Sejarah Bola Voli di Indonesia dan Dunia Lengkap!!

Sejarah Bola Voli – Seperti yang kita ketahui bersama bola voli merupakan salah satu dari banyak cabang olahraga yang memang sangat poluler, permainan ini dimainkan 2 tim yang berlawanan. Dari setiap tim terdiri atas 6 orang dan ada beberapa pemain yang jadi di posisi cadangan. Bola voli memunyai beragam permainan, diantaranya adalah bola voli pantai, yang memiliki jumlah pemain 2 orang dari setiap tim, dan dalam satu permaian bola voli pantai ini dimainkan hanya 4 orang.

Khusus untuk cabang bola voli ini dinaungi oleh induk organisasi internasional yang bernama FIVB yang biasa disebut dengan Federation Internationale de Volleyball. Di negara Indonesia, organisasi yang menaungi cabang olahraga bola voli di sebut PBVSI yaitu persatuan bola voli seluruh Indonesia.

Sejarah Permainan Bola Voli

sejarah permainan bola voli

Bola voli merupakan cabang olahraga yang diakui sangat popular di negara Indonesia dan banyak berbagai penghargaan dan kemenangan yang telah berhasil dicapai oleh para atlet indonesi di tingkat inernasional. Maka dari itu akan terasa tak lengkap apabila tidak mempelajari sejarah bola voli.

Walaupun tidak semuanya, akan tetapi setidaknya mengetahui sediketi tentang sejarah bola voli supaya bisa menjiwai. Pada kesempatan ini akan membahas tentang sejarah bola voli dalam 2 poin yaitu sejarah bola voli secara global dan sejarah pemainan bola voli di Indonesia. Berikut pembahasannya.

Sejarah Bola Voli di Dunia

sejarah voli

Berikut merupakan beberapa fakta tentang sejarah bola voli di dunia. Ada beberapa sebutan yang diperuntukkan olahraga ini. Berbicara tentang sejarah bola voli dunia cukup luas, makan juga akan berbicara tentang sejarah bola voli juga penemunya.

Olahraga bernama mintonette, Permainan bola voli atau volleyball ternyata merupakan kombinasi dari 4 unsur dari permainan bola besar lalu dijadikan menjadi satu yaitu baseball, bola basket, bola tangan / handball, dan tenis.

Pada awalnya olahraga ii tidak disebut menggunakan nama bola voli, akan tetapi menyebutnya dengan nama olahraga mintonette, terus siapa yang yang menemukan olahragaini, sejarah permainan bola voli ini awalnya dari penemu cabang olahragain awalnya ditemukan oleh seoran yang mempunyi nama Willian G. Morgan. Willian G. Morgan adalah orang yang lahir tahun 1870 dan meninggal pada tahun 1942.

Dia berjadi menjadi insruktur pendidikan jasmani atau lebih tepatnya dalam bahas inggirs yang biasa disebut dengan director of phycal education di YMCA. Willian G. Morgan telah menemukan olahraga mintonette atau volleyball lebih tepanya tanggal 9 februari 1985 di Holyoke Massachusetts, amerika serikat.

Olahraga bola voli ini diciptakanoleh orang bernama William G. Morgan yang awalnya terinspirasi saat dia bertem dengan seseorang yang bernama James Naismith. James Naismith merupakan pencipta permainan bola basket.

Baca Juga : Senam Lantai

Dia lahir tanggal 6 november 1961 dan meninggal dunia tanggal 28 november 1939. James Naismit juga sama dengan William G. Morgan yang bersama sebagai pengabdi menjadi seorang instuktur pendidikan jasmani. Willian G. Morgan telah menciptakan olahraga mintonette atau bola voli 4 tahun setelah permaianan bola basket ditemukan James Naismith.

Awalnya cabang olahraga yang telah ditemuka Willian G. Morgan hanya dibuat untuk para anggota YMCA yang sudah tidak lagi muda. Maka dari itu kenama olahraga voli dibuat secara tidak seaktif seperti permainan bola basket yang telah diciptakan James Naismith.

Peraturan yang ada di dalam permainan bola voli awalnya dibuat oleh penemu olahraga bola voli yaitu William G. Morgan. Saat itu dia mempunyai inisiatif untuk membuat jaringan yang tinggi kurang lebihnya sekitar 1,98 meter yang lalu akan dipasang berada di tengah lapangan.

Kemudian ditambang dengan ukuran lapangan yang besarnya 7,6 meter x 15,2 meter dengan durasi permaianan sendir di setipa pertandingan yang dimainkan terdiri atas 9 sesi dengan tiga kali servis yang dilakukan setiap tim pada saat setiap sesinya.

Pada tahun 1896 cabang olahraga ini yang mempunyai nama mintonette berubah nama yang berganti menjadi volleyball atau yang biasa disebut dengan bola voli dalam bahasa Indonesia. Hal ini dilakuka saa rangka domonstrasi perandingnanya yang pertama kali yang diselenggarakan YMCA training school.

Saat kesempatan itu yang dihadiri semua instruktur yang ada di organisasi YMCA, Willian G. Morgan pada saat itu telah membaya 2 tim dan setipa timnya mempunyai anggota sebanyak 5 orang.

Willian G. Morgan memberikan penjelasan bahwa pada setiap permaian yang sudah diciptaannya bisa dimainkan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Dia juga menyampaikan apabila di permainan ini juga bisa dimainkan oleh banyak orang. Tidak adanya standard jumlah yang membatasi dalam permainan ini.

Seiring dengan perkembangan jaman, sejarah permaianan bola voli juga mengalami pertambahan sedikit demi sedikit dalam atauran permainananya. Tahun 1016 untuk penggunaan teknik spike aau smash sudah muali diperkensalkan untuk pertamakali.

Dan untuk 4 tahun kemudian di tahun 1920 telah ada peraturan 3 kali sentuhan dan skor akhir diubuh dari yang semulanya hanya 15 poim lalu menjadi 21 poin.

Di tahun 1900 permainan bola voli sudah menyebar ke negara lin selain negara amerika yaitu kanada.akhirnya permaianna bola voli ini lenyebar ke berbagai negara tahun 1947 lalu telah dibentuk federasi internasional dari bola voli atau yang biasa disebut federation international de volleyball / FIVB dan pertamakali kejuaraan bola voli yang diadalan 2 ahun setelahnya yaitu 1949.

Sejarah Bola Voli di Indonesia

sejarah bola voli

Sejarah bola voli di Indonesia. Bola voli masuk ke Indonesia pada saat penjajahan belanda pada tahun 1928. Tetapi saat itu bola voli hanya dimainkan oleh bangsa belanda dan para bangsawan saja. Karena saa itu dalam perkembangan olahraga di Indonesia para guru yang menjadi instruktur pendidikan jasmani didatangkan langsung dari negara belanda.

Tak hanya guru, para tentara juga mempunyai peran dalam mengenalkan dan mengembangkan olahraga bola voli di Indonesia. Para tentara sering memainkan bola voli di asrama mereka dan juga kadang di lapangan terbuka.

Tak hanya itu mereka juga sangat sering mengadakan pertandingan antar kompeni. Permainan bola voli berkembang begiu pesa di negara Indonesia, sehingga tidak membutuhkan waktu lama, dari situ mulai bermunculana yim bola voli yagn ada di kota besar di Indonesia.

Karenan terjadinya hal ni akhirnya tanggal 22 januari 1955 berdirilah PBVSI yang bertempat di Jakarta. Semenjak ada PBVI juga sudah aktif dan lalu melakukan perkembangan kegiatan bola voli di berbagai kota di insonesia, selain di kota juga elah mengadakan kegiatan di luar negeri hal ini juga terus berlangsung sampai sekarang ini.

Baca Juga : Sejarah Sepak Bola

Demikian tak sedikit penjelasan mengenai sejarah permainan bola voli di dunia, sejarah bola voli di dunia dan juga perkembangan bola voli di Indonesia semoga dapat membantu pembaca dalam penambahan informasi, wawasan dan pengetahuan.