MEA Adalah ? Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN + Dampaknya

Pengertian MEA – Semakin tingginya persaingan perdagangan menjadikan negara Indonesia harus pintar dalam menciptakan sebuah kebijakan yang bisa melindungi warganya. Sebagai salah satu anggota ASEAN, seperti yang kita kita ketahua bersama arti dari MEA adalah masyarakat ekonomi Asean. Tentunya Indonesia turut andil dalam keputusan yang dihasilkan di KTT Bali pada tahun 2003. Dalam hal ini masyarakat ekonomi ASEAN atau MEA memberikan kesempatan perdagangan yang cukup bebas sehingga masing-masing anggota memiliki tingkat ekonomi yang sama.

Masyarakat Ekonomi ASEAN :

Lalu apa arti MEA itu sendiri ? Pengertian masyarakat ekonomi ASEAN / MEA adalah Sebuah terobosan bar dimana perdagangan bebas antar negara negara ASEAN disahkan secara resmi. Dalam bahasa inggris, MEA dikenal dengan nama ASEAN Economic Community (AEC), yang mana AEC atau MEA ini disiapkan untuk mewujudkan integrasi wawasan ASEAN 2020. Tentunya masyarakat ekonomi ASEAN ini telah disepakati oleh seluruh negara negara ASEAN yang menjadi anggotanya.

Ciri-ciri Masyarakat Ekonomi ASEAN

MEA adalah salah satu bentuk kerjasama antar anggota ASEAN dalam bidang perekonomian. Polanya adalah dengan mengintegrasikan sistem ekonomi semua negara dengan menciptakan perdagangan bebas. Tujuan MEA adalah agar semua negara anggota memiliki tingkat perekonomian yang sama sehingga tidak menimbulkan kesenjangan dan kemiskinan. Program ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan negara agar lebih maju.

MEA adalah

Dampak Positif dan Negatif MEA :

Banyak yang beranggapan bahwa masyarakat ekonomi ASEAN memberikan dampak yang positif. Tentu saja ini bisa dibenarkan jika Anda sudah siap menghadapinya karena akan banyak saingan dari berbagai negara. Dalam hal mencari pekerjaan, peluang Anda mendapatkan kerja di negara lain cukup besar. Namun, Anda juga harus mengalahkan saingan yang cukup banyak jumlahnya dan memiliki kemampuan yang tinggi. Jika tidak sedari sekarang Anda membekali diri dengan berbagai kemampuan yang mumpuni, di tahun 2020 bisa jadi kesempatan mendapatkan kerja yang bagus semakin kecil.

Setelah mengetahui beberapa dampak positif dan negatif MEA dalam bidang pekerjaan, ada juga dampaknya bagi perdagangan. Karena menerapkan sistem perdagangan bebas, maka industri ekonomi dalam negeri bisa bersaing dengan negara lain sehingga kesempatan mendapatkan keuntungan semakin besar. Begitu pula dari negara lain, juga memiliki kesempatan untuk memperluas pangsa pasarnya di Indonesia. Jika tidak mampu bersaing, dampak negatif siap ditanggung oleh pemerintah yang mana produk dalam negeri tidak bisa berjaya malahan barang import yang laku.

Untuk memahami bagaimana Sistem MEA di beberapa negara ASEAN, berikut ini ciri-ciri dari MEA adalah :

1. Pembangunan bidang ekonomi yang merata
Pengertian MEA memiliki tujuan agar tiap negara anggota memiliki kesempatan yang sama dalam perdagangan. Jadi tidak hanya negara maju saja yang bisa mengembangkan ekspansinya, yang masih berkembang pun memiliki kesempatan yang sama. Ini akan menciptakan suasana yang saling melengkapi.

2. Ekonomi bersifat kompetitif
Karena fungsi dari MEA adalah mewujudkan perdagangan yang bebas, maka kompetisi yang diciptakan pun semakin pesat Ini karena setiap negara memiliki kesempatan yang sama dan bebas mengembangkan kerjasama ekonomi. Inilah yang dinamakan integrasi yang mana industri bisa mengembangkan pasar tanpa batasan negara. Karena itulah negara harus memiliki modal yang cukup agar bisa mengantisipasi dampak dari MEA.

3. Daerah ekonomi terintegrasi
Dengan adanya program ini jelaslah bahwa setiap anggota memiliki kebebasan cukup besar untuk mengembangkan pasar. Ini bisa dimanfaatkan oleh beberapa negara berkembang untuk memperkenalkan produk terbaiknya ke berbagai negara. Dengan begitu maka pemerataan ekonomi bisa tercapai. Untuk persiapan harus dilakukan sedari dini agar di tahun 2020 sudah diketahui tindakan apa yang ingin dilakukan. Dampak positif yang diberikan sangatlah besar, maka janganlah takut menyongsong era ini.

Setelah Anda mengetahui apa itu MEA dan pengertian MEA, maka saatnya Anda membuka mata agar bisa mempersiapkan modal dan pengetahuan supaya tidak kalah saing. Masyarakat ekonomi ASEAN digadang-gadang akan meramaikan perekonomian dalam negeri dan mancanegara. Jika Anda ingin terlibat dalam pusaran ini, modal yang cukup mutlak harus Anda miliki terutama pengalaman agar bisa memiliki kesempatan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Demikianlah informasi lengkap mengenai pengertian MEA ( Masyarakat ekonomi ASEAN) beserta ciri ciri MEA, tujuan MEA, dan dampak positif maupun negatif adanya MEA bagi Indonesia. Terus kunjungi zonapengertian.com agar anda selalu mendapatkan wawasan baru seputar dunia pengertian menurut para pakar. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *