Pengertian Paragraf beserta Ciri, Fungsi dan Jenis Paragraf

Paragraf – Secara umum definisi paragraf adalah serangkaian kalimat yang berisi gagasan pemikiran yang mempunyai satu ide pokok pikiran disertai dengan beberapa kalimat kalimat penjelas. Ketika membuat tulisan apapun itu, sadar atau tidak tak jarang Anda membuatnya dalam bentuk paragraf. Dalam dunia penulisan sendiri, paragraf masih dibagi ke dalam berbagai macam jenis paragraf dengan karakter yang berbeda. Untuk lebih memahami  hal ini, selain mengetahui pengertian paragraf, Anda juga harus mengetahui ciri-ciri dan juga jenis-jenis paragraf tersebut.

Pengertian Paragraf

Sebelum mengetahui hal-hal lain yang berkaitan dengan paragraf, pertama-pertama yang harus dipahami adalah apa itu paragraf. Paragraf adalah kumpulan kalimat yang berupa ide atau pikiran, yang memiliki satu ide pokok atau pikiran utama serta beberapa kalimat penjelas. Sebuah paragraf ditandai dengan ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan kumpulan kalimat lainnya.

paragraf

Ciri Ciri Paragraf

  1. Kalimat Pertama Terletak Agak Menjorok

Yang membedakan paragraf adalah karakteristik bentuk tulisannya yaitu diawali dengan kalimat pertama dengan posisi agak menjorok ke dalam. Jaraknya adalah 5 ketukan spasi lebih menjorok ke dalam dan baris selanjutnya kembali normal.

  1. Terdiri dari 2 Jenis Kalimat, Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, dalam satu paragraf pasti terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Susunan inilah yang bisa membentuk paragraf menjadi lengkap.

  1. 1 kalimat Utama dan Beberapa Kalimat Penjelas

Meskipun terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas, ciri paragraf yang baik dan benar hanya memiliki 1 kalimat utama. Sedangkan untuk kalimat penjelas bisa disesuaikan dengan kebutuhan informasi dalam paragraf tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *