Pengertian dan Contoh Pelanggaran Norma Agama di Masyarakat

Norma agama sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai petunjuk dalam melakukan berbagai hal. Norma ini biasanya diperoleh dari ajaran agama masing-masing, contoh norma agama jika di Indonesia yaitu agama Islam, Kristen, Hindhu, Budha, dan Katolik. Meskipun sudah memiliki sumber yang jelas dan terpercaya, namun pelanggaran norma agama tetap banyak terjadi di masyarakat. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan dibahas mengenai pengertian dan contoh pelanggaran norma agama.

Pengertian Norma Agama

gambar norma agama

Pengertian norma agama adalah sebuah norma yang berasal dari Tuhan yang digunakan untuk menuntun manusia dalam bersikap dan berperilaku kepada sesama manusia, makhluk hidup lain, alam, dan Tuhannya. Sehingga sanksi norma agama diberikan tidak secara jelas seperti norma hukum, namun sanksi diberikan oleh Tuhan langsung.

Sanksi norma agama diberikan oleh Tuhan setelah mati, namun jika suatu negara menerapkan norma agama sebagai norma hukum makan sanksi di dunia juga bisa langsung didapatkan. Tidak hanya sanksi secara fisik, sanksi pelanggaran norma dalam agama juga dapat diperoleh secara sosial seperti dikucilkan, menjadi bahan cela, dan menjadi bahan cacian masyarakat.

Fungsi Norma Agama

Tidak hanya tujuan saja, norma dalam agama juga memiliki fungsi yang harus Anda ketahui. Fungsi norma agama adalah untuk mengatur sikap dan perilaku manusia dalam berhubungan dengan manusia, alam, dan Tuhannya. Selain itu fungsi norma agama adalah sebagai batasan aturan yang wajib dilakukan agar bermanfaat untuk kehidupan saat ini maupun nanti.

Contoh Norma Agama

Contoh norma agama yang harus dilakukan manusia adalah beribadah kepada Tuhannya yang bisa membuat hati tenang. Selain itu contoh lainnya yaitu tidak berbohong, tidak mencuri, berbakti kepada orang tua, berbuat baik pada semua orang, dan lain lain.

Norma dalam agama ada karena ada tujuan yang ingin didapatkan jika semua manusia mentaatinya. Tujuan norma agama adalah membuat manusia memiliki sikap lebih beradab terutama dalam kehidupan sehari-hari baik dengan manusia lain atau dengan alam.

Selain itu diharapkan dengan mematuhi setiap norma agama yang ada, kehidupan di dunia lebih harmonis dan damai. Tujuan norma agama lainnya adalah agar manusia lebih taat kepada Tuhan yang telah menciptakannya dengan menjauhi segala laranganNya dan mentaati semua perintahNya.

Gambar norma agama merupakan gambaran yang memperlihatkan ketaatan dalam melakukan ibadah kepada Tuhannya. Gambar norma agama diantaranya adalah gambar di waktu sembahyang yang menunjukkan simbol agama tertentu. Atau juga bisa bersifat umum misalnya seperti melakukan tindakan baik dengan menolong orang yang kesusahan.

Faktor yang menyebabkan seseorang tetap melakukan pelanggaran norma agama meskipun ada sanksi diantaranya adalah faktor sosial yaitu individu yang melanggar norma tersebut tidak merasa bahwa dirinya melakukan pelanggaran karena pemahaman yang minim. Selain itu faktor labeling yaitu julukan atau cap yang diberikan kepada seseorang malah mendorong orang tersebut tetap melakukan pelanggaran.

Contoh Pelanggaran Norma Agama

Contoh pelanggaran norma agama sebenarnya banyak sekali terjadi di sekitar kita. Contoh norma agama yang ada di Malaysia jika seseorang melakukan pelanggaran terhadap norma agama dan hukum yaitu membunuh maka hukumannya adalah pancung. Namun, pelaksanaan sanksi norma hukum dan agama berbeda karena dalam suatu negara biasanya terdiri dari beberapa agama sekaligus.

Baca juga : Agama di Indonesia

Contoh pelanggaran dari norma dalam agama diantaranya adalah mencuri, mencaci maki, berbuat kasar terhadap makhluk hidup maupun manusia, dan perbuatan tidak baik lainnya. Itulah pengertian norma agama dan contoh pelanggaran yang ada di sekitar kita. Mentaati segala norma agama yang ada merupakan bagi dari rasa cinta terhadap Tuhan yang telah menciptakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *