Perdagangan Internasional – Pengertian, Teori, Kebijakan, dan Manfaatnya

Perdagangan Internasional adalah sebuah perdagangan antar dua negara yang berbeda dengan dilandasi perjanjian yang kuat. Perjanjian tersebut tentu saja berasal dari kesepakatan bersama. Bentuk dari perdagangan ini bisa berupa individual, perusahaan hingga pemerintahan. Perdagangan ini memiliki beberapa teori yang bisa Anda pelajari. Untuk tahu lebih lanjut mengenai teori perdagangan internasional, penjelasannya ada di bawah ini.

Pengertian perdagangan internasional telah dijelaskan sebelumnya. Anda yang biasa membeli barang-barang dari luar negeri mungkin belum menyadari jika hal tersebut bisa terjadi karena adanya perdagangan internasional. Pembelian kosmetik, baju, sepatu, tas, coat, atau produk lain secara import adalah contohnya. Perdagangan ini hadir tak lepas dari adanya teori perdagangan internasional. Berikut sekilas ulasannya.

Teori Perdagangan Nasional :

Terdapat beberapa teori perdagangan internasional. Teori tersebut antara lain teori model Ricardian, teori model Heckscher-Ohlin, teori faktor spesifik, teori model gravitasi perdagangan, serta teori Adam Smith. Semua definisi dan penjelasan mengenai teori tersebut dapat Anda temukan di makalah perdagangan internasional. Anda bisa menemukan makalah tersebut secara online maupun offline dengan mendatangi perpustakaan dan sejenisnya.

perdagangan internasional

Perdagangan internasional tak terlepas dari adanya faktor pendorong perdagangan internasional itu sendiri. Faktor tersebut antara lain timbul dari adanya dorongan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, ketersediaan sumber daya alam di suatu negara, untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan tersebut, perbedaan faktor produksi, keinginan akan sebuah kerjasama antar negara, serta kebutuhan perluasan pasar suatu negara.

Faktor tersebut juga saling berkaitan dengan manfaat perdagangan internasional dan tujuannya. Manfaat itu juga bisa dirasakan oleh rakyat maupun pemerintah dari negara yang terlibat. Kedua belah pihak tidak akan merugi dengan adanya kerjasama ini. Beberapa manfaat yang bisa diambil adalah.

Manfaat Perdagangan Internasional :

1. Bisa mendapatkan barang yang tidak diproduksi di negara sendiri
Beberapa negara memiliki barang khas yang berasal dari sumber daya alam mereka. Dan terkadang barang tersebut tidak bisa ditemukan di dalam negeri. Maka dengan adanya perdagangan antar negara barang tersebut bisa dinikmati oleh semua orang.

2. Mendapat keuntungan
Keuntungan tersebut didapat dari spesialisasi. Misalnya sebuah negara memproduksi suatu barang yang juga dibuat di negara lain, maka negara tersebut bisa menerapkan spesialisasi di produk lain yang lebih mudah dibuat serta melakukan import barang tersebut dari negara satunya.

3. Menumbuhkembangkan teknologi
Manfaat yang satu ini bisa sekaligus menjadi tujuan perdagangan internasional. Dengan adanya perdagangan di dua negara, maka bisa mendorong negara tersebut untuk memajukan teknologinya. Seperti misalnya kerjasama antara negara berkembang dengan negara maju. Maka teknologi di negara berkembang bisa saja akan bertumbuh seiring berlanjutnya kerjasama tersebut.

4. Sumber Devisa
Salah satu manfaat yang paling bisa dirasakan adalah kerjasama antar negara bisa menjadi sumber devisa dari negara yang bersangkutan. Devisa tersebut dimanfaatkan untuk membeli barang dari luar negeri. Pembelian barang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan di negara tersebut.

Masih banyak manfaat yang bisa diambil dari adanya kerjasama internasional di bidang bisnis ini. Tahukah Anda apa perbedaan jual beli internasional dengan jual beli biasa? Yang membedakan perdagangan ini dengan perdagangan biasa adalah dari segi wilayah serta alat pembayarannya. Alat pembayaran tersebut biasanya telah disepakati dan diatur dalam kebijakan perdagangan internasional dari setiap negara yang terlibat.

Baca juga : Negara ASEAN

Aktivitas perdagangan internasional diatur dan diawasi oleh pemerintah. Maka dari itu, Anda tidak bisa mengabaikan kebijakan yang ditetapkan. Itulah sekilas informasi mengenai perdagangan antara dua negara atau lebih beserta teori perdagangan internasionalnya. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *