Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli Beserta Fungsi, Model, Jenisnya

Pengertian Komunikasi – Hampir semua aspek kehidupan manusia sehari-hari saat ini tidak lepas dari proses komunikasi. Mengingat kebutuhan dan aktivitas semakin kompleks, tentunya membutuhkan banyak pihak untuk menyelesaikan urusan, dan tidak mungkin diselesaikan secara sendirian. Mengingat proses ini termasuk penting dan sering untuk dilakukan, ada baiknya untuk mengetahui pengertian komunikasi beserta fungsi, model, dan jenisnya. Manfaat yang diberikan dengan memahami proses ini adalah kita dapat lebih mengoptimalkan proses tersebut sehingga mendapatkan manfaat yang lebih besar dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenal Pengertian Komunikasi

Proses ini melibatkan banyak hal yang perlu diketahui dan dipahami secara utuh. Meskipun terlihat sederhana, namun di dalam definisinya sendiri terdapat syarat yang mana jika tidak terpenuhi salah satu, maka proses ini tidak akan berjalan. Oleh karena itu, sangat bermanfaat untuk memahami proses ini dengan baik dan lengkap.

pengertian komunikasi

Pengertian komunikasi adalah sebagai suatu proses di mana informasi dipindahkan dari satu pihak ke pihak yang lain. Pihak ini bisa berupa perorangan, komunitas, masyarakat, kelompok, atau yang lainnya. Proses tersebut dilakukan sehingga antar pihak satu dengan yang lain dapat terhubung dengan menggunakan informasi. Proses ini tidak hanya dilakukan secara verbal seperti dengan pembicaraan, namun juga bisa dilakukan dengan media atau cara lainnya.

Cara lainnya adalah seperti dengan gestur, sikap, dan lain sebagainya, asalkan kedua belah pihak sama-sama mengerti dan menangkap maksud dari hal tersebut. Jika tidak ada salah satu komponen seperti pihak, informasi, ataupun media, maka pengertian komunikasi tersebut tidak berlaku, karena proses pertukaran informasi tidak dapat berjalan.

Fungsi Komunikasi 

Adapun fungsi komunikasi yang pertama adalah sebagai informasi, di mana informasi tersebut berguna untuk pengambilan keputusan oleh pihak yang menerima informasi. Komunikasi juga berfungsi sebagai alat untuk mengendalikan perilaku pihak yang penerima informasi oleh pihak pemberi informasi. Motivasi adalah fungsi lainnya, karena proses ini dapat memberikan perkembangan dan penjelasan terhadap suatu hal, dan dapat menjadi alasan satu pihak untuk melakukan sesuatu.

Fungsi komunikasi yang terakhir adalah sebagai pengungkapan perasaan. Proses ini berfungsi untuk mengekspresikan perasaan dari pihak pengirim terhadap pihak penerima, yang kemudian informasi ini akan diproses oleh pihak penerima.

Dalam proses ini, ada tiga model utama yang berlaku. Ketiga model definisi komunikasi menurut para ahli tersebut adalah model linear, interaksional, dan transaksional. Model linear menganggap bahwa seseorang hanya berlaku sebagai pengirim dan penerima. Model interaksional memiliki elemen kunci berupa umpan balik atau tanggapan terhadap sebuah informasi yang diberikan.

Sedangkan model transaksional adalah pihak yang terlibat komunikasi terus-menerus, maka ada urusan balik dengan komponen verbal dan non verbal. Pihak yang terlibat komunikasi pun mengalami proses negosiasi dari maksud informasi yang disampaikan.

Jenis Jenis Komunikasi 

Jenis komunikasi ada sangat banyak sekali macamnya, namun biasanya dibagi ke dalam beberapa kategori umum. Kategori tersebut adalah komunikasi berdasarkan penyampaian, perilaku, kelangsungan, maksud komunikasi, ruang lingkup, jumlah, peranan individu, jaringan kerja, dan ajaran informasi. Di antara banyak jenis tersebut, salah satu jenis yang penting adalah yang menyangkut bisnis. Pengertian komunikasi bisnis itu sendiri adalah pertukaran informasi, gagasan, atau instruksi yang digunakan dalam dunia bisnis.

Baca juga : Sistem Informasi

Berikut adalah paparan mengenai pengertian komunikasi menurut para ahli, dilengkapi dengan fungsi, jenis, dan model dari proses ini. Mengingat manfaatnya sangat besar dan sangat mempengaruhi berbagai aktivitas manusia, wajarlah jika ilmu tentang proses komunikasi terus berkembang dan dioptimalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *