Materi Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis Disertai Gambar

Pembelahan Mitosis dan Meiosis – Tubuh manusia tersusun dari berjuta sel yang terus mengalami perkembangan. Sel yang berkembang biak dengan membelah diri, memiliki dua macam cara pembelahan, yaitu mitosis dan meiosis. Apa sebenarnya perbedaan antara pembelahan mitosis dan meiosis tersebut? Untuk mempermudah anda dalam mempelajari tahapan dan perbedaan pada pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis, berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Sel memiliki dua cara reproduksi, yaitu pembelahan sel mitosis dan meiosis. Kedua cara reproduksi ini terjadi pada jenis sel yang berbeda di dalam tubuh. Untuk memahami tentang reproduksi sel ini, hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian dari kedua cara reproduksi ini. Perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis yang pertama bisa dilihat dari pengertiannya.

pembelahan mitosis dan meiosis
Gambar Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Pembelahan mitosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan dua buah sel anakan yang secara genetis serupa. Artinya, susunan genetik kedua sel tersebut sama dengan susunan sel induknya. Sedangkan pembelahan meiosis adalah pembelahan yang mampu menghasilkan 4 sel anakan dari sel diploid sebagai induknya. Hasilnya, setiap sel anakan hanya memiliki separuh kromosom dari sel induknya.

Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Selain pengertian yang sudah disebutkan di atas, yang juga sudah mencakup jumlah anakan yang dihasilkan, antara pembelahan mitosis dan meiosis juga memiliki perbedaan lain. Perbedaan itu antara lain sebagai berikut.

Keyword:

gambarlah pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis,download gambar pembelahan mitosis,gambar pembelahan meiosis beserta keterangannya,gambar pembelahan mitosis beserta keterangannya,pengertian pembelahan sel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *