerobic dalamperoses pemenuhan sebuah energy. Daya otot bisa disebut daya ledak otot.

  1. Kecepatan atau speed

Kecepata adalah kemampuan yang dimiliki seseprang untuk mengerjakan gerakan dengan kontinyu atau terus menerus yang bentuknya sama yang waktunya pendek atau relative singkat.

  1. Daya lentur atau flexibility

Daya lentur bias disebut dengan flexibility adalah tingkat penyesuaian seseorang pada semua kegiatan secara efektif dan efisien degnan cara pengulran tubuh secara baik.

Aabila seseorang mempunyai kelenturan yagn baik maka orang tersebut dapat terhindar dari cedera. Cidera tidak dialami saat sedang berolahraga saja tetapi dapat terjadi saat melakukan aktivitas fisik dengan iba tiba.

Seprti mengambil gelas yang akan jatuh apabila tidak lentur kecepata dan ketepaan saat mengambil gelas tidak menimbulkan cidera.

  1. Kelincahan atau agility

Kemampuan seseorang yang bisa merubah posisi ke area tertentu. Seperti bergerak dari depan ke belakang dan kembali lagi ke depan, tak hanya itu bisa juga dari ke kieri dank e kanan atau dari samping ke depan, hinga dari kieri ke tengan lalu ke depan dan lain sebagainya.

olahraga yang membuuhkan komponen ini adalah bulu tangkis supaya bisa menggambil shuttlecock dimanapun lawan arahkan asal masih di dalam garis lapangan. Altel bulutangkis diharuskan unuk mempunyai teknik kelincahan yang adalah salah satu faktor yang sangat penting.

  1. Koordinasi atau coordination

Koordinasi merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang yang bisa mengintegrasikan banyak gerakan yagn berbeda dan bisa mengkoordiansikan semua bagian tubuh secara baik.

Seperti latihan dari komponen kebugaran jasmani bagian koordinasi yaitu dengan memanulkan bola tnis ke tembok menggunakan tangan kanan lalu menangkap bola dengan tangan keri dan sebaliknya.

  1. Keseimbangan atau balance

Keseimbangan adalah kemampuan seseorang yang bisa mengendalikan tubuh sehingga gerakan yang dilakukan bisa dimunculkan secara baik dan benar.

Senam adalah cabang olahraga yang mengandalkan keseimbangan. Contohnya seperti latin keseimbangan dengan berjalan di atas balok kayu dengan lebar 10 cm yang mempuyai panjang 10 meter, berdiri menggunakan satu kaki yang jinjit atau sikap lilin.

  1. Ketepatan atau accurancy

Merupakan kemampuan seseorang yang mengendalikan gerak bebas tubuh pada sasaran tertentu. Beberapa contoh olahraga yang membutuhkan ketepatan adalah memanah, bowling, sepak bola dan bola basket.

  1. Reaksi atau reaction

Reaksi merupakan kemampuan seseorang utnuk cepat bertindak dan menanggapi rangsangan yang ditangkap indera dengan latihan bisa meningkatkan reaksi adalah olahraga tangkap bola.

Kebugaran jasmani tidak hanya dapat mempengaryhi kemampuan sesorang utuk melakukan kegiatan, akan tetpai juga mempunyai manfaat untuk tubuh, berikut manfaat utama bagi tubuh kita.

Manfaat Kebugaran Jasmani :

pengertian kebugaran jasmani

  1. Terhindar Dari Obesitas
  2. Terhindar Dari Penyakit Jantung
  3. Terhindar Dari Resiko Diabetes
  4. Terhidar Dari Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi
  5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Di Dalam Tubuh
  6. Terhidar Dari Resiko Penyakit Kanker
  7. Terhindar Dari Osteoporosis Atau Tulang Keropos
  8. Dapat Meningkakan Mood Atau Suasna Hati
  9. Bisa meingkatkan energy
  10. Mencegah ganguan susah tidur atau insomnia

Kebugaran jasmani tak hanya menggambarkan mengenai kesehatan dari seseorang saja tetapi jega lebih merupakan cara untuk mengukur seseorang saat melakukan kegiatan setiap harinya, salah satunya dengan melakukan tes kebugaran jasmani berikut penjelasnnya.

Tes Kebugaran Jasmani :

komponen kebugaran jasmani

  1. Tes sit up

Tes yang tujuannya mengukur daya tahan dan keuatan bagian otot perut, perlengkapan yang digunakan saat tes adalah matras atu lantai yang datar, alat tulis dan stopwatch. Penilaian yang dipakai adalah jumlah sit up yang benar selama satu menit.

  1. Tes lari jarak jauh 1km atau 1000 meter

Tes yang tujuannya adalah mengukur daya tahan jantung, perlengkapan yang dipakai saat tes yaitu lapangan, bendera start, stopwatch, peluat garis penenda start dan finis, dan penilaian yang di pakai adalah waktu diperlukan peserta untuk menempuh jarak yang sudah ditentukan.

  1. Angkat tubuh atau pull up

Tes yangmempunyai tujuan untuk mengukur daya tahan otot lengan, alat yang dugunakan saat tes adalah palang tunggal / rekstok, peluit, stopwatch dan alat tulis, dan penilaian dalam tes ini adalha waktu yang sudah ditentukan berapa kali peserta dapat mengangkat badannya.

  1. Lari cepat 50 meter

Tes yang mempunyai tujuan untuk mengukur tingkat kecepatn lari, peralatan yang digunakan saa tes adaalh lintasan, sopwatch, peluit dan alat tulis, dan penilaian yang doperhatikan adalah hitung waktu peserta untuk menempuh jarak yang sudah ditentukan.

  1. Loncat tegak

Tes ini merupakan tes yang mempunyai tujuan untuk mengukur suatu keuatan dan daya tahan otot tungkai, peralatan yag digunakan diding rata yang mempunyai area luas dan papan ukur yang ada di dinding. Penilaina dalam tes ini dilakukan dalam 3 kali dan yang dicatat adalah lompatan tertinggi si peserta.

Demikian penjelasan mengenai materi kebugaran jasmani terkait pengertian kebugaran jasmani , unsur kebugaran jasmani , komponen hingga tes untuk mengukur kebugaran jasmani seseorang. Semoga dapat membantu pembaca dalam mengetaui mengenai pembahasan kali ini dengan jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *