Teori Perubahan Sosial, Bentuk, Contoh, dan Dampaknya

Perubahan Sosial –¬†Manusia termasuk ke dalam makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian, setiap aktivitas Anda pasti berhubungan dengan orang lain. Sehingga permasalahan yang menyangkut kehidupan banyak orang menjadi salah satu hal yang dijadikan perhatian, begitupun dengan perubahan sosial. Pasti banyak dari Anda yang bertanya apa pengertian perubahan sosial. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai teori, bentuk, contoh, dan dampaknya agar Anda lebih mengerti.

Pengertian Perubahan Sosial

perubahan sosial

Perubahan sosial adalah hal yang pasti terjadi, terutama dalam lingkungan sosial masyarakat. Semua masyarakat tentu saja ingin memiliki perubahan terutama ke arah yang lebih baik. Menurut ahli perubahan sosial sendiri adalah sebuah perubahan yang terjadi di masyarakat dimana perubahan tersebut berhubungan dengan norma, nilai, dan pola hidup sosial bermasyarakat. Perubahan sosial budaya juga salah satu perubahan yang sering terjadi di masyarakat.

Faktor pendorong perubahan sosial adalah karena adanya modifikasi pada tatanan masyarakat dalam suatu keadaan yang memicu terjadinya perubahan. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui untuk mengerti lebih jelas mengenai perubahan sosial. Berikut ini adalah teori, bentuk, contoh, dan dampak perubahan sosial yang harus Anda ketahui:

Teori Perubahan Sosial

Kondisi yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam kehidupan sosial sebenarnya bisa dilihat berdasarkan teori perubahan sosial yang ada. Berikut ini beberapa teori mengenai terjadinya perubahan sosial :

  • Teori Evolusi

Teori evolusi ini masih berkaitan dengan teori evolusi dari Darwin, namun ditambah pemikiran dari Herbert Spencer. Teori ini mengatakan bahwa perubahan yang terjadi pada kehidupan sosial memiliki arah yang tetap dan dialami oleh semua masyarakat. Seperti evolusi, perubahan yang terjadi perlahan dan dengan proses yang panjang.

  • Teori Fungsionalis

Teori perubahan sosial ini dikemukakan oleh William Ogburn. Ogburn menyebutkan meski ada unsur masyarakat yang berhubungan namun kecepatan perubahan yang terjadi pada setiap orang tidak sama.

  • Teori Konflik

Teori yang dikemukakan oleh Karl Marx dan Ralf Dahrendord ini mengatakan bahwa faktor pendorong perubahan sosial merupakan hal penting dalam setiap perubahan. Menurut mereka perubahan sosial adalah hasil dari sebuah konflik yang terjadi pada kelas sosial dalam hubungan bermasyarakat.

  • Teori Siklus atau Siklis

Teori dari Arnold Toynbee dan Aswald Spenger ini menyebutkan bahwa perubahan sosial budaya dalam masyarakat berhubungan dengan adanya tanggapan dan tantangan. Bentuk perubahan sosial dari teori siklus terjadi dalam beberapa tahapan yang berbeda sehingga prosesnya akan lebih panjang dan tidak terlihat jelas.

Contoh dan Dampak Perubahan Sosial

Setiap perubahan yang terjadi pasti memiliki dampak dalam kehidupan baik itu dampak positif maupun dampak negatif, termasuk juga perubahan sosial. Dampak tersebut dipengaruhi oleh bentuk perubahan sosial yang ada. Contoh perubahan sosial yang berdampak positif yaitu meningkatnya segala hal mengenai taraf pendidikan misalnya seperti berkembangnya ilmu pengetahuan dan semakin tingginya kecanggihan teknologi.

Tidak hanya dampak positif saja, perubahan sosial budaya juga menghasilkan dampak negatif yang sebenarnya harus dihindari. Contoh perubahan sosial yang berdampak negatif adalah adanya perubahan adat istiadat dalam sebuah suku atau negara. Perubahan tersebut biasanya dipengaruhi oleh budaya asing, perubahan yang terjadi bisa menyebabkan hilangnya jati diri dari sebuah suku atau negara.

Baca juga : Pengertian Interaksi Sosial

Itulah informasi mengenai pengertian perubahan sosial, teori, contoh, bentuk, dan dampaknya yang harus Anda ketahui. Perubahan sosial merupakan hal yang wajar terjadi dalam hubungan masyarakat, Anda harus bisa memilih mana yang berdampak positif dan menghindari perubahan yang berdampak negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *