SOP Adalah? Pengertian Apa Itu SOP dan Contoh SOP Perusahaan

Kepanjangan SOP adalah Standar Operasional Prosedur, bagi anda pemilik perusahaan atau yang bekerja pada suatu perusahaan pasti tidak asing dengan istilah ini. Apa yang anda pikirkan ketika mendengar istilah ini? Kata yang merupakan kepanjangan SOP ini adalah satu bagian tak terpisahkan dari operasional perusahaan yang disepakati oleh managemen perusahaan tersebut. Apa itu SOP dan bagaimana istilah ini berlaku dalam sebuah perusahaan? Berikut ini akan diuraikan mengenai hal tersebut.

Pengertian SOP

SOP-adalah

 

SOP adalah sistem atau prosedur yang dibuat sebagai petunjuk untuk mengerjakan suatu pekerjaan agar efektif dan terstandarisasi sesuai dengan hasil akhir yang diinginkan perusahaan tersebut. Setiap perusahaan memiliki standar pekerjaan tersendiri menyesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.

Terkadang anda menemui ada satu bagian atau tim dalam perusahaan yang dikhususkan untuk membuat peraturan perusahaan. Dengan mengetahui kebutuhan di lapangan, tim ini mempelajari cara membuat SOP.

Dalam sebuah perusahaan, adanya Standar operasional prosedur yang baik, diharapkan akan mampu memberikan  instruksi, petunjuk dan arahan agar pelaksananya dapat melaksanakan tugas dengan mudah, rapi dan tertib. Dengan kata lain, SOP adalah undang-undang atau rambu-rambu yang dibuat agar pekerjaan berjalan efektif dan efisien.

Cara Membuat SOP

Berikut ini adalah langkah dan cara membuat SOP sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah

  • Membuat susunan kerja, yaitu terkait dengan rangkaian pekerjaan apa sajakah yang dilakukan dalam satu unit kerja
  • Melakukan wawancara terhadap aktivitas harian dalam pekerjaan para karyawan agar bisa mendapatkan materi dan contoh SOP yang dibutuhkan
  • Merencanakan alur proses dan menuliskannya dalam aturan-aturan, biasanya akan dituangkan dalam format atau bentuk peraturan tertulis
  • Mengadakan pelatihan mengenai apa itu SOP yang akan disepakati dan disosialisasikan, termasuk juga memberikan yang hendak diterapkan dalam perusahaan
  • Evaluasi dalam jangka waktu tertentu terhadap relevansi SOP yang telah dibuat

Semakin banyak lini-lini dalam suatu perusahaan, semakin banyak pula aturan-aturan yang dibuat agar jalannya roda perusahaan dapat lancar dan terstruktur. Umumnya pengertian SOP yang bisa dimengerti atau secara nyata dapat dipahami biasanya tertuang dalam peraturan perusahaan. SOP adalah petunjuk yang membantu karyawan menjadi lebih mandiri, menciptakan standar kinerja, dan meminimalisir terjadinya kesalahan dan tumpang tindih penugasan.

Contoh SOP Perusahaan

Contoh standar operasional prosedur yang biasa anda lakukan adalah memo-memo internal perusahaan. Biasanya, memo internal berisi tentang rincian dalam mengerjakan suatu jobdesk agar pekerjaan yang dikerjakan memiliki kesamarataan dan standar penyelesaian yang seragam.

Contoh SOP yang dapat anda lihat pada perusahaan perbankan atau finance adalah aturan mengenai pengajuan kredit, aturan mengenai pembukaan akun atau tabungan, ataupun prosedur-prosedur yang mengatur tata kelola kantor.

Dalam contoh SOP perusahaan tersebut akan diberikan batasan dan syarat-syarat dalam pengerjaan pengajuan kredit maupun pembukaan tabungan sehingga di semua cabang perusahaan akan melakukan prosedur yang sama dan terstandar.

SOP adalah salah satu kebijakan perusahaan yang harus dipatuhi dan ditaati. Contoh standar operasional prosedur umum yang sering dan banyak anda lihat diterapkan adalah tentang kebijakan pemakaian seragam.

Contoh SOP ini hampir ada di semua perusahaan baik itu instansi pemerintahan ataupun perusahaan swasta, dimana mereka memberlakukan aturan pemakaian seragam yang sama bagi seluruh karyawan. Jika ada karyawan yang melanggar pemakaian seragam atau dengan kata lain melanggar SOP seragam, akan dapat menyebabkan karyawan tersebut dikenai sanksi perusahaan.

Peraturan tentang perjalanan dinas, aturan tentang penggunaan fasilitas kantor, dan aturan mengenai standar pelayanan adalah merupakan contoh SOP perusahaan lainnya yang juga bisa anda temukan sehari-hari.

Baca juga : Komunikasi adalah

Pada kesimpulannya, kepanjangan SOP tidak terbatas hanya pada aturan atau petunjuk, bahkan ia lebih mengarah kepada undang-undang atau batasan. SOP adalah bagian tak terpisahkan dari perusahaan. Ia memberikan kontribusi positif terhadap kelancaran operasional perusahaan. Semoga artikel singkat diatas dapat memberikan pengetahuan dan pengertian SOP yang sepaham bagi anda para pengusaha atau karyawan agar mentaati dan mematuhi semua peraturan perusahaan yang dibuat.