Pengertian Bisnis , Etika Bisnis, dan Jenis Jenis Bisnis Terbaik

Pengertian Bisnis – Secara umum, definisi bisnis dari segi etimologi adalah suatu kondisi dimana seorang individu atau kelompok tengah sibuk melakukan suatu pekerjaan yang bisa menghasilkan keuntungan atau laba. Pada dasarnya, istilah berbisnis diambil dari bahasa Inggris yakni busy yaitu sibuk. Ada banyak sekali ahli yang memberikan penjelasan mengenai istilah yang sering digunakan dalam aktivitas manusia ini. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli :

Pengertian bisnis menurut para ahli dikemukakan oleh Steinford ( 1979) yaitu suatu lembaga yang dapat menghasilkan jasa dan barang yang dibutuhkan langsung oleh masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat tersebut meningkat, secara otomatis lembaga tersebut pun akan meningkat dan semakin berkembang untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut sembari mendapatkan laba.

pengertian bisnis

Selain itu, Steade, Lowry dan Glos (1996) juga menjelaskan bahwa bisnis pada dasarnya merupakan sekumpulan aktivitas manusia untuk menciptakan suatu inovasi dengan cara mengubah, mentransformasikan dan mengembangkan berbagai sember daya untuk diolah menjadi jasa atau barang yang dibutuhkan konsumen.

Pendapat lain dicetuskan oleh Allan Afuah (2004). Dimana beliau menjelaskan bahwa pengertian bisnis adalah suatu aktivitas atau kegiatan usaha individu atau sekelompok orang yang terorganisasi dalam menghasilkan serta menjual barang atau jasa agar bisa memperoleh keuntungan. Laba atau keuntungan ini dapatkan karena telah memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam kegiatan ini, orang yang telah mengusahakan uang, waktu dan tenaganya untuk menanggung resiko dalam melakukan kegiatan bisnis dikenal dengan sebutan Entrepreneur.

Pengertian bisnis menurut Huat, T.Chwee (1990) adalah suatu istilah umum yang mendeskripsikan tentang semua kegiatan serta institusi yang melaksanakan proses produksi barang dan juga jasa dalam kehidupanya sehari-hari demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ebert dan Griffin (1996) berpendapat bahwa bisnis adalah aktivitas dalam menyediakan jasa atau barang yang dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat sebagai konsumen. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh perusahaan yang mempunyai badan usaha, perusahaan yang sudah mempunyai badan hukum, pedagang kaki lima ataupun perorangan yang belum memiliki badan usaha atau badan hukum.

Etika Bisnis

Dalam berbisnis, ada etika bisnis yang harus ditaati oleh para antrepreneur. Pengertian etika bisnis adalah studi yang difokuskan untuk menentukan standar moral pada pebisnis dalam menerapkan kebijakan dan perilaku yang benar. Etika ini diterapkan pada organisasi dan sistem yang akan dipakai oleh masyarakat modern dalam mendistribusikan dan memproduksi barang serta jasa. Ketentuan dalam etika bisnis dijelaskan dan diatur langsung oleh hukum.

Etika dalam berbisnis seringkali dikatakan sebagai kontrol para entrepreneur dalam menjalankan kegiatan usahanya. Dengan adanya etika ini, maka cara berbisnis akan lebih terarah sesuai dengan norma dan nilai dalam kehidupan bermasyarakat.

Etika dapat membuat pebisnis menghindari hal-hal yang tidak pantas seperti berlaku curang, licik, kotor dan lain sebagainya. Cara berbisnis online juga dibahas dalam etika berbisis. Karena pada dasarnya, semua bisnis baik offline maupun online harus disesuaikan dengan norma dan nilai-nilai dalam masyarakat.

Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis yang paling utama adalah mendapatkan laba atau keuntungan. Tapi sebenarnya, masih ada tujuan lain dengan diadakannya bisnis. Tujuan tersebut diantaranya adalah pengadaan barang dan jasa, profit, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemanfaatan faktor produksi, pekerjaan yang menghasilkan barang dan lain sebagainya.

Berdasarkan jenis kegiatannya, kegiatan usaha dibagi menjadi beberapa yakni usaha di bidang industri, agraris, ekstraktif (pengolahan sumberdaya alam), dan jasa. Demikianlah ulasan mengenai pengertian bisnis, jenis-jenis, dan tujuannya, semoga bermanfaat.

Keyword:

pengertian bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *