Letak Geografis Indonesia : Dampak ,Pengaruh, dan Keuntungannya

Letak Geografis Indonesia – Setiap negara atau benua di dunia ini pasti berada pada lokasi yang dilihat berdasarkan geografisnya. Beigitupun dengan Indonesia. Seperti yang sudah umum diketahui, letak geografis Indonesia berada diantara dua benua dan dua samudera. Indonesia terletak diantara Benua Asia dan Australia serta diapit oleh Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Letak ini dianggap strategis, karena bisa dilihat banyak keuntungan letak geografis Indonesia ini yang bisa dirasakan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

letak geografis indonesia

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, letak geografis Indonesia yang berada diantara dua benua dan dua samudera membawa pengaruh bagi kehidupan di Indonesia. Pengaruh letak geografis Indonesia yang paling bisa dirasakan adalah terjadinya dua musim di Indonesia. Dua musim ini tidak lain dipengaruhi oleh adanya angin muson yang melewati kedua benua tersebut.

Selain terjadinya dua musim, pengaruh letak geografis Indonesia ini juga membuat Indonesia menjadi negara yang berada di wilayah yang strategis serta menjadikan Indonesia menjadi negara yang kaya, baik dari segi sumbet daya alam maupun kebudayaan. Karena letak geografis Indonesia ini jugalah yang membuat Indonesia dikenal oleh dunia dengan keanekaragamannya.

Berdasarkan letak geografis Indonesia yang berada diantara dua benua dan samudera ini sudah pasti membawa dampak tersendiri. Dampak itu bisa dalam hal positif maupun negatif. Banyak yang belum tahu apa saja dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia. Untuk itu, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Dampak Positif Letak Geografis Indonesia

Jika berbicara tentang dampak letak geografis Indonesia, dampak pertama tentu saja dampak positif. Akibat letak Indonesia secara geografis yang berada diantara dua benua turut menempatkan Indonesia sebagai jalur peradangan dunia. Ini akan memberikan dampak positif bagi aspek ekonomi di Indonesia.

Dampak letak geografis Indonesia yang positif selanjutnya bisa dirasakan dari keanekaragaman yang dimiliki Indonesia. Keanekaragaman hayati di Indonesia yang begitu besar seolah menjadi harta karun yang jika dikelola dengan tepat bisa membuat rakyat menjadi lebih makmur.

Selain itu berdasarkan letak Indonesia secara geografis yang membuat Indonesia memiliki iklim tropis menjadikan potensi wisata di Indonesia juga sangat kaya. Ditambah dengan lokasinya yang dikelilingi oleh laut semakin menambah potensi wisatanya.

Dampak Negatif Letak Geografis Indonesia

Setelah membahas dampak positif atau keuntungan letak geografis Indonesia, yang juga harus diketahui adalah dampak negatifnya. Tak dapat dipungkiri berada diantara dua benua dan samudera pasti membawa dampak positif maupun negatif.

Salah satu dampak negatif dari letak Indonesia secara geografis adalah akibat letaknya yang berada di jalur perdagangan dunia membuat masyarakat harus bisa berinteraksi dengan berbagai kebudayaan yang masuk. Jika tidak dilakukan pencegahan secara dini bisa membuat kebudayaan asli Indonesia tergusur dan digantikan dengan kebudayaan asing.

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang letak geografis Indonesia beserta pengaruh dan dampaknya. Dengan mengetahui dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia ini Anda juga akan semakin tahu tentang negara Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa tahu bahwa tak selamanya letak geografis ini bisa membawa dampak positif.

Baca juga : Letak Astronomis Indonesia

Ada pula dampak negatif seperti bisa tergerusnya budaya asli Indonesia karena sebagai jalur perdagangan internasional, akan semakin banyak budaya asing yang masuk. Dampak negatif letak geografis Indonesia inilah yang harus dicegah dari sekarang agar nantinya kebudayaan Indonesia tidak tergerus hingga hilang sebagai salah satu dampak negatifnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *