Pengertian Filsafat, Ilmu Pengetahuan dan Filosofi Menurut Para Ahli

Filsafat dan Filosofi – Ilmu pengetahuan setiap waktu selalu tumbuh dan berkembang dengan kokoh. Hal inilah yang kemudian menimbulkan persoalan-persoalan yang mungkin terjadi di luar minat bahkan di luar jangkauan dari ilmuwan itu sendiri. Namun, diantara para ilmuwan itu ada beberapa cendekiawan yang senantiasa berupaya untuk mencari penyelesaian atas masalah tersebut. Para cendekiawan inilah yang kemudian dikenal sebagai philosopher (filsuf). Filsuf ini adalah orang-orang yang belajar dan mendalami tentang filsafat. Lantas apa itu filsafat dan filosofi? Apakah hubungannya dengan filsafat ilmu? Berikut penjelasan ringkasnya.

Apa Itu Filsafat dan Filosofi?

Filsafat secara umum oleh para ahli diartikan sebagai pandangan hidup yang dijadikan sebagai pegangan oleh sekelompok orang maupun seseorang yang menjadi konsep dasar dalam memandang kehidupan yang diinginkan. Pengertian filasafat juga bisa didefinisikan sebagai sikap dewasa dari seseorang yang berusaha memikirkan segala hal secara lebih dalam dan melihat segala sesuatu dari segi yang berbeda dan lebih luas.

Dalam konteks ilmu pengetahuan, filsafat diartikan tidak sama persis dengan pengertiannya secara umum. Pengertian filsafat dalam bidang ilmu pengetahuan adalah sebuah hasil pemikiran yang dilakukan secara mendalam terhadap suatu hal. Dalam konteks ini, filsafat bisa memiliki arti terbatas dan tidak terbatas. Terbatas ketika filsafat hanya dibatasi pada hal-hal tertentu saja, seperti filsafat pendidikan, filsafat ilmu, dan lain sebagainya. Sedangkan tidak terbatas ketika filsafat membahas semua yang ada di alam dan kemudian saling dikaitkan. Di sisi lain dapat juga dikatakan jika filsafat adalah proses berpikir untuk mencari jawaban atas hal-hal secara mendalam, namun jawaban yang ditemukan nantinya tidak bisa dikatakan sebagai jawaban mutlak.

filsafat dan filosofi

Membicarakan tentang filsafat, tidak akan bisa dilepaskan dari filsafat ilmu. Menurut para ahli pengertian filsafat ilmu adalah satu cabang dari filsafat yang mempelajari lebih mendasar tentang hakikat suatu ilmu tertentu. Cabang ilmu ini mempelajari tentang dasar-dasar dari filsafat serta implikasi ilmu yang mencakup baik ilmu sosial maupun ilmu alam. Filsafat ilmu ini akan menjelaskan tentang bagaimana suatu konsep bisa dilahirkan, bagaimana menjelaskan satu pernyataan maupun konsep untuk bisa disebut ilmiah dan berbagai hal dasar dalam ilmu pengetahuan lainnya.

Lantas bagaimana dengan filosofi? Jika di atas sudah menjelaskan tentang pengertian filsafat secara lengkap dari para ahli, maka pertanyaan selanjutnya adalah apakah perbedaan antara filsafat dan filosofi. Pada dasarnya, keduanya adalah dua kata yang merujuk pada pengertian yang sama. Namun, terkadang konteks penggunaannya yang membedakan. Kata filsafat bisanya lebih digunakan pada konteks yang lebih formal sedangkan filosofi digunakan pada konteks yang lebih tidak formal.

Jika ingin mencari pengertiannya, maka pengertian dari filosofi adalah sebuah kerangka berpikir untuk menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah filosofi diartikan sebagai penyelidikan yang menggunakan akal dan pikiran guna menemukan hakikat dari apa yang ada di bumi ini, sebab dan asal timbulnya suatu hal dan hukum dari suatu hal lain. Semua itu akan dipelajari berdasarkan logika.

Baca juga : Variabel Penelitian

Sedangkan menurut Moya Davis, Filosofi diartikan sebagai ungkapan sikap seseorang terhadap nilai maupun kepercayaan yang ada hingga pada waktu lain hal tersebut kemudian berubah menjadi kepercayaan atau ideologi. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa kedua hal, filsafat dan folosofi, adalah dua hal yang mengacu pada satu hal yang sama. Keduanya adalah sebuah pemikiran mendalam yang mengungkapkan tentang sebab musabab suatu hal dan juga pandangan seseorang terhadap satu hal tertentu.

Keyword:

filsafat umum apa itu language:id,pengertian filsafat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *