Pengertian Penyimpangan Sosial, Bentuk , dan Contohnya

Penyimpangan sosial adalah bentuk perilaku seseorang yang tidak sesuai dengan norma sosial yang berlaku. Secara singkat dapat dikatakan bahwa perilaku yang diperbuat oleh seseorang atau individu dinilai tidak sesuai berdasarkan norma dan nilai sosial. Bagaimanakah contoh penyimpangan sosial dalam kehidupan sehari-hari? Penyimpangan sosial adalah bentuk ketidak sesuaian sikap dan tingkah laku yang dihasilkan oleh seseorang. Sikap ini dinilai tidak benar menurut norma sosial yang ada. Contoh penyimpangan sosial yang sering kita dengar adalah pencurian, pembunuhan, pemerkosaan, dan pemakaian narkotika.

Kenakalan remaja juga merupakan salah satu penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat. Jika sejak masa remaja sudah mengalami bentuk penyimpangan, remaja ini rawan menjadi satu pengkontribusi perilaku menyimpang.   Bentuk penyimpangan sosial yang satu ini seharusnya sudah bisa diatasi sebelum berlarut-larut sehingga tidak membudaya bagi remaja tersebut.

Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli

penyimpangan sosial

Pengertian penyimpangan sosial menurut seorang pakar yaitu bahwa seorang individu gagal melakukan atau menyesuaikan diri dengan kehendak masyarakat atau kelompok tertentu. Namun satu pakar keilmuan menyatakan bahwa penyimpangan sosial merupakan bentuk adaptasi atau cara menyesuaikan kebudayaan dengan perubahan sosial.

Satu hal yang harus dimengerti dari semua pengertian penyimpangan sosial bahwa perilaku ini lebih kepada ketidak mampuan seorang individu dalam memenuhi ekspektasi lingkungan sosial, dalam hal ini pembentukan perilaku yang sesuai norma. Anda dapat melihat banyaknya gambar penyimpangan sosial yang tersebar di media massa.

Macam Macam Penyimpangan Sosial

Ada beberapa jenis penyimpangan sosial yang terjadi di masyarakat. Semua jenis penyimpangan ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, setiap individu bahkan bisa memiliki bibit untuk tumbuhnya penyimpangan terutama jika ada kesempatan yang muncul. Penyimpangan secara umum yaitu

  1. Penyalahgunaan Narkotika

Perilaku yang satu ini merupakan salah satu penyimpangan sosial yang paling umum terjadi. Tidak hanya terbatas pada orang dewasa, anak remaja bahkan orang tua pun banyak yang mengalaminya. Factor penyebab penyimpangan sosial yang satu ini biasanya lebih kepada ketidakpuasan diri. Meskipun mungkin juga dipengaruhi oleh faktor dari luar, namun yang membuat individu semakin terjerumus adalah tidak adanya kontrol diri.

  1. Tindak Kriminalitas

Contoh penyimpangan sosial yang satu ini tidak hanya meresahkan diri dan keluarga, namun dampaknya bisa lebih luas. Tindakan ini secara langsung merugikan orang lain. Bentuk penyimpangan sosial yang satu ini adalah misalnya perampokan, pembunuhan, korupsi, pencurian dan lain sebagainya.

  1. Hubungan Seksual

Faktor penyebab penyimpangan sosial yang satu ini adalah kelainan pada diri sendiri yang menginginkan seks yang tidak sesuai dengan aturan atau norma yang berlaku. Jenis penyimpangan sosial yang satu ini lebih kepada individu atau pribadi karena merupakan satu hal yang sifatnya privasi. Contohnya melakukan seks bebas, berselingkuh, LGBT dan juga pelacuran.

Bentuk dan Contoh Penyimpangan Sosial di Masyarakat

Pada dasarnya, penyimpangan sosial adalah satu bentuk ketimpangan perilaku yang dialami oleh individu atau kelompok. Tidak semua bentuk penyimpangan adalah perilaku yang permanen. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menyembuhkan perilaku yang tidak biasa ini. Misalnya, Anda bisa melakukan rehabilitasi jika sudah terlanjur kecanduan narkotika. Anda bisa melihat referensi dari sumber-sumber di internet tentang penyimpangan yang terjadi dan juga gambar penyimpangan sosial yang terkait.

Baca juga : Contoh Perubahan Sosial

Itulah tadi beberapa uraian mengenai penyimpangan sosial beserta contoh dan bentuknya. Sangat disarankan untuk tidak terlalu menjauhi para pelaku penyimpangan sosial agar mereka merasa masih diterima di dalam masyarakat. Cari solusi agar mereka dapat berhenti dan kembali berperilaku sesuai norma dan aturan sosial. Semoga dapat dijadikan tambahan ilmu yang dapat menambah pengetahuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *