Stakeholder Adalah? Pengertian Teori Stakeholder dan Contohnya

Pengertian Stakeholder – Anda pasti pernah mendengar istilah stakeholder bukan? Ya, istilah ini belakangan sering digunakan terutama dalam media baik media masa maupun media cetak yang merujuk pada seseorang yang memiliki pengaruh pada sebuah organisasi atau pada suatu hal. Semakin banyaknya istilah ini digunakan dalam segala bidang, semakin banyak pula orang yang mengenal istilah satu ini. Namun, tahukah Anda apa stakeholder ini sebenarnya? Nah, berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Semakin banyak digunakan, maka semakin banyak pula orang yang ingin tahu, begitupun ketika menggunakan sebuah istilah dalam percakapan sehari-hari. Misalnya yang saat ini sedang banyak digunakan adalah istilah stakeholder. Banyak pula yang akhirnya mencari tahu arti dari istilah ini. Pengertian stakeholder bisa bervariasi tergantung konteks keilmuan yang digunakan.

stakeholder adalah

Pengertian Stakeholder Menurut Para Ahli :

Stakeholder adalah suatu kelompok atau satu pihak yang memiliki kepentingan langsung maupun tidak langsung dan bisa mempengaruhi ataupun dipengaruhi terhadap eksistensi sebuah organisasi. Kelompok tersebut bisa dikatakan sebagai stakeholder jika memiliki karakteristik didalam sebuah organisasi/ perusahaan. Hal ini dijelaskan oleh salah satu pakar yang bernama Wibisono.

Dalam dunia bisnis stakeholder adalah seseorang yang memiliki kepentingan ataupun memiliki minat di suatu perusahaan. Kepentingan itu juga beragam, bisa dalam hal finansial maupun dalam hal lain. Ketika seseorang terkena pengaruh atau bisa memberikan pengaruh atas segala sesuatu yang terjadi pada perusahaan, baik dalam konteks positif maupun negatif, maka pihak atau orang bersangkutan bisa disebut sebagai stakeholder.

Jika berbicara tentang stakeholder, maka tak akan bisa dilepaskan dari yang disebut shareholder atau pihak yang memberikan saham. Meskipun tidak semua organisasi memiliki shareholder seperti halnya yang terjadi pada universitas atau instansi lainnya.

Teori Stakeholder

Dalam sebuah perusahaan maupun di dalam masyarakat, arti stakeholder bisa diibaratkan sebagai pihak yang memiliki pengaruh dalam pengambilan keputusan ataupun untuk eksistensi suatu organisasi. Berdasarkan posisi dan pengaruhnya, stakeholder bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis. Kategori stakeholder adalah pengelompokan orang ataupun pihak yang berperan dalam eksistensi organisasi tersebut.

Kelompok pertama adalah yang disebut sebagai stakeholder primer. Apa itu stakeholder primer? Satkeholder utama atau primer ini adalah orang atau pihak yang memiliki kepentingan langsung dengan program, kebijakan maupun keputusan yang diambil. Dalam hal ini stakeholder adalah penentu utama atau pengambil keputusan utama.

Kategori kedua disebut sebagai stakeholder sekunder atau pendukung. Kelompok yang masuk dalam kategori ini adalah pihak yang yang tidak terlibat secara langsung dalam kebijakan, program maupun pengambilan keputusan, namun orang atau pihak ini juga memiliki concern atau kepedulian terhadap kebijakan tersebut. Hal inilah yang membuat kelompok ini akan memberikan pendapat atau bersuara untuk mempengaruhi pengambilan keputusan. Kelompok ini meliputi lembaga swadaya masyarakat, pengusaha dan pihak-pihak lain.

Kelompok terakhir disebut sebagai stakeholder kunci. Pihak yang masuk dalam kelompok ini adalah orang-orang yang secara legal mempunyai kewenangan dalam menentukan kebijakan maupun mengambil keputusan. Selain digunakan dalam konteks secara umum, istilah ini juga banyak digunakan dalam bidang bisnis. hal tersebut kemudian melahirkan sebuah terori yang bernama teori stakeholder.

Baca juga : Pengertian Bisnis

Demikian tadi sedikit penjelasan tentang stakeholder serta pengelompokannya berdasarkan peran yang dijalankan. Istilah ini tidak hanya digunakan secara umum, seperti di bidang politik maupun pemerintahan saja. Stakeholder dalam bisnis bahkan dibuat dalam bentuk teori yang menyatakan bahwa perusahaan tidak hanya beroperasi untuk dirinya sendiri, namun harus bisa memberi manfaat kepada para stakeholder yang mana terdiri dari karyawan, konsumen, masyarakat, pemerintah bahkan pemegang saham.