Pengertian Manajemen Pemasaran + Fungsi dan Contoh

Pengertian Manajemen Pemasaran – Dalam berbisnis, manajemen adalah suatu hal penting yang harus diperhatikan. Selain manajemen keuangan, manajemen pemasaran juga memiliki peranan yang penting untuk keberhasilan usaha atau kegiatan Anda. Sebab pemasaran yang baik bisa memberikan hasil yang bagus pula pada omset pendapatan Anda. Manajemen seringkali diartikan sebagai suatu proses perencanaan, penggerakan, pengorganisasian dan pengawasan untuk bisa mencapai tujuan atau target yang sudah ditentukan.

Sedangkan pemasaran adalah kegiatan yang dapat membantu para pelaku usaha untuk menciptakan nilai ekonomi. Nilai ini dapat menentukan harga jasa atau produk yang ditawarkan. Pemasaran juga sering dikatakan sebagai penghubung antara kegiatan konsumsi dan produksi. Lalu apakah arti dan definisi dari manajemen pemasaran ? Untuk teman teman yang sedang menulis judul skripsi manajemen pemasaran maupun jurnal manajemen pemasaran, ada baiknya anda baca artikel dari kami berikut ini.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli :

Manajemen dalam kegiatan pemasaran memiliki tiga unsur utama yakni orientasi pada pembeli atau konsumen, perencanaan kegiatan pemasaran, dan kepuasan konsumen. Pengertian manajemen pemasaran sendiri banyak dikemukakan oleh para ahli. Salah satunya adalah pendapat dari Philip Kotler/Armstrong (2002) yang menjelaskan bahwa manajemen di bidang pemasaran adalah perencanaan, analisis, pengendalian dan pelaksanaan terkait dengan program yang dirancang agar bisa mempertahankan, membangun, dan menciptakan nilai pertukaran yang memberikan keuntungan demi tercapainya sasaran atau tujuan perusahaan.

pengertian manajemen pemasaran

Sedangkan, Buchari Alma (2004) berpendapat bahwa Manajemen di bidang ini pada dasarnya adalah kegiatan merencanakan, mengarahkan sekaligus mengawasi semua kegiatan pemasaran suatu perusahaan. Pengertian ini terlihat menitikberatkan pada manajemen sumber daya manusia yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran.

Pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli lainnya datang dari Handoko dan Dharmmesta (1982) yang menjelaskan bahwa manajemen dalam pemasaran merupakan suatu kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh pihak perusahaan agar bisa mempertahankan kelangsungan perusahaannya. Dengan adanya manajemen ini, perusahaan juga dapat berkembang serta mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Sedangkan menurut Kotler (1980), manajemen pemasaran merupakan perencanaan, penganalisaan, pengawasan dan pelaksanaan program-program yang pada dasarnya bertujuan untuk memunculkan pertukaran dengan pasar atau sasaran yang dituju agar tujuan perusahaan bisa tercapai.

Baca juga : Pengertian Manajemen Keuangan

Pada intinya pengertian manajemen pemasaran adalah suatu proses yang dilakukan untuk menganalisa, merencanakan, mengimplementasikan, melaksanakan, mengendalikan sekaligus mengawasi kegiatan pemasaran suatu perusahaan agar tujuan atau target perusahaan bisa tercapai secara lebih efektif dan efisien. Manajemen pemasaran memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan suatu perusahaan. Di bawah ini adalah fungsi manajemen pemasaran yang harus Anda ketahui.

Fungsi Manajemen Pemasaran :

  • Melakukan riset terhadap konsumen
  • Melakukan distribusi produk atau barang
  • Memberikan layanan atau service kepada pelanggan
  • Meningkatkan dan mengembangkan produk
  • Menetapkan harga
  • Membuat kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien.
  • Mengevaluasi strategi promosi dan distribusi
  • Menjalin komunikasi dengan konsumen
  • Memenuhi kebutuhan konsumen dan pasar

Ada banyak sekali fungsi dari manajemen untuk kegiatan pemasaran bukan? Mungkin saat ini Anda bingung terkait dengan contoh manajemen pemasaran. Padahal, manajemen di bidang ini sangatlah sederhana. Karena Anda hanya perlu memastikan bahwa kegiatan pemasaran atau promosi yang dilakukan selama ini telah berjalan dengan baik dan dapat memberikan keuntungan yang optimal untuk perusahaan.

Contoh Manajemen Pemasaran :

Misalnya sebuah perusahaan jasa desainer, maka hal penting yang harus dilakukan dalam kegiatan manajemen adalah menyusun strategi pemasaran. Misal menawarkan produk atau jasa melalui jaringan online, memberikan diskon paket desain, dan lain sebagainya. Selanjutnya, Anda lakukan semua rencana tersebut secara sistematis. Dan awasi apakah strategi tersebut dapat menarik perhatian pelanggan atau tidak.

Jika tidak, maka lakukan evaluasi agar kegiatan pemasaran bisa lebih efektif. Demikianlah ulasan mengenai pengertian manajemen pemasaran, fungsi dan contohnya. Dengan adanya ulasan kali ini, semoga wawasan Anda semakin bertambah khususnya untuk anda yang sedang membutuhkan contoh judul skripsi manajemen pemasaran maupun jurnal manajemen pemasaran di media internet.

Keyword:

manajemen pemasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *