K3 Adalah ? Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja Beserta Tujuannya

Apa itu K3 ? Sesuai dengan kepanjangan K3, yaitu keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu bidang yang berkaitan dengan hak pekerja di lokasi proyek maupun sebuah institusi atau perusahaan. Dalam hal ini, K3 adalah jaminan tentang keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan para pekerja tersebut. Penciptaannya bukan karena tanpa sebab. Hal ini dikarenakan masih kurangnya tingkat keselamatan dari para pekerja, pihak instansi atau perusahaan, serta masyarakat di sekitar lokasi kerja. Untuk itu, berikut pengertian, fungsi, tujuan dari K3.

Pengertian K3 Menurut Para Ahli

K3-adalah

  1. Pengertian Secara Keilmuan

Untuk pengertian K3 secara keilmuan, K3 adalah adalah ilmu pengetahuan serta penerapannya pada usaha mencegah terjadinya penyakit dan kecelakaan akibat kerja.

  1. Pengertian Secara Filosofis

Sedangkan pengertian K3 secara filosofis, K3 adalah upaya yang dilakukan untuk memastikan kesempurnaan dan keutuhan rohani dan jasmani tenaga kerja pada khususnya, serta masyarakat pada umumnya terhadap karya yang dihasilkan dan menuju masyarakat adil makmur.

Fungsi K3 di Perusahaan

K3 adalah salah satu hal penting yang harus diterapkan pada semua perusahaan. Hal ini juga sudah diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 pasal 87. Sesuai dengan kepanjangan K3, Program ini mempunyai beberapa fungsi yang sangat bermanfaat, bagi pekerja maupun perusahaan sebagai berikut.

  • Pedoman dalam melakukan penilaian dan identifikasi akan bahaya dan risiko bagi kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan kerja.
  • Memberikan saran dalam proses organisir, perencanaan, desain tempat, dan lingkungan kerja yang akan digunakan.
  • Menjadi pedoman dalam pemantauan kesehatan dan keselamatan kerja dalam lingkungan lokasi kerja.
  • Memberikan saran tentang edukasi, informasi, dan pelatihan yang dibutuhkan oleh para pekerja baik dalam maupun luar ruangan.
  • Menjadi pedoman dalam pembuatan desain metode, prosedur, program, dan pengendalian bahaya.
  • Sebagai acuan untuk mengukur keefektifan program pengendalian bahaya dan tindakan untuk mencegah dan mengendalikan bahaya tersebut.

Tujuan K3

Selain beberapa fungsi dari K3 diatas, juga terdapat beberapa tujuan K3 dalam penerapannya yang telah dicantumkan dalam Undang-undang No.1 Tahun 1970 yang mengatur tentang keselamatan kerja,  macam-macam tujuan dari K3 adalah yaitu antara lain :

  1. Menjamin serta melindungi keselamatan setiap tenaga kerja dan orang lain yang berada di lingkungan tempat kerja
  2. Menjamin seluruh sumber produksi agar dapat digunakan secara efisien dan aman.
  3. Meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan nasional.
  4. Memperbaiki tingkat perlindungan pada keselamatan serta kesehatan dalam lingkungan kerja yang terukur, terencana, terintegrasi, dan terstruktur
  5. Mengurangi dan melakukan pencegahan terhadap kecelakaan kerja dan penyakit yang diakibatkan oleh kegiatan kerja dengan melibatkan pekerja/buruh, manajemen, dan serikat buruh/serikat pekerja.
  6. Mewujudkan terciptanya lingkungan kerja yang nyaman, aman, dan efisien sehingga produktivitas dapat meningkat.

Dari penjabaran mengenai tujuan K3 di tempat kerja diatas, terdapat suatu harmoni tentang penerapan materi K3 antara tenaga kerja, perusahaan atau instansi, dan negara atau pemerintah. Juga diharapkan pada masa mendatang, penerapan dari keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia tersebut, dapat dilaksanakan secara menyeluruh oleh berbagai perusahaan dan instansi. Sehingga semua masyarakat yang terlibat dalam suatu lingkungan kerja dapat terjamin keamanan, keefisienan, serta kenyamanannya.

Baca juga : CEO Adalah

Itulah beberapa materi K3 tentang penjelasan mengenai fungsi, tujuan, serta pengertian dari K3. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa K3 adalah program yang diciptakan untuk menjamin keselamatan kerja. Dengan adanya K3 diharapkan kesejahteraan dan produktivitas baik para pekerja maupun perusahaan dapat meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *