Pengertian Anggaran dan Jenis Anggaran Disertai Contoh

Pengertian Anggaran –¬†Laporan keuangan menjadi salah satu faktor penting untuk menilai kemajuan perusahaan. Selain itu juga untuk mengetahui jumlah pengeluaran perbulannya. Laporan tersebut biasa disebut dengan anggaran. Jadi pengertian anggaran adalah sebuah rencana yang disusun secara sistematis dalam periode tertentu. Kegiatan ini dapat dilakukan setiap bulan sekali ataupun perminggunya bergantung peraturan perusahaan. Fungsinya untuk menentukan kebijakan selanjutnya setelah dilakukan evaluasi tentunya.

Jenis anggaran sangat beragam bergantung pada tipe usahanya. Jika dilihat dari definisi anggaran yang disebutkan diatas, maka model anggaran dibagi berdasarkan penggunaan uang tersebut. Misalnya untuk kegiatan produksi, maka termasuk dalam biaya produksi. Sebagai pimpinan perusahaan, laporan ini sangat penting sebab menjadi rancangan untuk proses selanjutnya.

Jika dilihat dari pengertian anggaran, laporan keuangan tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan skala besar saja, bisnis yang masih merintis pun memerlukannya. materi anggaran bisa berupa modal awal serta total dana yang diperlukan untuk berbagai keperluan. Untuk lebih mengetahui mengenai tipe anggaran, berikut ini adalah ulasan ringkasnya.

pengertian anggaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *