Gambar Lambang Negara Indonesia dan Arti/ Maknanya

Lambang Negara Indonesia – Burung garuda adalah burung yang menjadi lambang negara ini. Burung yang menjadi tunggangan Dewa Wishnu tersebut memiliki bentuk yakni elang rajawali. Sudah sejak lama negara ini menetapkan burung garuda sebagai lambang negara Indonesia yang resmi dan diakui negara. Pemakaian garuda memiliki tujuan sebagai memberikan simbol negara dan bangsa yang besar nan kuat.

Sebelum menjelaskan, Anda dapat melihat lambang tersebut di internet. Lambang negara Indonesia png banyak beredar di dunia maya. Karena ketetapannya sebagai lambang negara Indonesia, maka burung garuda memiliki beberapa makna yang harus dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai arti lambang negara Indonesia tersebut antara lain sebagai berikut :

Makna Lambang Negara Indonesia

lambang negara indonesia

  • Warna

Gambar lambang negara Indonesia yakni garuda memiliki warna utama yaitu keemasan. Warna tersebut mengandung arti yaitu penggambaran Indonesia sebagai negara yang agung dan jaya. Warna lain yang ada di burung garuda tersebut warna putih di bagian perisai sisi kiri bawah, kanan atas, serta di pita yang dicengkeram burung tersebut mempunyai makna kemurnian, kesucian, dan juga kebenaran.

Sementara makna warna hitam di bagian kepala banteng, perisai bagian tengah, garis datar bagian tengah perisai, serta tulisan semboyan dari lambang negara Indonesia adalah sebagai simbol keabadian.

Makna gambar lambang negara Indonesia dari segi warna selanjutnya adalah warna merah di perisai bagian kiri atas serta kanan bawah mempunyai makna keberanian. Kemudian arti warna hijau di lambang negara Indonesia adalah kemakmuran dan kesuburan.

Warna hijau itu dipakai untuk menggambarkan warna pohon beringin. Lalu yang terakhir ada warna kuning di bagian bintang, padi, kapas, serta rantai yang menggambarkan keluhuran, kebesaran, dan kemegahan negara Indonesia.

  • Perisai

Perisai menjadi salah satu benda yang ada di lambang negara Indonesia. Perisai adalah tameng yang dikenal sebagai senjata sejak zaman dahulu kala. Perisai memberi makna pertahanan, perlindungan, dan juga perjuangan untuk memperjuangkan tujuan bersama.

Di bagian tengah perisai tersebut ada garis berwarna hitam tebal yang menggambarkan garis khatulistiwa. Di gambar lambang negara Indonesia tersebut terdapat 5 ruang yang memberi perwujudan dasar negara Indonesia, yakni Pancasila.

Makna sila pertama dilambangkan ke dalam perisai hitam dengan bintang emas yang memiliki 5 sudut. Bintang tersebut menggambarkan cahaya seperti Tuhan. Makna sila kedua di lambang negara Indonesia itu adalah rantai yang menandakan hubungan antar manusia yang saling tolong menolong. Gelang persegi menggambarkan laki-laki dan gelang lingkaran menggambarkan perempuan.

Untuk makna sila ketiga adalah pohon beringin yang ada di sisi kiri perisai. Pohon tersebut memiliki akar tunjang. Arti lambang negara Indonesia adalah kesatuan serta persatuan negara Indonesia.

Ranting pohon tersebut memberi makna latar belakang budaya negeri ini yang beranekaragam. Makna sila ke empat yakni kepala banteng yaitu pengambilan keputusan masyarakat Indonesia yang harus didasarkan pada musyawarah mufakat.

Sementara itu sila kelima adalah padi dan kapas. Simbol itu bermakna kebutuhan pokok masyarakat Indonesia yang tidak memandang status serta kedudukan. Perlu diketahui jika jumlah bulu dari burung garuda tersebut menggambarkan hari kemerdekaan negara ini.

Di bagian sayap terdapat 17 bulu, ekor 8 bulu, pangkal ekor 19, serta leher 45 bulu. Burung garuda mencengkeram sebuah pita bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika”. Arti semboyan tersebut adalah walaupun berbeda-beda namun tetap satu jua.

Baca juga : Letak Astronomis Indonesia

Anda yang ingin mencari tahu lambang tersebut secara detail bisa mengaksesnya melalui internet. Gambar lambang negara Indonesia png bisa diunduh dan dipelajari makna-maknanya. Demikian penjelasan mengenai lambang negara Indonesia dan maknanya.

Keyword:

gambar lambang negara,gambar lambang negara dan artinya,gambar lambang negara indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *