Pengertian Marketing/ Pemasaran Beserta Tugasnya

Pengertian Marketing/ Pemasaran – Penjualan sebuah produk atau jasa tidak mungkin terhindar dari sistem marketing/ sales. Strategi marketing ini sudah dipraktikan bahkan sejak jaman Yunani Kuno dan juga jaman Romawi Kuno. Sistem yang digunakan pada jaman ini mengharuskan seseorang yang sedang berdagang untuk dapat secara aktif membuka pintu komunikasi persuasif kepada konsumennya. Demikian pula yang dilakukan sampai peradaban maju sekarang ini.

Pengertian, Konsep, Strategi dan Tugas Pemasaran / Marketing

Pengertian marketing telah disampaikan oleh beberapa ahli. Beberapa pakar dalam bidang marketing ini mengemukakan pendapat mereka masing-masing tentang bagaimana sesungguhnya arti mendalam mengenai bidang ini. Seperti Kotler yang menyampaikan bahwa pemasaran merupakan sebuah proses manajerial dan proses sosial dimana masing-masing pihak mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan dan diinginkan dalam hal pertukaran produk yang bernilai.

pengertian marketing

Hal lain juga disampaikan oleh Basu dan Hani bahwa pengertian pemasaran adalah seluruh kegiatan usaha untuk merencanakan, menentukan harga, kegiatan promosi hingga sampai kepada proses pendistribusian barang atau jasa yang bisa memuaskan kebutuhan kedua belah pihak. Sehingga kita dapat menyimpulkan bawah sesungguhnya marketing adalah sebuah sistem total yang di dalamnya dilakukan beberapa kegiatan bisnis yang berguna untuk sistem perencanaan, penentuan harga, promosi dan pendistribusian barang sehingga dapat berguna bagi konsumen saat ini ataupun konsumen potensial.

Ada beberapa konsep pemasaran yang harus dimiliki oleh perusahaan yang ingin memberikan sistem pemasaran yang bagus bagi konsumennya. Pengertian dari konsep ini adalah sebagai cara atau falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemenuhan kebutuhan konsumen menjadi syarat ekonomi dan sosial dalam keberlangsungan hidup sebuah perusahaan.

Selanjutnya masuk kepada strategi pemasaran. Strategi pemasaran adalah kegiatan pengambilan keputusan tentang beberapa hal seperti biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran yang masuk ke dalam hubungan dengan lingkungan serta kondisi persaingan. Terdapat tiga faktor utama yang menjadi penyebab utama dari perubahan strategi dalam sistem pemasaran. Berikut adalah tiga faktor tersebut.

1. Daur Hidup Produk
Daur hidup produk yang dimaksud adalah tahap perkenalan, kedewasaan, pertumbuhan serta tahap kemunduran.

2. Posisi Persaingan di Pasar
Penyesuaian pemasaran dengan posisi perusahaan dalam persaingan juga sangat perlu diperhatikan. Perhatikan dahulu apakah posisi perusahaan memimpin pasar, menantang pasar, mengikuti pasar atau hanya menjadi bagian kecil dari pasar.

3. Situasi Ekonomi
Sebelum merencanakan sebuah strategi pemasaran sebaiknya harus melihat bagaimana situasi ekonomi saat ini dan pandangan ekonomi ke depan. Perhatikan apakah ekonomi berada pada situasi yang makmur atau bahkan sedang mengalami inflasi tinggi.

Tugas marketing dalam merencanakan pemasaran juga sangat penting dalam keberlangsungan sistem penjualan di perusahaan. Berikut ini ada beberapa tugas manajemen pemasaran yang harus dilakukan oleh seorang manajer perusahaan.

Tugas Marketing :

  1. Mempelajari dengan baik kebutuhan dan keinginan dari konsumen
  2. Mengembangkan konsep produk
  3. Membuat desain produk atau pengemasan dan merk produk
  4. Menetapkan harga yang tepat
  5. Memeriksa penjualan
  6. Mengatur Distribusi
  7. Menciptakan komunikasi yang baik dengan menggunakan media yang tepat

Baca juga : Pengertian Supervisor

Selanjutnya di dalam sebuah pemasaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut dibedakan menjadi dua jenis yaitu dari sudut pandang penjual dan konsumen. Dari sudut pandang pelaku marketing adalah place (tempat), product (produk), price (harga), dan promotion (promosi). Sedangkan dari sudut pandang konsumen adalah customer needs and wants (kebutuhan dan keinginan), cost (biaya), convenience (kenyamanan), communication (komunikasi). Sekian informasi mengenai pengertian marketing / pengertian pemasaran dan tugas tugas nya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *