Senam Lantai : Pengertian dan 13+ Contoh Gerakan Senam Lantai !

Senam Lantai – Pada ulasan kali ini, kami akan menyajikan informasi aktual mengenai pengertian senam lantai, hingga menyertakan gambar gambar senam lantai kepada anda semuanya secara gratis.  Pengertian senam lantai, senam lantai adalah satu dari sekian banyak cabang olahraga senam yang dilakukan di atas lantai dan bisa dilakukan di lapangan yang menggunkan maras.

Ada beberapa unsur senam lantai yang terdiri dari gerakan mengguling, meloncat, melompat, berputar di udara, bertumpu dengan tangan, bertumpu degan kaki dengan tujuan agar dapat mempertahankan sikap seimbang atau saat akan meloncat kebelakang atau meloncat kedepan.

Pengertian Senam Lantai

pengertian senam lantai

Senam lantai biasanya juga disebut dengan latihan bebas, karena saat melakukan senam lantai tidak memakai alat apapun. Gerakan pada senam lantai diawali dari komposisi gerakan ringan, gerakan sedang, gerakan berat dan gerakan akrobatik yang mengandung gerkanan ketangkasan, luwes dan seimbang.

Pengertian senam lantai juga dapat diartikan sebagai cabang olahraga yang dilakukan di atas lantai yang memakai matras yang berukuran 12 x 12 meter. Setelah anda mengetahui secara detail apa pengertian senam lantai, berikut kami kupas sejarahnya untuk anda.

Sejarah Senam Lantai

sejarah senam lantai

Setelah membahas mengenai pengertian senam lantai, selanjutnya akan membahas mengenai sejarah senam lantai. Sejarah cabang olahraga ini juga belum diketahui dengan pasti, banyak sumber dari bebagai negara yang sudah bercerita mengenai senam lantai ini.

Senam sudah diperkenalkan dari abad ke 2 lalu telah menyebar ke seluruh dunia. Olahraga senam terus berkembang hingga terbagi ke dalam beberapa macam jenis jenis senam, salah satunya ialah cabang senam lantai.

Sejarah senam awalnya berasal dari negara seribu dewa yaitu negara yunani, akan teapi sejarah senam lantai awalnya berasal dari negara cina. Dari taun 2700 sebelum masehi para biara cina kuno sudah kenal bentuk sederhana dari gerakan senam lantai.

Para biara cina kuno menyebut gerakan itu dengan gerakan untuk pengobatan dan bela diri. Catatan peninggalan gerakan sederhana di dalam senam lantai ada di dalan kitab warisan kon hu cu dan muridnya.

Kitab itu banyak bercerita mengenai geraka sederhana yang mempunyai tujuan untuk pengobatan. Sejarah cabang olahraga senam lantai ini juga awalnya dari negara taaj mahal india. Negara india juga sudah lama dikenal sebagai negara yang memiliki gerakan khusus untuk pengobatan dan teknik pernafasan.

Satu dari gerakan pengobatan yang banyak dikaitkan dengan gerakan senam lantai adalah yoga. Jika diperhatiakan gerakan yoga memiliki banyak persamaan dengan gerakan senam lantai. Seperti gerakan kayang yang ada di yoga juga dijumpai di gerakan senam lantai.

Sejarah Perkembangan Senam Lantai

senam lantai

Dulu orang dari negara india percaya jika gerakan yoga adalah suatu gerakan yang bisa menyembuhkan dari rasa sakit dan gerakan yoga untuk memuja dewa di dalam kepercayaan mereka. Di dalam gerakan yoga dan senam lantai diharuskan dalam kelenturan gerakan tubuh dan pengambilan nafas yang dinamis juga banyak ditemui di dalm gerakan senam lantai modern jaman sekararang ini.

Sejarah olahraga senam lantai ini tak lepas juga dari negar mesir. Banyak piramida mesir yang menggambar dan menuliskan cerita mengenai senam lantai. Piramida mesir menceritakan gerakan yang dilakukan nenek moyang dari bangsa mesir.

Gerakan olahraga yang dilakukan bangsa mesir saat jaman dahulu identic dengan gerakan senam lantai misalnya gerkan yoga dan gerakan sederhana senam lantai yang lainnya. Dari peninggalan berbagai negara bisa disimpulakan bahwa senam lantai dimulai dari abad ke 20 sebelum masehi.

Biasanya gerakan sederhana pada saat itu dipakai untuk metode pengobatan dan saranan untuk pemujaan dewa. Yang awalnya dari jepang masuk ke Indonesia. Senam sudah diperkenalkan oleh tentara PETA. Jepang yang dikenal dengan senam taiso.

Senam mulai dipertandingkan di pesta olahraga internasional tahun 1963 pada pertandingan GANEFE (games the new amarging force). Di Indonesia telah dibentuk organisasi senam yaitu persani (persatuan senam seluruh Indonesia).

Gerakan Senam Lantai :

gerakan senam lantai

  1. Gerakan guling depan atau forward rool

Merupakan jenis gerakan senam lantai yang dilakukan dengan cara bergulung kearah depan.

  1. Gerakan guling belakang atau backward roll

Merupakan gerakan senam lantai dilakukan dengan cara berguling kearah belakang. Pada gerakan ini berbeda dengan gerakan guling depan perbedaannya ada pada teknik dan arah bergulingnya.

  1. Gerakan lompat harimau

Gerakan ini berbeda dengan gerakan guling depan dan guling belakang. Gerakan ini memakai langkah yang membusur saat posisi badan melayang kemudian kedua tangan diluruskan dan diakhiri dengan gulingan kedepan.

  1. Gerakan handstand

Gerakan handstan merupakan gerkana senam lantai yang popular dan dimanfaat sebagian orang untuk fitness. Gerakan ini dianggap bisa mengencangkan lengan dan jadi cara untuk membentuk dan membesarkan otot lengan bagi kaum pria.

  1. Gerakan lompat jongkok

Gerakan senam lompat jongkok ini yang awalnya dilakukan beralu dengan kencang lalu melakukan tolakan di atas papan dengan menggunakan tangan lalu mendsdarat dengan cara mengeper memakai ujung kaki.

  1. Gerakan lompat kangkang

Gerakan kangkang ini gerakan senam lantai yang dilakukan dengna cara menyudutkan panggul dan sedikit ditekuk. Gerkanini badan tidak dilruskan dahulu.

  1. Gerakan kayang

Gerakan kayang adalah gerakan senam lantai yang caranya dengan mengankat bagian panggul dan perul keatas. Poin utama dari gerakan kayang ialah dengan meletakkan kaki lebih tinggi dengan menumpukan bada di bagian pinggang dan bahu. Gerakan ini data meningkatkan kelenturan bahu.

  1. Gerakan meroda

Gerakan meroda ini dilakukan dengan menumpukan badan pada kedua tangan dan kedua kaki. Gerkan ini bisa dilakuan beberpa tingkata. bisa juga ditambah tingkatanya dengan bertahap.

  1. Gerakan sikap lilin

Gerakan sikap lilin ini bisa silakukan dengn memposisikan badan telntang dan rapat lalu topang pinggang memakai otot perut supaya kuat dan kedua lengan bisa menopang pnggul.

  1. Gerakan salto

Saat melakukan gerakan salto harus didampingi oleh orang yang professional atau ahli sehingga akan lebih aman. Tempat melakukan diharuskan empuk dan aman conthnya seperti kasur atau matras yang memiliki bantalan empuk. Gerakan ini merupakan gerkan senam yang menjungkirkan tubuh kearah udara tetapi tidak menyentuh lantai.

  1. Grakan round off

Gerakan senam yang menggunakan beberapa cara seperti menumpuhkan badan ke kedua tangan lalu melakukan tolakan saat kedua kaki mendarat ke lantai dan melakukan handstan dengan cara memutarkan bdan dengan sumbu yang tegak.

  1. Gerakan head stand

Gerakan yang awalnya dilakukan dengan berdiri tegak supaya bisa menumpu badan dengan  kedua lengan dan dahi sehingga berbentuk segitiga sama sisi lalu tungkai diangkat dan diposisika punggung membusur dabn panggul diletakan kedepan agar badan seimbang dan yang terkhir menegakkan badan menggnakan tungkai diatas dan rapat.

  1. Gerakan guling lenting

Gerakan yang dilakukan dengan badan berdiri menggunakan kedua kaki dirapatkan, kedua tangan keatas lurus badan dengan sediit membungkuk lalu tangan diletakan di matras dan badan mengguling ke depat

Tapi sikap kaki lurus dan mengguling kedepan tapi saat badan ada diatas kepala kedua kaki diluruskan kedepan memakai bantuan kedua tangan dan yang terkahir kaki mendatar tapi sikap kedua tangan tetap lurus dan kembali keposisi awal badan berdiri.

Manfaat Senam Lantai Bagi Tubuh :

  1. Menjaga kebugaran tubuh
  2. Kesehatan tubuh lebih terjaga
  3. Dapat memperbaiki bentuk tubuh agar proporsional
  4. Dapat mengurangi berat badan
  5. Tubuh akan menjadi lebih lentur
  6. Sebagi proses dalam pembentukan tubuh
  7. Tinggi badan bisa menjadi bertambah
  8. Proses dalam melentukan bahu
  9. Sebagai detoksifikasi
  10. Meambah peningkatan percara diri
Baca Juga : Kebugaran Jasmani

Demikian tak sedikit makalah senam lantai yang membahas pengeritan senam lantai dan materi senam lantai yang lainnya. Semoga dapat membantu pembaca dalam menambah wawasan, pengetahuan dan informasi seputar olahraga senam lantai.