Literasi Adalah? Pengertian dan Contoh Gerakan Literasi Sekolah

Literasi – Pernah mendengar apa itu literasi? Untuk kamu yang masih menjadi siswa atau mahasiswa pasti sudah sering mendengar bahkan paham arti literasi. Secara umum literasi adalah kemampuan seseorang dalam berbagai hal. Lalu bagaimana definisi literasi menurut para ahli secara rinci dan kompleks ? Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dibahas pengertian literasi dan contoh gerakannya khususnya di bidang pendidikan.

Pengertian Literasi

literasi-adalah

 

Secara rinci literasi adalah suatu kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang baik keterampilan membaca, menulis, berhitung, dan memecahkan suatu masalah yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Sebenarnya arti literasi itu sangat dinamis dan kompleks, sehingga banyak orang yang masih tidak paham dengan apa itu literasi, akhirnya mereka memiliki sudut pandang berbeda dalam mengartikannya.

Pengertian literasi yang telah disebutkan diatas didasarkan pada beberapa referensi diantaranya yaitu :

  1. Dalam bahasa latin literasi disebut literatus yang berarti orang yang belajar.
  2. National Institut for Literacy juga menjelaskan bahwa literasi adalah kemampuan seseorang dalam membaca, berbicara, menulis, berhitung, dan memecahkan masalah yang harus dimiliki untuk menghadapi dunia kerja, keluarga, maupun untuk bersosialisasi.
  3. UNESCO menjelaskan bahwa literasi merupakan seperangkat keterampilan yang nyata khususnya keterampilan kognitif seseorang.

Contoh Gerakan Literasi Sekolah

Istilah ini tidak bisa jauh dari sekolah, karena kemampuan tersebut secara jelas kita dapat dari pendidikan khususnya di sekolah. Cukup banyak gerakan literasi sekolah yang mulai diterapkan di lingkungan sekolah, gerakan tersebut memiliki tujuan untuk menumbuhkan budaya literasi bagi siswanya.

Budaya literasi harus dimiliki setiap siswa agar menjadi manusia yang berpengetahuan di jaman milenial ini. Salah satu contoh literasi yang wajib dimiliki oleh setiap siswa yaitu literasi keuangan.

Literasi keuangan adalah kemampuan dalam membaca hal-hal yang berkaitan dengan financial atau keuangan. Contoh literasi lain yang juga wajib dipelajari adalah literasi teknologi, literasi kesehatan, dan literasi informasi.

Literasi adalah kemampuan yang banyak di dapat dari membaca. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ketika selesai membaca adalah dengan membuat pohon literasi.

Pohon tersebut merupakan sebuah gambaran yang berbentuk pohon dan disetiap bagian daunnya diisi dengan judul buku yang sudah selesai dibaca. Dalam membuat pohon ini bisa digunakan literasi digital atau juga literasi media.

Literasi digital yaitu dengan membuat pohon dari software komputer pengedit foto. Sedangkan literasi media bisa menggunakan media apapun contohnya kertas yang kemudian ditempel tempel.

Ada beberapa prinsip yang perlu ditekankan dalam literasi sekolah menurut Beers diantaranya adalah program literasi yang baik bersifat berimbang, berlangsung pada semua kurikulum, keberagaman perlu dirayakan di kelas maupun di lingkungan sekolah. Selain itu literasi sekolah yang baik itu yang juga memiliki prinsip diskusi dan strategi bahasa lisan serta memiliki sifat berimbang.

Contoh Literasi Sekolah

Contoh program literasi yang bisa dilakukan di sekolah sangat banyak dan semuanya berkaitan dengan budaya membaca. Berikut ini adalah beberapa program literasi yang bisa dilakukan di sekolah:

  1. Jadwal wajib kunjungan perpustakaan
  2. Membuat pohon literasi di setiap kelas
  3. Contoh program literasi sekolah dengan membuat mading di setiap kelas dan juga di papan mading sekolah
  4. Membuat tempat khusus baca selain di perpustakaan

Baca juga : CV Adalah

Itulah pengertian literasi dan contoh gerakan literasi sekolah yang dapat membantu membangun karakter siswa jika dilaksanakan dengan baik. Literasi adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh semua lapisan masyarakat dan dapat dibangun sejak dini dengan berbagai cara.

Keyword:

literasi adalah