Morfologi Adalah? Pengertian dan Contoh Adaptasi Morfologi

Pengertian Morfologi – Banyak cara yang dilakukan oleh makhluk hidup untuk bertahan di ekosistemnya. Selain untuk melawan dari serangan musuh, juga untuk mendapatkan makanan dengan mudah. Perubahan bentuk tubuh pada hewan, tumbuhan, manusia, dan organisme lainnya untuk tujuan tersebut dinamakan adaptasi morfologi. Contoh yang mudah diamati adalah morfologi ikan yang dapat dilihat langsung dari bentuk siripnya. Ikan yang hidup di laut memiliki struktur tubuh serta sirip yang berbeda untuk menyesuaikan kadar air di lingkungan hidupnya.

Pengertian Morfologi

Morfologi adalah bentuk upaya dari makhluk hidup untuk mempertahankan kondisinya agar mudah mendapatkan makanan. Adaptasi morfologi ini sudah berlangsung sejak lama bahkan saat dinosaurus masih ada. Dampak dari adanya proses tersebut adalah keberagaman pada binatang, tumbuhan, bahkan mikro organisme. Peristiwa ini terjadi secara alami dan erat kaitannya dengan jaring makanan yang terjadi dari organisme tingkat tinggi hingga rendah.

Makhluk yang tidak beradaptasi dengan baik, dipastikan kelangsungan hidupnya akan terhenti. Misalnya saja pada morfologi bakteri yang memiliki struktur berbeda bergantung pada kemampuannya menghasilkan makanan. Jenisnya secara umum ada dua yaitu autotrof dan heterotrof. Tubuhnya ada yang bulat, batang dan lengkung. Ada banyak sample morfologi yang mudah Anda temukan, beberapa diantaranya adalah:

Contoh Adaptasi Morfologi

morfologi

  1. Morfologi pada tumbuhan

Morfologi tumbuhan meliputi penyesuaian pada daun, batang dan juga akar. Morfologi adalah cara beberapa tanaman untuk mempertahankan hidupnya. Misalnya saja kaktus yang mempunyai daun berduri karena hidup di daerah kering. Akarnya sangat panjang karena dipakai untuk mencari sumber air dalam tanah. Begitu juga dengan teratai yang melakukan adaptasi dengan daun yang lebar dan tipis agar tidak terbalik saat berada diatas air.

  1. Morfologi pada binatang

Jenis binatang sangat banyak jumlahnya. Itu terjadi karena proses morfologi yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. Hewan seperti serangga pun juga mengalami adaptasi tersebut termasuk belalang. Binatang ini memiliki antena yang terdapat pada bagian kepala, fungsinya sebagai indera.

Tipe matanya bersifat majemuk yang dapat mendeteksi respector warna per individu. Bentuk kakinya pun menyesuaikan pada lingkungan hidupnya. Berdasar pada  morfologi belalang ada sejumlah variasi yang bisa ditemukan yaitu belalang hijau, daun, sembah, batu, dan kayu. Selain terdapat perbedaan pada ruas dan ukuran, warnanya pun tidak sama.

  1. Morfologi pada manusia

Pengertian adaptasi morfologi adalah kebiasaan yang membuat hidup menjadi semakin mudah. Tanpa disadari, manusia juga mengalami proses ini. Contoh mudahnya ada pada lubang hidung yang menghadap kebawah agar tidak mudah kemasukan air. Daun telinga yang lentur supaya nyaman saat tidur.

Sama seperti morfologi daun bunga batang akar, beberapa anggota tubuh juga mengalami perubahan. Anda yang hidup didaerah kering pasti memiliki struktur badan yang berbeda dengan mereka yang ada di kutub. Secara alamiah perubahan pasti terjadi agar bisa bertahan hidup.

Morfologi adalah bagian terpenting pada perkembangan makhluk. Suka atau tidak suka, perubahan akan terjadi dengan sendirinya. Adanya proses tersebut memberikan banyak dampak positif seperti menjamin keberlangsungan jaring makanan serta keanekaragaman yang ada saat ini.

Baca juga : Materi Mitokondria

Setelah mengenal pengertian morfologi beserta contohnya, kini Anda sudah tahu mengenai asal-usul terjadinya variasi pada tumbuhan dan juga hewan. Proses morfologi berlangsung secara simultan dan bisa mengalami perkembangan jika kondisi ekosistem juga berubah. Cara ini merupakan bentuk pertahanan agar bisa mencari makanan dengan mudah sehingga kelangsungan hidup lebih terjaga.

Hasil Pencarian:

morfologi adalah