Kenakalan Remaja : Pengertian , Contoh , Penyebab dan Dampaknya

Kenakalan remaja adalah salah satu bentuk penyimpangan perilaku yang dilakukan oleh anak remaja. Remaja adalah seseorang dengan rentang usia peralihan yaitu sekitar 11 sampai 21 tahun. Belakangan ini, semakin marak ditemui berbagai contoh kenakalan remaja. Apa sajakah yang menjadi penyebab dan dampaknya? Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa kenakalan remaja butuh peran aktif orang tua

Dalam beberapa makalah kenakalan remaja, hal ini ditengarai sebagai bentuk perilaku yang menyimpang dari norma yang berlaku di masyarakat. Kita mengenal berbagai norma yaitu norma agama, norma sosial dan norma hukum. Seorang anak yang mengalami kenakalan remaja bisa dikatakan memiliki tingkah dan perbuatan yang tidak sesuai dengan salah satu norma diatas.

kenakalan remaja

Pengertian Kenakalan Remaja

Dalam ilmu psikologi, pengertian kenakalan remaja lebih kepada gejala patologis sosial atau penyimpangan sosial yang disebabkan oleh pengabaian terhadap lingkungan sosial. Gejala ini mengakibatkan munculnya berbagai perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan lingkungan sosial. Dalam pidato kenakalan remaja, sering disinggung tentang peran orang tua sebagai filter yang bisa menjadi factor pencegah atau pendukung perilaku tersebut.

Beberapa jenis perilaku menyimpang yang banyak ditulis dalam artikel kenakalan remaja adalah tentang penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan tawuran antar pelajar. Ketiga bentuk kenakalan diatas merupakan yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Contoh kenakalan remaja diatas merupakan bentuk paling buruk dari sejumlah kenakalan lain yang masih bisa ditolerir.

Faktor Penyebab Kenakalan Remaja

Dalam sebuah makalah tentang kenakalan remaja, perilaku ini disebabkan oleh beberapa faktor yang secara langsung mempengaruhi terbentuknya perilaku menyimpang. Faktor-faktor penyebab kenakalan remaja ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu :

  1. Faktor Internal
  • Remaja mengalami sebuah krisis identitas, yaitu perubahan biologis dan sosiologis. Perubahan biologis lebih kepada terbentuknya perasaan tertentu dalam kehidupannya sedangkan perubahan sosiologis mengacu kepada kegagalan pencapaian peran yang diinginkan.
  • Faktor kenakalan remaja lainnya disebabkan oleh kontrol diri yang sangat minim. Remaja dihadapkan pada sebuah kondisi dimana mereka harus menghadapi situasi yang memungkinkan terjadinya kenakalan yang biasanya muncul dalam bentuk kesenangan.
  1. Faktor Eksternal
  • Keluarga yang tidak harmonis menjadi salah satu penyebab kenakalan remaja yang paling umum. Orang tua yang diharapkan perannya sebagai pembimbing, ternyata gagal menjadi contoh atau teladan yang baik baik anak-anaknya. Dalam beberapa pidato kenakalan remaja, orang tua dihadirkan agar mereka bisa melakukan instropeksi diri terhadap caranya mendidik san anak.
  • Sebuah makalah kenakalan remaja, menyebutkan bahwa teman sebaya atau sepermainan juga berperan penting. Tidak bisa dipungkiri bahwa anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman dari pada dengan keluarga.
  • Pengertian kenakalan remaja yang berasal dari faktor lingkungan adalah ketika tempat tinggal sekitar atau komunitas yang ada merupakan tempat yang kurang kondusif untuk pertumbuhan remaja.

Beberapa makalah tentang kenakalan remaja ditujukan untuk secara khusus menganalisa setiap faktor yang mempengaruhi munculnya perilaku menyimpang ini. Kita dapat mempelajari ilmu yang disampaikan agar generasi penerus dapat terhindar dari kenakalan remaja yang semakin menjamur belakangan ini.

Apa saja yang menjadi dampak kenakalan remaja? Tentu saja selain membahayakan diri remaja itu sendiri, kenakalan remaja akan berdampak pada keluarga dan masyarakat pada umumnya. Dalam sebuah artikel kenakalan remaja, perilaku ini bahkan telah menimbulkan keresahan di dalam masyarakat.

Ada yang menarik dalam sebuah makalah kenakalan remaja yaitu bahwa ditemukan adanya kenakalan yang dilakukan oleh anak remaja ini bersifat sementara jika mereka mampu menemukan jalan keluar. Cara mengatasi kenakalan remaja yang paling utama adalah diri sendiri.

Setiap dampak kenakalan remaja akan menjadi boomerang yang pastinya merugikan diri sendiri dan lingkungan. Oleh karena itu harus segera ditemukan cara mengatasi kenakalan remaja. Generasi muda harus selamat dari segala macam bentuk penyimpangan sosial karena mereka adalah harapan yang akan memimpin bangsa ini kelak.

Pada kesimpulannya, kenakalan remaja merupakan permasalahan yang harus segera dicari solusi bersama. Dibutuhkan peran aktif orang tua, tokoh setempat dan pemerintahan untuk mengurangi atau menghindarkan terjadinya bentuk penyimpangan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *