Makna Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari

Nilai Nilai Pancasila – Perlu kita ketahui bersama bahwa Pancasila merupakan ideologi dan dasar negara yang memiliki nilai-nilai yang harus dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.  Nilai nilai pancasila tersebut terkandung pada setiap sila yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, pancasila sebagai sumber nilai harus dipelajari dan dipahami setiap warga negara Indonesia. Memahami dan mengerti nilai nilai yang terkandung dalam pancasila dapat membantu Anda mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari.

Nilai Nilai yang Ada Dalam Pancasila

nilai nilai pancasila

Pancasila sebagai dasar negara terbentuk dari perjuangan yang panjang oleh para pahlawan kemerdekaan. Setiap sila yang dibentuk memperhatikan nilai pancasila yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai sumber nilai harus dipahami oleh setiap warganya, berikut ini adalah nilai nilai pancasila yang harus Anda ketahui:

  1. Sila pertama yang mengandung nilai keagamaan

Nilai pancasila yang terkandung pada sila pertama adalah nilai keagamaan. Setiap warga negara Indonesia bebas memilih agama dan melakukan ibadah sesuai dengan keyakinannya. Sila pertama mengajarkan kita untuk meyakini keberadaan tuhan, taqwa dan menjalankan perintah tuhan, menghormati dan toleransi dengan keyakinan orang lain, serta mengajarkan kebebasan menjalankan ibadah sesuai keyakinan.

Contoh penerapan kecil dari sila pertama diantaranya adalah menyayangi binatang, merawat tumbuhan dengan baik, selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya.

  1. Sila kedua yang mengandung nilai kemanusiaan

Nilai nilai pancasila pada sila kedua dalam pancasila mengajarkan kita tentang kemanusiaan, setiap manusia memiliki harkat dan martabat yang sama sebagai makhluk ciptaan tuhan. Memiliki derajat, hak, dan kewajiban yang sama terutama sebagai warga negara.

Tidak boleh membedakan agama, ras, suku, bahasa, atau keturunan. Contoh penerapannya dalam kehidupan sehari hari adalah peduli terhadap hak setiap orang untuk memperoleh kehidupan yang baik.

Baca juga : Lambang Pancasila

  1. Sila ketiga yang mengandung nilai persatuan bangsa

Nilai instrumental pancasila pada sila ketiga sangat tinggi. Meski merupakan sila dengan kalimat tersingkat, namun nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sila ketiga memiliki makna yang dalam untuk seluruh bangsa.

Sila ketiga mengajarkan kita untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dengan menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi agar bangsa tetap utuh. Selain itu juga mengajarkan untuk cinta tanah air dan bangsa serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa maupun negara Indonesia.

  1. Sila keempat yang mengandung nilai kerakyatan

Nilai nilai pancasila pada sila keempat merupakan nilai yang berkaitan dengan kerakyatan. Dalam sila keempat ini nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari adalah dengan melakukan budaya musyawarah untuk mufakat dalam mengambil berbagai keputusan yang berhubungan dengan orang banyak.

  1. Sila kelima yang mengandung nilai keadilan sosial

Nilai instrumental pancasila yang terkandung dari sila terakhir ini adalah nilai keadilan sosial. Pancasila sebagai sumber nilai dari sila kelima mengedepankan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Selain itu juga diajarkan untuk menghormati hak yang dimiliki oleh orang lain. Contoh penerapan sila kelima dalam kehidupan sehari hari adalah mengelola dan memelihara sumber daya alam agar bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, baik generasi saat ini maupun generasi yang akan datang.

Baca juga : Sejarah Pancasila

Itulah penjelasan mengenai nilai nilai pancasila yang wajib Anda ketahui sebagai warga negara Indonesia. Dengan mengetahui dan mengamalkan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari akan mengajarkan Anda menjadi manusia yang beradab.

Keyword:

dalam kehidupan sehari-hari hendaknya nilai-nilai pancasila dijadikan pedoman tingkah laku hal ini merupakan makna pancasila sebagai…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *