Pengertian dan Contoh Pelanggaran Norma Hukum di Masyarakat

Norma hukum merupakan salah satu dari sekian norma yang harus diterapkan untuk mengatur kehidupan terutama dalam bermasyarakat. Berbeda dengan norma lain, norma ini ditemukan dalam bentuk tertulis dan resmi dengan penyusunan dilakukan oleh lembaga berwenang di bawah pengawasan negara. Contoh norma agama di Indonesia ada 5 yaitu agama Islam, Katolik, Budha, Hindhu, Kristen, namun contoh norma hukum hanya satu dan sama untuk seluruh warga negara. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan contoh pelanggaran norma hukum.

Pengertian Norma Hukum

norma hukum

Pengertian norma hukum merupakan petunjuk berupa larangan dan perintah yang digunakan sebagai acuan dalam mengatur kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Aturan hukum yang dibuat, ditegakkan dan diakui oleh semua warga negara termasuk masyarakat, pejabat yang berwenang, dan penegak hukum. Sehingga sanksi norma hukum akan diberikan secara langsung jika ada warga negara yang melanggarnya.

Artikel Terkait : Sumber Hukum

Sanksi norma hukum yang diberikan tergantung dari jenis pelanggaran yang dilakukan seseorang. Semakin tinggi norma hukum yang dilanggar makan akan semakin berat sanksi yang diberikan. Sanksi dari pelanggaran norma hukum bisa berupa penjara, denda, hingga hukuman mati.

Tujuan Norma Hukum

Pemerintah memiliki tujuan yang ingin dicapai dengan menerapkan norma hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuan norma hukum adalah menjaga ketertiban warga dalam bermasyarakat, serta memberikan acuan nyata untuk mentaati semua aturan hukum yang sudah dibuat sehingga negara lebih tentram dan damai. Tujuan norma hukum lainnya yaitu memberikan kenyamanan kepada setiap warga negara untuk mendapatkan berbagai hak-haknya dan meminimalkan tindak kejahatan di suatu negara.

Ulas juga : Pengertian Hukum

Selain tujuan, norma dan aturan hukum dibuat dengan berbagai fungsi yang juga harus Anda ketahui. Fungsi norma hukum adalah sebagai pelengkapan dari aturan-aturan yang belum ada, norma ini memberikan penjelasan secara detail terhadap aturan tersebut. Contohnya yaitu tata tertib dalam berlalu lintas di jalan raya. Fungsi norma hukum lainnya adalah memberikan aturan berupa perintah dan larangan secara tertulis beserta dengan sanksi secara jelas.

Contoh Norma Hukum

Contoh norma hukum yang sering diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diantaranya adalah setiap warga negara wajib memiliki KTP jika sudah berumur 17 tahun, melaksanakan siskamling untuk keamanan lingkungan, mentaati aturan lalu lintas, wajib melakukan pendidikan seperti sekolah, dan lain sebagainya.

Gambar norma hukum bisa berupa gambaran petunjuk baik perintah maupun larangan untuk masyarakat agar mengetahui aturan hukum yang berlaku. Gambar norma hukum juga bisa digambarkan pelanggaran hukum yang mungkin dilakukan bersamaan dengan sanksi yang akan diberikan jika melanggarnya. Contoh norma hukum dalam gambar diantaranya adalah pelanggaran aturan lalu lintas dengan sanksi dan akibat jika melanggarnya, serta pelanggaran menggunakan narkoba dengan gambaran gangguan kesehatan jika mengkonsumsinya.

Contoh Pelanggaran Norma Hukum

Meskipun sanksi yang diberikan bersifat memaksa dan mengikat terhadap pelanggar norma ini, namun masih banyak juga pelanggaran norma hukum yang terjadi di sekitar kita. Contoh pelanggaran norma hukum ringan yang sering terjadi adalah tidak memakai helm saat berkendara roda dua, tidak membawa SIM, dan telat membayar pajak.

Contoh pelanggaran berat adalah mencuri dan korupsi, sedangkan pelanggaran hukum sangat berat adalah membunuh. Norma hukum yang dimiliki tiap negara berbeda-beda, meskipun di negara satu dianggap melanggar namun di negara lain belum tentu.

Baca juga : Norma Agama

Itulah penjelasan mengenai pengertian norma hukum dan juga berbagai contoh pelanggarannya baik pelanggaran kecil, berat, maupun sangat berat. Sebagai warga negara yang baik, mentaati norma hukum yang ada adalah suatu kewajiban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *