SOP Adalah? Pengertian Apa Itu SOP dan Contoh SOP Perusahaan

Kepanjangan SOP adalah Standar Operasional Prosedur, bagi anda pemilik perusahaan atau yang bekerja pada suatu perusahaan pasti tidak asing dengan istilah ini. Apa yang anda pikirkan ketika mendengar istilah ini? Kata yang merupakan kepanjangan SOP ini adalah satu bagian tak terpisahkan dari operasional perusahaan yang disepakati oleh managemen perusahaan tersebut. Apa itu SOP dan bagaimana istilah ini berlaku dalam sebuah perusahaan? Berikut ini akan diuraikan mengenai hal tersebut.

Pengertian SOP

SOP-adalah

 

SOP adalah sistem atau prosedur yang dibuat sebagai petunjuk untuk mengerjakan suatu pekerjaan agar efektif dan terstandarisasi sesuai dengan hasil akhir yang diinginkan perusahaan tersebut. Setiap perusahaan memiliki standar pekerjaan tersendiri menyesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.

Terkadang anda menemui ada satu bagian atau tim dalam perusahaan yang dikhususkan untuk membuat peraturan perusahaan. Dengan mengetahui kebutuhan di lapangan, tim ini mempelajari cara membuat SOP.

Dalam sebuah perusahaan, adanya Standar operasional prosedur yang baik, diharapkan akan mampu memberikan  instruksi, petunjuk dan arahan agar pelaksananya dapat melaksanakan tugas dengan mudah, rapi dan tertib. Dengan kata lain, SOP adalah undang-undang atau rambu-rambu yang dibuat agar pekerjaan berjalan efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *