Pengertian Etika, Etika Profesi dan Etika Bisnis Menurut Ahli

Pengertian Etika – Seperti yang kita ketahui bersama etika tidak bisa dilepaskan dari kehidupan pergaulan manusia baik dalam bermasyarakat, bersosialisasi, dan bernegara. Sistem pergaulan ini dikenal dengan istilah tata krama, sopan santun, peraturan dan sebagainya. Dengan mengikuti sistem pergaulan yang ada, diharapkan antar masyarakat bisa saling menghormati dan menghargai.

Seperti yang diketahui bahwa etika sangat mempengaruhi kehidupan setiap manusia. Sistem inilah yang akan membantu manusia untuk memuaskan tentang aksi seperti apa yang akan dilakukan dalam semua segi kehidupan. Ada banyak sekali ahli yang berpendapat tentang hal ini. Di bawah ini adalah pengertian etika menurut para ahli yang harus Anda ketahui.

etika

Pengertian Etika Menurut Para Ahli :

  • Drs. Sidi Gajalba
    Didi menjelaskan bahwa etika adalah teori tentang perilaku perbuatan manusia apabila dilihat dari sisi jelek dan baik, sejauh apa yang bisa dijelaskan oleh akal.
  • Drs. O.P.SIMORANGKIR
    Etik merupakan pandangan manusia dalam menunjukkan perilakunya berdasarkan nilai dan ukuran yang baik.
  • Drs. H.Burhanudin Salam
    Etik merupakan cabang filsafat yang di dalamnya bicara mengenai etika moral dan nilai yang memastikan setiap perilaku manusia dalam menjalani kehidupannya.
  • DR. James J.Spillane SJ
    James berpendapat bahwa etik adalah memperhatikan dan mempertimbangkan tingkah laku manusia ketika akan mengambil suatu keputusan tentang moral. Arahnya lebih pada akal budi manusia untuk melihat objektivitas dan menentukan salah atau benarnya tingkah laku seseorang terhadap orang lain.
  • Prof. DR.Franz Magnis S
    Pengertian etika adalah suatu ilmu yang di dalamnya memberikan acuan, pijakan dan arahan, untuk manusia melakukan tindakan.
  • Soergarda Poerbakawatja
    Beliau menjelaskan bahwa etik adalah filsafat yang berkaitan langsung dengan nilai-nilai mengenai buruk atau tidaknya suatu kesusilaan dan tindakan.

Dalam kehidupan manusia, bisnis adalah kegiatan yang akan selalu melekat. Tidak heran jika bisnis dan etik selalu dikait-kaitkan. Etika bisnis dan profesi pada dasarnya adalah etik terapan. Dimana dalam hal ini, etik tersebut adalah aplikasi pemahaman manusia tentang hal yang baik dan buruk untuk diterapkan pada institusi, transaksi, teknologi, usaha dan aktivitas yang dilakukan. Ada banyak sekali ahli yang menerangkan tentang pengertian dari etik dalam berbisnis.

Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli :

Menurut Jones dan Hill (1998), Pengertian etika bisnis adalah suatu ajaran yang digunakan untuk membedakan antara benar dan salah agar setiap pemimpin perusahaan memiliki pembekalan saat sedang mempertimbangkan suatu hal untuk mengambil keputusan yang strategis. Khususnya yang berkaitan dengan masalah moral. Velasques (2002) juga menjelaskan bahwa etik dalam bisnis adalah studi yang dikhususkan tentang moral yang salah dan benar. Studi ini lebih fokus pada standar moral yang diaplikasikan dalam institusi, perilaku bisnis dan kebijakan.

Selain itu, Steade et al (1984: 701) juga menjelaskan pengertian etika bisnis dalam berbisnis di bukunya. Ia menjelaskan bahwa etik bisnis merupakan standar yang berkaitan cara memberikan keputusan bisnis dan tujuan dalam berbisnis. Tak hanya dalam lingkup bisnis, etik juga seringkali dikaitkan dengan profesi.

Pengertian Etika Profesi Menurut Para Ahli :

Pengertian etika profesi dijelaskan oleh Suhrawardi Lubis, (1994). Dimana beliau mengatakan bahwa etik profesi merupakan sikap hidup untuk memberikan pelayanan secara professional dan adil terhadap masyarakat sesuai dengan keahlian dan tata tertib yang ada dalam rangka menyelesaikan tanggung jawab dan kewajibannya dalam bertugas.

Baca juga : Pengertian Hukum

Definisi etika profesi juga dikemukakan oleh Anang Usman, SH.,MSi. yakni sikap hidup manusia untuk memenuhi kebutuhan dalam pelayanan profesional dengan keterlibatan serta keahlian seseorang dalam memberikan pelayanan demi memenuhi kewajiban masyarakat terhadap keseluruhan anggota masyarakat yang memerlukannya. Kini, Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan pengertian etika bisnis dan profesi bukan?

Hasil Pencarian:

pengertian etika