Pengertian Novel dan Unsur Intrinsik Ekstrinsik Novel

Pengertian Novel – Novel merupakan salah satu komoditas jenis buku yang paling banyak memiliki penggemar. Apalagi sekarang ini banyak novel yang menjadi booming dan menjadi terkenal dalam waktu singkat. Jenis novel juga beragam dari mulai romance, komedi hingga thiller. Novel terus berkembang sehingga memicu masyarakat untuk kembali meningkatkan minat baca masyarakat. Dalam sebuah novel memiliki banyak sekali unsur yang menjadikannya sebagai sebuah karya terstruktur , entah itu unsur intrinsik novel maupun unsur ekstrinsik novel. sebuah novel berbeda dengan karya-karya tulis lain. Terdapat dua buah unsur besar yang menjadi pembentuk kerangka novel yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik.

Pengertian Novel Serta Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik pada Novel :

1. Pengertian Novel

Novel dalam arti umum adalah sebuah bentuk karya yang termasuk dalam kategori sastra. Karya ini memiliki bentuk prosa yang memiliki dua buah unsur pembentuk. Unsur pembentuk yang pertama adalah unsur eksrinsik. Selain unsur tersebut ada pula unsur intrinsik sebagai pembentuk sebuah novel. Kata novel sendiri merupakan serapan dari bahasa itali dengan arti sebuah cerita atau sebuah cerita, Bahasa itali yang diserap adalah “novella” kemudian menjadi novel dalam bahasa Indonesia.

Novelis adalah seseorang yang menulis sebuah cerita novel atau pengarang sebuah novel. Perbedaan novel dengan cerpen dapat dilihat dari isi kontennya yang lebih panjang dan lebih kompleks dibandingkan dengan cerpen. Novel adalah juga sebuah karya yang biasanya menceritakan tentang kehidupan beberapa manusia yang saling berinteraksi kepada sesamanya dan juga kepada lingkungannya.

pengertian novel

2. Unsur Intrinsik Novel

Setelah membahas mengenai pengertian novel, sekarang ada dua unsur yang sangat layak untuk diketahui. Unsur pembentuk novel seperti yang telah disebutkan terdiri dari dua unsur yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Kali ini akan dibahas mengenai unsur intrinsik novel.

Unsur intrinsik novel terdiri dari beberapa sub. Beberapa unsur tersebut adalah tema, tokoh dan penokohan, alur, gaya bahasa,setting atau latar cerita, sudut pandang dan juga amanat. Tema adalah pokok permasalahan yang digunakan untuk membentuk cerita dalam novel. Tokoh dan penokohan merupakan pemberian karakter atau watak pada setiap tokoh dalam novel tersebut. Sedangkan alur merupakan rentetan peristiwa dari jalannya novel.

Baca juga : Cerpen Singkat

Unsur intrinsik novel yang lain adalah gaya bahasa. Gaya bahasa ini menjadi salah satu alat dari pengarang untuk dapat menjelaskan tentang cerita dalam sebuah novel. Latar merupakan penggambaran dari terjadinya suatu peristiwa. Sudut pandang adalah cara penempatan diri dari pengarang dalam melihat kejadian pada cerita. Unsur terakhir adalah amanat. Amanat merupakan sebuah pesan yang dapat disampaikan dari cerita ke dalam sebuah novel.

3. Unsur Ekstrinsik Novel

Selain unsur intrinsik, sebuah novel juga didasari dari unsur ekstrinsik. Unsur ini memiliki beberapa komponen layaknya yang dimiliki oleh unsur intrinsik. Beberapa komponen dalam unsur ini adalah sejarah atau biografi dari pengarang, kondisi dan situasi, serta nilai-nilai yang terkandung dalam cerita novel tersebut.

Sejarah dan biografi pengarang bisa sangat memberikan pengaruh terhadap jalan cerita sebuah novel. Sedangkan kondisi atau situasi merupakan kondisi disaat cerita itu dibuat. Kondisi ini juga akan berpengaruh pada hasil akhir novel. Terakhir adalah nilai-nilai yang terkandung dalam cerita.

Ada beberapa nilai-nilai dalam unsur ini. Nilai tersebut adalah nilai moral, nilai sosial, nilai budaya dan nilai estetika. Itulah beberapa kategori yang termasuk dalam unsur ektrinsik. Unsur intrinsik novel dan ekstrinsik novel sangat berpengaruh pada novel. Sekian pembahasan mengenai pengertian novel beserta unsur unsur yang ada pada novel. Semoga bisa memberikan manfaat.

Keyword:

unsur intrinsik novel,unsur intrinsik dan ekstrinsik novel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *