Intervensi Adalah? Berikut Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli

Pengertian Intervensi – Dunia politik menjadi dunia yang amat luas. Bahkan antar satu negara dengan negara yang lain pun kerapkali ada kesinambungan. Meski demikian, tidak semua dunia perpolitikan suatu negara bisa berkesinambungan antar satu dengan yang lainnya. Dari sinilah muncul istilah intervensi. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa itu intervensi? Istilah yang satu ini merujuk pada negara lain yang turut campur urusan suatu negara dimana jelas-jelas yang bukan termasuk urusannya.

Apa Itu Intervensi ?

Sesuai dengan pembahasan di awal dimana intervensi adalah istilah yang merujuk pada campur tangan negara lain terhadap urusan tertentu dimana merujuk pada dunia politik saja. Namun ada juga yang memberikan makna lain pada istilah ini yakni aktivitas ikut campur berlebihan di dunia politik, sosial, ekonomi hingga budaya.

intervensi adalah

Lantaran sudah terlalu biasa untuk turut campur tangan, maka tidak heran negara ini tidak disukai bahkan dibenci negara lainnya. Secara umum, intervensi artinya banyak dipahami sebagai tindakan campur tangan dimana pelakunya adalah lembaga pada konflik tertentu yang sedang terjadi.

Namun tindakan campur tangan ini justru bisa membuat kerugian di salah satu pihak berkonflik tersebut. Beberapa negara yang kerap melakukan hal ini diantaranya Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan juga Belanda.

Pengertian Intervensi Menurut Para Ahli

Untuk dunia pemerintahan, intervensi memiliki makna yang amat luas. Berikut ini beberapa arti intervensi menurut para ahli:

  1. Penjelasan Black’s Law Dictionary

Dari Black’s Law Dictionary, arti kata intervensi yakni ikut campurnya suatu negara pada urusan negara lain menggunakan ancaman kekuatan dan bahkan langsung dengan kekuatan.

  1. Penjelasan Parry dan Grant

Parry dan Grant mendefinisikan intervensi sebagai ikut campurnya suatu negara secara diktator berkaitan dengan negara lainnya. Tujuan dari pengintervensian tersebut adalah demi menjaga agr negara itu bisa diubah kondisi aktualnya.

  1. Penjelasan Lauterpach

Menurut Lauterpach, intervensi adalah campur tangan dari sebuah negara secara diktator terkait urusan negara lainnya. Maksud dari campur tangan ini adalah untuk memelihara hingga merubah suatu kondisi dan keadaan hingga barang di negara tersebut.

Umumnya, intervensi akan dilakukan dari pihak yang mempunyai wewenang hingga kekuasaan tertentu dalam masalah dari kedua belah pihak yang bertikai. Istilah ini pun kemudian merujuk pada tindakan campur tangan demi bisa mendapatkan pengambilan keputusan akhir dari sebuah pertikaian sehingga potensi untuk rugikan salah satu pihak yang bertikai menjadi amat besar.

Meski demikian pengintervensian ini kadang juga dibutuhkan sehingga masalah bisa segera diselesaikan. Namun, tentunya dengan catatan bahwa harus dilakukan dengan bijak serta sesuai ketentuan.

Dilihat dari pengertian tersebut, tidak heran jika pengertian intervensi selalu dikaitkan dengan hal yang negatif. Padahal ada dua dampak dari intervensi ini yakni dampak negatif dan dampak positif.

Dampak negatif dari intervensi adalah campur tangan dengan memakai produk internasional dimana umumnya dilakukan negara dari golongan berkembang. Sedangkan untuk dampak positif adalah dari segi campur tangan negara ataupun lembaga misalnya PBB yang tujuannya adalah untuk menegakkan keadilan hingga menghormati HAM.

Baca juga : Contoh pelanggaran HAM

Sebetulnya pengertian intervensi adalah istilah yang tak melulu berkaitan dengan dunia politik karena di bidang lainnya pun juga ada istilah ini. Istilah ini juga dikenal di bidang hukum, pemerintahan, psikologi hingga keperawatan dengan maknanya masing-masing. Namun, memang istilah ini lebih lekat pada dunia politik dan kenegaraan yang kerapkali dipandang sebagai suatu tindakan negatif meski tidak selamanya demikian.

Keyword:

pengertian intervensi menurut para ahli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *