Gambar dan Arti Lambang Garuda Pancasila Sila 1 Sampai 5

Lambang Pancasila – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pancasila sebagai ideologi negara memiliki 5 lambang yang menggambarkan setiap sila yang ada. Sebagai warga negara yang baik terutama calon penerus bangsa, mengetahui dan memahami lambang pancasila beserta dengan artinya adalah wajib. Dengan mengetahui arti dari lambang garuda pancasila diharapkan para penerus bangsa juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah gambar dan arti lambang garuda pancasila yang wajib Anda ketahui.

Pancasila berasal dari kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau asas, pancasila merupakan bahasa Sanskerta. Kelima sila yang ada memiliki lambang pancasila yaitu burung garuda yang di tengahnya terdapat berbagai lambang dari kelima sila yang ada.

Burung garuda melambangkan Indonesia sebagai negara besar dan bangsa yang kuat. Sila pada pancasila terdiri dari 5 butir yang setiap butirnya memiliki gambar lambang pancasila. Berikut ini adalah lambang pancasila dan artinya yang harus Anda ketahui:

Gambar dan Arti Lambang Garuda Pancasila

lambang pancasila

  1. Gambar Bintang untuk Sila ke 1

Lambang sila pancasila ke 1 adalah bintang yang berwarna emas dengan perisai berwarna hitam sebagai latar. Bintang emas menunjukkan bahwa tuhan yang maha esa adalah sumber cahaya kerohanian bagi manusia. Sedangkan perisai hitam berarti warna alam yang mengartikan bahwa tuhan sumber dari segalanya dan sudah ada sebelum semua yang ada di dunia ada. Jadi lambang garuda pancasila untuk sila ke 1 memiliki arti bahwa setiap warga negara Indonesia harus percaya dengan adanya tuhan yang menciptakan segalanya.

  1. Gambar Rantai untuk Sila ke 2

Lambang sila pancasila ke 2 adalah rantai yang terdiri dari mata rantai segi empat dan lingkaran yang saling berkaitan. Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki, sedangkan mata rantai lingkaran melambangkan perempuan. Makna lambang pancasila tersebut berarti semua manusia baik laki-laki maupun perempuan harus saling membantu dan bersatu.

  1. Gambar Pohon Beringin untuk Sila ke 3

Lambang pancasila untuk sila ke 3 adalah pohon beringin dengan latar perisai berwarna putih dan akar tunjang yang panjang. Arti lambang pancasila ini adalah pohon beringin sebagai negara besar tempat berteduh para warganya, sedangkan akarnya merupakan persatuan dan kesatuan untuk seluruh bangsa yang membuat negara kuat. Pada pohon beringin juga terdapat akar yang bergelantungan dari ranting, makna lambang pancasila tersebut berarti negara kesatuan dengan berbagai suku, adat, bahasa, agama yang berbeda namun tetap satu Indonesia.

  1. Gambar Kepala Banteng untuk Sila ke 4

Lambang pancasila untuk sila ke 4 adalah kepala banteng dengan latar perisai warna merah. Banteng termasuk ke dalam hewan sosial yang suka berkumpul dengan sesamanya. Jadi lambang pancasila dan artinya untuk sila ke 4 adalah banteng yang berarti masyarakat harus berkumpul kemudian berdiskusi dan bermusyawarah dalam memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan banyak orang.

  1. Gambar Padi dan Kapas untuk Sila ke 5

Padi dan kapas merupakan kebutuhan pokok dari warga negara Indonesia yang tidak memAndang status, agama, maupun ras. Sebagai bahan sandang pangan utama arti lambang pancasila ini yaitu bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki persamaan sosial dan tidak ada perbedaan dan kesenjangan sosial diantara mereka.

Baca juga : Lambang negara Indonesia

Itulah penjelasan mengenai lambang pancasila beserta dengan arti gambar lambang pancasila. Sebagai calon penerus bangsa kita harus mengenal lambang garuda pancasila yang merupakan pedoman dasar dalam kehidupan berbangsa. Mengetahui arti lambang garuda pancasila juga akan menumbuhkan sikap nasionalis yang harus tertanam pada diri sejak dini.