Pengertian Kewirausahaan / Wirausaha Menurut Para Ahli

Pengertian Kewirausahaan – Dunia kewirausahaan saat ini menjadi salah satu jenis bisnis yang sangat banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini karena dunia wirausaha dapat memberikan keuntungan yang luar biasa dibandingkan dengan hanya menjadi karyawan di suatu perusahaan. Selain keuntungan yang menjanjikan, dunia wirausaha juga terkenal dengan kebebasan sebagai pemilik untuk dapat membuat sistem bisnis tersendiri sesuai dengan yang diinginkan. Kebebasan ini tidak hanya berkaitan dengan sistem namun juga waktu kerja dan beberapa aspek lain.

Memahami Dunia Kewirausahaan Melalui Pengertiannya dari Beberapa Ahli

Sebelum benar-benar melangkah menjalankan bisnis ini, sebaiknya Anda benar-benar memahami terlebih dahulu apa sebenarnya pengertian kewirausahaan. Secara umum kewirausahaan adalah sebuah bentuk proses untuk dapat mengembangkan serta mewujudkan sebuah visi dan misi kehidupan dengan cara menerapkan ide-ide inovatif yang muncul untuk selanjutnya dikolaborasikan dengan memanfaatkan peluang-peluang yang bernilai.

Selain dijelaskan secara umum, pengertian wirausaha juga dijelaskan oleh beberapa ahli. Sebelum merujuk kepada ulasan dari beberapa ahli, kata-kata wirausaha sendiri berasal dari dua suku kata. Dua suku kata tersebut adalah kata wira dan kata usaha. Ditinjau dari kamus Bahasa Indonesia, kata wira memiliki arti pejuang, berbudi luhur, berani dan memiliki watak yang agung. Sedangkan kata usaha sendiri memiliki arti berbuat sesuatu, berbuat amal, atau melakukan suatu pekerjaan. Berikut beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli.

pengertian kewirausahaan

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

1. Wirausaha sebagai suatu keberanian menurut Joko Untoro
Pengertian pertama dari wirausaha adalah sebagai sebuah bentuk keberanian seseorang atau sekelompok orang dalam melakukan beraneka ragam cara atau upaya dalam memenuhi kebutuhan hidup. Usaha ini didasari dari kemampuan untuk dapat memanfaatkan semua potensi yang dimiliki kemudian dihasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

2. Wirausaha sebagai usaha kreatif menurut Eddy Soeryanto Soegoto
Kewirausahaan juga disebut sebagai sebuah usaha kreatif. Ujaran ini disampaikan oleh seorang ahli bernama Eddy Soeryanto Soegoto. Usaha kreatif ini adalah sebuah inovasi terbaru yang menghasilkan sesuatu yang baru dan belum ditemukan oleh pihak-pihak lain. Sesuatu yang baru tersebut tentu saja harus mempunyai nilai bagi orang lain. Selain itu usaha ini juga bisa menciptakan sebuah lapangan kerja yang sangat berguna bagi orang lain.

3. Wirausaha sebagai titik kreativitas oleh Zimmerer
Pengertian kewirausahaan yang lain dijelaskan oleh Zimmerer. Zimmerer menyampaikan bahwa menurut pribadinya materi wirausaha sendiri adalah sebuah proses penerapan kreativitas. Beberapa individu memiliki titik kreativitas masing-masing yang tidak dapat diukur oleh satuan apapun. Masing-masing individu ini dapat memberikan jenis kreativitas yang berbeda satu sama lain. Titik kreativitas ini dapat menjadi sebuah wirausaha dengan cara diterapkan dalam memecahkan sebuah persoalan atau menemukan peluang baru dalam sebuah bisnis.

4. Wirausaha sebagai sebuah nilai oleh Ahmad Sanusi
Sebuah wirausaha juga diartikan juga sebagai nilai oleh seorang ahli bernama Ahmad Sanusi. Ahmad Sanusi menyatakan bahwa arti wirausaha merupakan suatu nilai tertentu yang diwujudkan dalam beberapa perilaku. Perilaku tersebut dapat dijadikan sebuah tujuan siasat, proses, kiat, tenaga penggerak, sumber daya dan juga hasil bisnis.

Itulah beberapa pengertian wirausaha menurut para ahli. Dari beberapa ahli ini kita dapat menyebutkan secara umum bahwa kewirausahaan sangat berhubungan dengan dunia bisnis. Dapat diringkas kembali bahwa kewirausahaan adalah tindakan atau kemampuan menilai dan melihat sebuah peluang tertentu untuk selanjutnya dapat diterapkan dalam dunia bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *