Sejarah Sepak Bola di Indonesia & Dunia, Singkat dan Lengkap!

Sejarah Sepak Bola – Permainan sepak bola merupakan satu dari banyak cabang olahraga yang sanga popular di dunia. Permaianan sepak bola ini memakai bola yang biasanya berbahan dari kulit dan dimainkan terdari 2 tim yang masing masing tim terdiri atas 11 orang yang menjadi pemain inti dan ada beberapa tugas yang mempunyai tugas menjasi pemain cadangan.

Pada saat awal abad ke 21, permaianan sepak bola sudah dimainkan kurang lebih 250 juta orang dari 200 negara di seluruh belahan dunia. Hal ini yang pada akhirnya mendai permainan sepak bolah menjadi cabang olahraga yang terpopuler di belahan dunia hingga sekarang ini.

Permainan Sepak Bola

sepak bola

Di dalam permaianan sepak bola, pada setiap tim mempunyai tujuan agar mencetak gol sebanyak mungkin dengan cara memasukan bola ke dalam gawang lawan. Permainan sepak bola ini dapat dimainkan di lapangan yang terbuka yang memiliki bentuk persegi panjang yang berumputkan rumput sintetis atau rumput asli.

Tetapi biasanya yang mempunyai hak unutuk menyentuh bola dengan lengan atau tangan hanya seorang yang menjadi penjaga gawang atau biasa disebut kipper. Itu pun hanya dapat dilakukan apabila bola sedang ada di daerah gawangnya saja.

Apabila 10 orang pemain yang lain dibolehkan untuk memakai semua anggota badannya kecuali tangan. Biasanya pemaian menggunakan kepala untuk menyundul bola, bagian dada untuk mengontrol bola, dan pastinya bagian kaki untuk menendang bola.

Tim yang dapat mencetak gol dengan hasil terbanyak di akhir permainan, itu lah tim yang menjadi pemenangnya. Akan tetapi apabila waktu permainan yang sudah ditentukan berakhir dengan hasil skor sama, maka dapat dilakukan undian, memperpanjang waktu permaianan, atau dengan adu penalty.

Tergantung format penyelenggaraan kejuaraannya. Pada pertandingan yang resmi tim pemenang diberi 3 poin, sedangkan tim yang kalah mendapat 0 poin. Apabila kedua tim bermaiannya imbang maka setiap tim dapat 1 poin.

Meskipun begitu pemenang di dalam suatu pertandingan sepak bola bisa saja dibatalkan kapan saja jika terjadi tindakan criminal apabila dikemudian hari terbukti. Jika di permainan sepak bola salah saru tim dengan sengaja mengundurkan diri atau biasa disebut walk out maka tim lawannya memenangkan pertandingan dengan mendapatkan 3 poin.

Baca Juga : Senam Lantai

Secara umum peraturan dalam pertandingan sepak bola setiap tahunnya diperbaharui oleh induk organisasi sepak bola internasional FIFA yang menjadi penyelenggara piala dunia setipa 4 tahun sekali.

Sejarah Permainan Sepak Bola

sejarah sepak bola

Pada kesempatan kali ini, akan menjelaskan tentang sejarah sepak bola yang dimulai dari diciptakannya hinga menjadi permainan favorit di seluruh belahan dunia. Selain itu pada kali ini akan membahas mengenai 2 versi sejarah yaitu sejarah sepak bola di dunia dan sejarah sepak bola di Indonesia secara singkat.

Sejarah singkat sepak bola bisa saja membantu untuk mengetahi garis besar dari sejarah sepak bola bagi yang malas membaca terlalu banya. Sedangkan sejarah sepak bola yang lengkap bisa membantu apabila ingin mengetahui sejarah sepak bola dengan detail. Marai langsung kepada pembahasan berikut ini.

Sejarah Sepak Bola di Dunia

sejarah sepak bola dunia

Sejarah sepak bola dunia, sejarah permaian sepak bola sudah dimulai di negara tiongkok sejak abad ke 2 dan ke 3 sebelum masehi. Pada masa dinasti Han para masyarakat memainkan pemainan sepak bola ini dengan cara menggiring bola yang dibuat dari kulti ke dalam jaring kecil dengan menendangnya.

Pemaianan yang sama dengan ini juga dimainkan di negara jepang yang bernama kemari. Sedangkan di negara italia permainan yang menggiring bola dan menendang ini juga digemari masyarakatnya sejak abad ke 16.

Semenjak ditetapkan peraturan dasar di negara inggris, permaian sepak bola modern sudah mulai berkembang dan sangat digemari dari semua kalangan. Di beberapa pertandingan permaian sepak bola ini menimbulkan kekerasan yang terjadi selama kompetisi sedang berlangsung.

Sehingga pada akhirnya tahun 1365 raja Edward III telah memutuskan melarang permaianan ini dimainkan lagi dengan hal ini raja james I dari skotlandia juga memberi dukungannya.

Pada tahun 1915 terjadi perkebangan yang berat yang menyebabkan permaian sepak bola jadi salah satu olahraga yang terkenal di lingkungan sekolahan dan universitas.

Kelahiran dari sepak bola modern terjadi tahun 1863 di frteemasons tavern ketika sekolah dan klub berkumbul denga membuat rumusan peraturan baku yang akan diterapkan kedalam permaian sepak bola.

Disaat yang bersamaan dengan hal ini, terjadi pem8saha antara sepak bola (soccer) dengan olahraga rugby. Tahun 1969 memakai bagian tangan untuk membawa bola sudah mualai tidak diperbolehkan kedakam permaian sepak bola.

Sedangkan tahun 1800 an olahraga sepak bola sudah mulai disebarkan oleh para pelaut, pedagang, dan para tentara inggris ke seluruh penjuru dunia.

Dan pada tahun 1904 asosiasi terteinggi sepak bla dunia yaitu FIFA telah dibentuk dan pada awal 1900 an ada beragam pertandingan yang diadakan di berbagai negara.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

sejarah sepak bola indonesia

Setelah mengetahui sejarah permaian sepak bola di dunia, selanjutnya mengenai sejarah sepak bola di Indonesia. Sejarah pemainan sepak bola di Indonesia pastinya lepas dari bangsa lain yang melakukan penjajahan atau perdagangan di wilayah negara Indonesia.

Awalnya di dalam permainan sepak bola bahwa negara cina yang sudah memperkenalakan permainan ini kepada negara Indonesia dengan menunjukan bahwa negeri tirai bamboo in tidak kalah superior jika dibandingkan dengan negara yang lainnya seperti negara yang ada di eropa yaitu belanda.

Sehingga selain memiliki niat untuk melakukan perdagangan, negara cina jega mempunyai andil yang sangat besar di dalam permaianan sepak bola di negara indonesia.

Tercatat pada tahun 1915 ada banyak klub atau perkumpulan sepak bola yang berdiri dan sudah didirikan warga tionghoa, dan tahun 1920 ada klub UMS Jakareta dan Surabaya yang sudah menjadi klub terheba di dunia persepakbolaan hindia belanda (nama Indonesia saat itu).

Kehebatan negara Indonesia pada saat itu ternyata sudah pernah ikut kedalam piala dunia pada tahun 1938. Di dalam perjalanan sepak bola Indonesia ada beberapa kejadian yang sangat penting untuk dicatatan yaitu dengan berdirinya asosiasi sepak bola indonesia yang memiliki tugas untuk menaungi klub sepak bola yang ada di negara Indonesia.

Organisasi ini bernama PSSI yaitu persatuan sepakbola seluruh Indonesia yang telah didirikan tanggal 19 april 1930 di kota Yogyakarta. PSSI bediri sebelum Indonesia ikut kedalam piala dunia tahun 1938 di perancis.

Hal ini yang perlu dicatat dalam perjalanan sepak bola Indonesia yang pernah terjadi perselisihan antar PSSI dan NIVU untuk memutuskan siapa yang memang berhak ikut kedalam pertandingan piala dunia di perancis.

Baca Juga : Kebugaran Jasmani

Demikian tak sedikit penjelasan mengenai sejarah perkembangan sepak bola baik di dunia maupun di negara Indonesia, semoga dapat membantu pembaca dalam menambah wawasan, informasi maupun pengetahuan khususnya seputar sejarah sepak bola sampai saat ini. Sampai bertemu kembali pada artikel olagraga berikutnya.