Otonomi Daerah Adalah? Pengertian, Tujuan, Asas dan Prinsipnya

Otonomi Daerah –¬†Sebagai warga negara Indonesia, Anda pasti sudah tidak asing dengan penyebutan otonomi daerah. Namun pernahkah Anda mencari tahu dengan benar-benar apa itu otonomi dan tujuan otonomi daerah itu diadakan? Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang otonomi baik pengertian, tujuan dan asas otonomi daerah yang diterapkan dalam penerapannya.

Penjelasan tentang otonomi pada daerah diawali dari pengertian dari otonomi itu sendiri. Yang dimaksud dengan otonomi daerah adalah kewenangan untuk mengatur wilayah atau daerahnya sendiri. Pembentukan daerah otonomi baru ditetapkan dengan dasar Undang-Undang No 32 tahun 2004 yang membahas tentang pemerintah daerah serta aturan perundang undangan yang secara khusus membahas tentang pemerintah daerah.

Pentingnya Otonomi Daerah dalam Mewujudkan Keadilan Sosial bagi Seluruh Masyarakat

Jika dilihat dari pembentukan daerah otonomi baru ditetapkan dengan dasar Undang-undang, tentu tidak mudah dalam menjalankan otonomi ini. Ada asas dan prinsip yang harus dipenuhi agar otonomi daerah ini bisa dilaksanakan. Asas otonomi daerah itu antara juga berpegang pada asas umum yang digunakan untuk menyelenggarakan sebuah negara.

Asas Otonomi Daerah

otonomi daerah

Dari asas umum yang digunakan, ada 3 asas otonomi daerah yang utama digunakan dalam pelaksanaan otonomi daerah. 3 asas otonomi itu antara lain asas desentralisasi, asas dekonsentrasi dan asas tugas pembantuan. Asas ini digunakan agar otonomi bisa berjalan dengan baik sesuai dengan undang-undang. Nah, undang-undang ini adalah dasar hukum yang menjadi pedoman pelaksanaan otonomi tersebut.

Sebagai pedoman dasar pelaksanaan otonomi, ada undang-undang yang secara khusus mengatur tentang otonomi. UU otonomi daerah itu antara lain tertuang dalam UU No 23 tahun 2014 yang merupakan revisi dari UU No 32 tahun 2004 serta UU No 33 tahun 2004. Sekarang Anda tidak hanya tahu tentang pengertian otonomi daerah saja, namun juga UU otonomi daerah sebagai dasar pelaksanaannya.

Selain asas dan dasar hukum, ada juga 3 prinsip otonomi daerah yang diterapkan agar dalam menjalankan otonomi ini bisa berjalan dengan baik. 3 prinsip otonomi daerah itu adalah prinsip otonomu seluas-luasnya, prinsip otonomi nyata dan prinsip otonomi yang bertanggung jawab. Baik dasar pelaksanaan, asa dan prinsip yang diterapkan ini dibuat agar tujuan dari pelaksanaan otonomi daerah bisa tercapai.

Tujuan Otonomi Daerah

Berdasarkan pengertian otonomi daerah sebagai sebuah kewenangan untuk mengatur atau membuat aturan atas wilayah atau daerahnya sendiri memiliki tujuan yang pada akhirnya bisa menjamin kesejahteraan masyarakat. Tujuan otonomi daerah yang pertama adalah untuk mewujudkan keadilan sosial. Dengan adanya otonomi, pemerintahan dan pembuatan aturan tidak hanya bersifat desentralisasi dimana hanya bergantung pada pemerintah pusat. Dengan begitu, akhirnya tujuan otonomi daerah adalah agar pemerintah daerah bisa membuat aturan maupun keputusan terbaik untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Tujuan selanjutnya dilaksanakannya otonomi daerah adalah untuk memeratakan wilayah daerah. Jika melihat berdasarkan pengertian otonomi daerah, yang dimaksud dengan pemerataan ini tidak hanya soal bagaimana daerah mengatur wilayahnya, namun juga bagaimana agar terjadi pemerataan di dalam masyarakat agar antara masyarakat di daerah satu dengan masyarakat di daerah lain tidak memiliki kehidupan yang timpang atau tidak seimbang. Terakhir, adanya otonomi juga bisa membuat hubungan antara daerah dan pusat bisa tetap berjalan dengan baik.

Baca juga : Sumber Hukum

Berdasarkan penjelasan di atas, otonomi daerah adalah sebuah kebijakan yang sangat penting dan perlu untuk mewujudkan kehidupan masyarakat berbangsa yang adil dan makmur. Dengan adanya otonomi ini diharapkan kehidupan masyarakat Indonesia bisa merata baik antara masyarakat yang hidup di kota dan dengan pusat pemerintahan maupun penduduk yang tinggal di daerah yang jauh dari pusat pemerintahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *