Logo Pramuka PNG : Makna Gambar Lambang Pramuka Indonesia

Logo Pramuka – Siapakah yang tau bagaimana lambang dari logo pramuka? ya, biasanya terdapat pada seragam sekolah pramuka, ada di topi sekolah pramuka serta di baju pramuka. di balik logo pramuka tersebut terdapat artidan filosofinya. Nah, dalam artikel di bawah ini akan dibahas mengenai lambang pramuka atau logo pramuka serta arti dari lambang pramuka. berikut paparannya di bawah ini.

Lambang pramuka adalah tanda atau simbol pengenal organisasi gerakan pramuka yang berwujud tetap. Pecipta lambang pramuka adalah seorang pegawai tinggi Departemen Pertanian yang juga merupakan seorang tokoh pramuka yakni Sonardjo Atmodipurwo.

Lambang pramuka pertama kali digunakan tepat pada tanggal 14 Agustus 1961, pada saat Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno menganugerahkan panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia pada organisasi Gerakan Pramuka lewat keputusan Presiden Republik Indonesia No. 448 tahun 1961.

Lalu bagaimana bentuk lambang gerakan pramuka? bentuk lambang gerakan pramuka yakni berbentuk tunas kelapa yag digamabr dengan siluet. Tidak hanya itu lambang pramuka terdapat 5 jenis bentuk namun tetap dengan lambang tunas kelapa yang menjadi utama biasanya disebut dengan logo pramuka, berikut yakni adalah beberapa nama dari logo pramuka yakni logo gerakan pramuka, logo pramuka keren, logo pramuka di baju, logo pramuka tunas kepala, dan logo pramuka dunia. Berikut ini penjelasnnya lebih lanjut:

Logo Pramuka Tunas Kelapalogo pramuka tunas kelapa

Logo pramuka tunas kelapa adalah lambang pramuka di Indonesia yang telah disahkan  dan dipergunakan di berbagai pihak atau lembaga pendidikan. Bagi Anda yang membuat logo pramuka wajib mencantumkan tunas kelapa sebagai simbol bahwa ialah pramuka Indonesia.

Mengapa menggunakan bentuk tunas kelapa? Berikut paparannya:

  • Buah kelapa atau nyiur dalam kondisi tumbuh mempunyai arti “Cikal”

Makna buah kelapa yang lagi bertunas yakni cikal bakal. Di Indonesia memaknai bahwa masyarakat asli pertama yang menurunkan generasi baru. Jadi buah kelapa atau nyiur yang tumbuh memiliki kiasan kalau setiap pramuka merupakan unsur paling utama untuk keberlangsungan hidup Bangsa Negara Indonesia.

  • Buah kelapa dapat bertahan lama dalam kondisi apapun

Lambang  pramuka penegak itu mengibaratkan jika setiap pramuka merupakan sosok seorang  yang rohaniah serta jasmaniah kuat, sehat, ulet dan memiliki kemauan yangbesar dalam menghadapi setiap rintangan yang menghadang dalam kehidupan ini serta siap menempuh semua ujian untuk mengabdi demi tanah air serta bangsa Indonesia.

  • Buah kelapa atau nyiur dapat tumbuh dimana saja

Buah kelapa uang bisa tumbuh dimana saja, menunjukkan bahwa besarnya daya serta usaha dalam penyesuaian diri dengan kondisi di sekitarnya. Jadi melambangkan bilamana setiap pramuka dapat beradaptasi dalam masyarakat dimana saja dia berada serta dalam kondisi seperti apapun.

  • Buah kelapa atau nyiur tumbuh menjulang tinggi lurus ke atas

Pohon kelapa merupakan salah satu pohon tertinggi diIndonesia. Hal seperti ini menyimbolkan bahwa setiap pramuka memiliki cita-cita yang tinggi serta lurus, yaitu mulia serta jujur dan akan tetap tegak, tidak mudah diombang-ambingkan oleh suatu hal.

  • Akar kelapa atau nyiur tumbuh kuat ke dalam tanah

Lambang ini mempunyai arti tekad, serta keyakinan setiap pramuka yang berdasar pada landasan dengan beberapa dasar yang baik, benar, kuat dan nyata. Sert merupakan tekad dan keyakinan yang digunakan olehnya untuk memperkuat diri agar dapat meraih harapannya.

  • Kelapa atau nyiur merupakan jenis pohon serbaguna darimulai akar sampai ujungnya

Lambang pramuka tersebut memiliki arti bahwa setiap anggota pramuka adalah sosok berguna dengan membaktikan diri untuk kepentingan agama, tanah air, bangsa, Negara Republik Indonesia dan pada semua masyarakat.

Logo Gerakan Pramuka atau Logo Pelantikan

logo pramuka png

Logo gerakan pramuka memiliki arti dan filosofi, arti lambang pramuka atau arti logo gerakan pramuka, sebagai berikut:

Gambar lambang pramuka atau logo pramuka diatas biasanya digunakan sebagai tada pelantikan pada jenjang pendidikan di Pramuka, baik penegakpenggalang, pandega, atau tingkatan pramuka yang lainnya. elemen tanda penting dalam logo pramuka ini memiliki arti atau filosofi sebagai berikut:

  1. Gambar padi yang ada dalam lembaga di dalam logo pramuka pelantikan mengindikasikan makna pangan
  2. Gambar kapas dalam logo pramuka di atas memberikan arti sandang yang menjadi salah satu kebutuhan primer makhluk hidup
  3. 10 roda dari logo pramuka diatas, memiliki arti dasa dharma pramuka, yakni mengenai 10 hal yang harus dilakukan dalam kegiatan-kegitan Pramuka
  4. Tulisan yang termuat dalam gerakan pramuka diatas, secara langsung melambangkan bahwasannya gerakan pramuka ini sebagai gerakan tunggal yang menjadi wadah pendidikan mengenai kepanduan di Indonesia
  5. Tunas kelapa yang biasa disebut sebagai kitri memiliki arti bahwa lambang pramuka yang diatas ada bintang ialah memilki cita-cita yang tinggi
  6. Terdpat 5 bintang pada gambar di bawah tunas kelapa ialah arti pancasila
  7. Dua warna yang terdapat pada lambang pramuka yaitu kuning dan coklat mengartikan kekuatan dan keagungan (kuning) serta tanah sebagai sumber kehidupan (coklat).
  8. Logo pramuka keren

Logo pramuka juga dapat diedit dengan bentuk kreatif serta inovatif. Sehingga logo pramuka akan lebih di nilai sebagai logo yang keren, akan tetapi pembentukan logo tidak diperbolehkan mengurangi arti serta makna yang aada di dalam lambang pramuka. contoh gambar logo pramuka keren seperti di bawah ini:

Logo Pramuka di Baju

logo pramuka di baju

Logo pramuka di baju sering kali di temukan dalam kehidupanpelajar sekolah. Logo pramuka di baju ini sebagai simbol kebanggan. Contoh pada gambar diatas, ialah logo pramuka yang memiliki arti sendiri, lambangpramuka ini biasadipergunakan untuk tingkatan penggalang di Kota Depan, Provinsi Jawa Barat.

Logo Pramuka Dunia

logo pramuka dunia

Logo pramuka dunia diciptakan oleh Bapak Pandu dunia. Sebagai mantan militer bapak pandu duniayaitu Lord Robert Baden Powell of Gilwel atau sering kita sebut “Baden Powell”. Logo ini secara khusus diciptakan untuk logo kepanduan di seluruh dunia.

Baca juga : Sejarah Pramuka

Arti Lambang Pramuka

Arti lambang pramuka sedunia di bawah ini sebagai berikut:

  1. Kompas menandakan sesuatu peringatan supaya setiap anggota pramuka dapat dipercaya dalam melakukan segala hal bagaikan sebah kompas yang selalu menunjukkan arah yang tepat dan tetap melindungi harapannya serta fungsi sebagai petunjuk jalan.
  2. Bunga dengan tiga ujung yang menyimbolkan bahwa kepanduan memiliki tiga asas atau janji. Di Indonesia lebih dikenal dengan nama trisatya
  3. Dua bintang menyimbolkan anggota pramuka atau pandu yang berusaha agar dapat memberi penerangan dalam menolong degan ilmu pengetahuan
  4. Tali melingkar dengan ujung mmbuat simpul mati, menandakan bahwa setiap pandu di seluruh dunia dapat menjalin persahabatan serta persaudaraan antar sesama danbermasyarakat
  5. Warna putih melambangkan anggota pramuka yang berhati suci serta bersih
  6. Warna dasar ungu artinya yakni anggota pramuka mempunyai keterampilan, kepemimpinan serta senang membantu orang lain.

Nah, dari paparan artikel logo pramuka diatas, dapat diketahui lambang dari gerakan pramuka yakni bentuk tunas kelapa serta telah disebutkan diatas arti dan maknanya. Terimakasih kepada pembaca yang telah menyimak dari awal hingga akhir. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *