Materi Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Lengkap

Sejarah Bahasa Indonesia –  Bahasa merupakan identitas pada suatu bangsa yang digunakan untuk berkomunikasi. Setiap bangsa mempunyai bahasa yang berbeda-beda dengan asal-usul dan ciri khas masing-masing, begitupun juga dengan bangsa Indonesia. Sejarah ejaan bahasa Indonesia sendiri tidak bisa lepas dari bahasa melayu dan merupakan bahasa yang dinamis, sehingga dapat menghasilkan kosakata yang baru dari penciptaan dan penyerapan bahasa asing maupun daerah. Hal tersebut banyak dituliskan dalam berbagai makalah sejarah bahasa Indonesia. Untuk itu berikut penjelasan mengenai sejarah bahasa Indonesia dan perkembangannya.

Sejarah bahasa Indonesia sangat berkaitan erat dengan bahasa Melayu. Menurut makalah sejarah bahasa Indonesia, Sejak dahulu, bahasa Melayu adalah bahasa yang digunakan sebagai bahasa perantara dan pergaulan. Jadi pada dasarnya, sejarah perkembangan bahasa Indonesia ini berasal dari bahasa Melayu. Awal mulanya ketika kerajaan Sriwijaya mulai berkembang di wilayah Asia Tenggara melakukan komunikasi dengan kerajaan lain menggunakan bahasa Melayu Kuno.

Sejarah Bahasa Indonesia dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

sejarah bahasa indonesia

Sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia tersebut telah dibuktikan dengan adanya prasasti pada Kedukan Bukit di Palembang yang bertuliskan angka tahun 683 M. Lalu kota kapur di Bangka yang berangka tahun 686 M dan Karang Brahi Jambi tertulis 688 M dalam cerita di berbagai sejarah bahasa Indonesia pdf.

Sejarah bahasa Indonesia tidak bisa luput dari peristiwa sumpah pemuda. Bahasa Indonesia lahir sejak tanggal 28 Oktober 1928. Ketika pada tanggal tersebut, para pemuda di seluruh Nusantara berkumpul serta berikrar melalui sumpah pemuda yang berisi:

  1. Bertumpah darah yang satu. Tahan air Indonesia
  2. Berbangsa yang satu. Bangsa Indonesia
  3. Menjunjung bahasa persatuan. Bahasa Indonesia

Sejarah perkembangan bahasa Indonesia melalui sumpah pemuda itulah, kemudian bahasa Indonesia disahkan menjadi bahasa nasional dari bangsa Indonesia. Tanggal 18 Agustus 1945, bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa resmi yang terkandung dalam UUD 1945 Bab XV, Pasal 36. Begitulah cerita sejarah singkat bahasa Indonesia.

Menurut sejarah perkembangan bahasa Indonesia, bahasa negeri ini telah mengalami berbagai perubahan yang diakibatkan karena penggunaan di masa kolonial. Berbagai pembakuan juga turut mempengaruhi sejarah ejaan bahasa Indonesia. Penamaan “Bahasa Indonesia” sendiri di awali sejak dicantumkannya dalam sumpah pemuda. Hal ini tidak lain guna menghindari adanya kesan imperalisme bahasa.

Dalam sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia, proses ini juga menyebabkan bahasa Indonesia yang digunakan saat ini berbeda dengan bahasa Melayu yang digunakan di daerah Riau maupun di Semenanjung Malaya. Bahasa Indonesia pun tetap hidup dan terus menghasilkan kosakata baru, baik dari penciptaan ataupun penyerapan bahasa lain tanpa merusak sejarah bahasa Indonesia itu sendiri.

Walaupun telah dipahami dan digunakan oleh hampir seluruh warga Indonesia, bahasa Indonesia tidaklah ibu dari kebanyakan penuturnya. Penuturan bahasa Indonesia sering kali menggunakan versi harian atau kolonial dengan mencampurkan bahasa ibu tersebut dengan dialek dari bahasa lainnya.

Walaupun demikian, untuk saat ini bahasa Indonesia tetap digunakan secara luas dalam bidang pendidikan, media massa, perangkat lunak, sastra, surat resmi, dan berbagai forum publik, sehingga dapat dikatakan bahwa bahasa Indonesia tersebut sudah digunakan oleh seluruh warga Indonesia. Dengan penggunaannya yang wajib dan resmi, bahasa Indonesia semakin berkembang dan bertambah kokoh keberadaannya.

Baca juga : Sejarah Pramuka di Indonesia

Begitulah cerita mengenai  sejarah bahasa Indonesia. Dengan mengetahui sejarah singkat bahasa Indonesia tersebut, tentunya akan lebih bangga dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Anda dapat melihat cerita secara lengkap pada berbagai sejarah bahasa Indonesia pdf.