Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya

Pengertian Sistem adalah kumpulan unsur-unsur yang bergabung menjadi satu kesatuan dan mempunyai tujuan yang sama. Unsur-unsur dalam sistem tersebut saling berhubungan satu sama lain untuk memudahkan arus informasi agar dicapai suatu tujuan bersama. Di dalam sistem terdapat unsur-unsur penggeraknya sehingga penggerak tersebut saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Contoh sistem misalnya adalah tubuh manusia yang terdiri dari panca indera, sistem pernafasan, sistem ekskresi, dan lain-lain. Tubuh memiliki komponen dengan fungsi masing-masing namun memiliki tujuan yang sama. Unsur-unsur yang ada di dalam tubuh saling berhubungan satu sama lain.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi sistem yang dikemukakan oleh para ahli. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Indrajit
Sistem adalah suatu perkumpulan komponen yang saling memiliki hubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.

2. Jogianto
Gabungan banyak elemen yang memiliki hubungan dan saling berinteraksi dalam menyelesaikan suatu tujuan tertentu. Jogianto menyatakan bahwa dapat digambarkan sebagai suatu kejadian yang nyata berupa manusia, benda, atau orang yang nyata.

pengertian sistem

3. Murdick, R.G
Sistem adalah suatu kumpulan elemen yang di dalamnya terdapat prosedur yang digunakan dalam rangka mencari suatu tujuan bersama melalui cara pengoperasian barang dan data pada saat tertentu. Cara ini ditujukan untuk mendapatkan data atau informasi yang diinginkan.

4. Harijono Djojodihardjo
Pengertian sistem adalah gabungan suatu obyek yang mempunyai hubungan baik dari segi fungsi maupun hubungan tiap-tiap ciri-ciri obyek yang dengan keseluruhan menjadi kesatuan yang mempunyai fungsi.

5. Lani Sidharta
Kumpulan beberapa unsur dimana unsur tersebut saling berkaitan bersama dan beroperasi dalam mencapai suatu tujuan sama.

6. Colin Cherry
Colin Cherry menyebutkan bahwa sistem adalah keseluruhan yang dibentuk oleh berbagai bagian atau assambel yang berasal dari berbagai sifat serta bagian-bagiannya.

7. Pamudji
Suatu keseluruhan yang terorganisir atau suatu kebulatan yang kompleks. Pamudji juga menyatakan bahwa sistem merupakan suatu paduan himpunan dari berbagai hal sehingga membentuk suatu keseluruhan yang utuh. Keseluruhan yang utuh tersebut mencakup di dalamnya yaitu terdapat berbagai macam komponen yang termasuk sistem. Sistem tersebut memiliki fungsi masing-masing dan berkaitan antara satu sistem bersama dengan sistem yang lainnya dalam mencapai tujuan.

8. Sumantri
Pengertian sistem menurut Sumantri yaitu sekelompok bagian dimana bagian tersebut saling mengisi dan bekerjasama dalam menjalankan maksud tertentu. Apabila salah satu sistem sedang terganggu atau mengalami suatu kerusakan maka akan berpengaruh terhadap sistem yang lainnya. Sehingga keseluruhan bagian tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.

9. Prajudl
Jaringan yang terdiri dari prosedur-prosedur yang saling terikat antara prosedur yang satu dengan prosedur yang lainnya. Keterikatan tersebut didasarkan oleh pola yang bulat yang dapat menggerakkan fungsi utama maupun urusan.

10. R. Fagen dan A. Hall
Sistem adalah kumpulan dari objek yang mempunyai suatu hubungan antara masing-masing obyek termasuk hubungan mengenai sifat-sifat yang mereka miliki

11. Arifin Rahman
Arifin Rahman menyebutkan mengenai apa itu sistem. Menurut Arifin, sistem berarti kumpulan pendapat, prinsip, dan unsur lain yang sudah mempunyai bentuk sebagai kesatuan yang berhubungan.

Simak juga : Pengertian Sistem Informasi

Itulah beberapa pengertian sistem menurut para ahli yang dapat dijadikan sebagai acuan. Pada dasarnya sistem terdiri dari berbagai komponen yang terhubung satu sama lain dengan fungsinya masing-masing. Kemudian komponen tersebut menjalankan fungsinya untuk mencapai tujuan tertentu. Seperti komponen dalam komputer maupun komponen yang ada di dalam tubuh manusia.

Hasil Pencarian:

Pengertian sistem,pengertian sistem menurut para ahli,defenisi sistem menurut para ahli,man money methode