Penjelasan Teori Teori Komunikasi dan Contohnya

Teori komunikasi adalah suatu cara pemikiran yang mengemukakan penyampaian suatu pendapat didalamnya terdiri dari berbagai macam komponen dan unsur komunikasi. Unsur dan komponen komunikasi ini merupakan jalan agar penyampaian suatu pendapat ini dapat diterima dengan baik dan pesannya dapat diterima dengan keseluruhan sesuai dengan maksud dan tujuan pesan. Mengingat saat berkomunikasi yang dihadapi adalah berbagai macam komponen masyarakat dengan berbagai macam latar belakang, kebudayaan, dan lain sebagainya, maka diperlukan komunikasi yang dapat berjalan dengan efektif.

Terutama terlebih dahulu ditekankan pada teori komunikasi antar person atau komunikasi interpersonal baru kemudian teori komunikasi masa. Karena teori komunikasi interpersonal ini mengharuskan untuk bertatap muka langsung sehingga penyampaian pesannya haruslah efektif dan dapat diterima.

Pengertian Teori Komunikasi Menurut Para Ahli

teori komunikasi

Seiring dengan perkembangan jaman, definisi teori komunikasi baik teori komunikasi personal maupun teori komunikasi massa sudah banyak dikemukakan oleh para ahli. Mulai dari penjelasan yang sederhana sampai dengan penjelasan yang rumit. Mulai dari yang mengacu pada perkembangan ilmu di jaman dahulu sampai mengacu pada ilmu modern dan saat ini.

Ada juga yang mengemukakan dengan batasan teori tentang komunikasi interpersonal sampai dengan teori tentang komunikasi massa. Seiring dengan perkembangan jaman ini yang cepat sehingga cakupan teori yang dikemukakan pun juga tidak lagi sempit tetapi semakin luas. Contoh-contoh teori komunikasi dari jaman dahulu dan sekarang dapat diwakilkan oleh beberapa ahli yang terkenal di jamannya.

Contoh Teori Komunikasi

Contoh teori komunikasi dapat dimulai dari tahun 1948 oleh Harold Lasswell. Lasswell mengemukakan teori tentang komunikasi dengan bahasa yang sederhana dan sangat mudah dimengerti karena teori ini bukan tentang teori komunikasi bisnis. Teorinya menyatakan bahwa who (siapa), berbicara apa (says what?), dengan media apa (in which channel), kepada siapa (to whom), dan dengan efek apa (with what effect).

Jadi komunikasi interpersonal yang menanyakan dan memberikan penjelasan dasar tentang siapakah berbicara, berbicara tentang apa, melalui media apakah, berbicara kepada siapa dan apakah efek yang ditimbulkan dari pembicaraan itu. Ini merupakan jenis komunikasi verbal.

Teori komunikasi yang dikemukan oleh Sannon dan Weaver di tahun 1949 merupakan teori klasik yang menekankan bahwa komunikasi adalah komunikasi verbal dengan suatu sistem transmisi jika medianya atau transmitternya berjalan dengan baik, maka komunikasinya juga akan berhasil baik. Komunikasi efektif akan gagal jika sinyal transmisinya tidak baik atau rusak.

Teori agenda setting adalah suatu teori komunikasi organisasi dan komunikasi  bisnis yang menyatakan bahwa opini masyarakat dapat digiring oleh media. Jika suatu kejadian dianggap penting oleh media, maka khalayak ramai juga akan menganggap peristiwa itu penting. Media mempunyai pengaruh besar dalam pembelajaran masyarakat. Teori ini dikemukan oleh McCombs dan D L shaw di tahun 1972.

Teori tentang komunikasi yang dikemukakan oleh Sandra Ball-Rockeach dan Marvin defleur di tahun 1976 terkenal dengan nama teori ketergantungan atau dependency theory. Teori ini menitikberatkan pada kondisi struktural masyarakat dalam komunikasi efektif.

Jadi pemikiran masyarakat dalam segala aspek termasuk komunikasi bisnis sangat mudah terpengaruh dengan media. Media massa memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat. Hal ini dapat dilihat contohnya dari kehidupan masyarakat yang modern sekarang ini. Opini masyarakat dapat tergiring ke hal yang benar atau salah tergantung pada media.

Baca juga : Pengertian Komunikasi

Teori komunikasi di jaman modern cenderung menekankan pada peran media terhadap opini masyarakat baik untuk teori komunikasi bisnis, personal maupun massa. Banyak tokoh yang mengemukakan pendapat ini. Tidak hanya di tahun 1972 dan tahun 1976, tetapi juga di tahun 1966 dan tahun 1974 yang dikemukakan ahli sebelumnya Elizabeth Noelle-Neuman dan Peter L Bergerr dan Thomas Luckmann menekankan betapa besar pengaruh media untuk menggiring komunikasi masyarakat, dan komunikasi organisasi.

Keyword:

sebutkan pengertian komunikasi berdasarkan teori – teori

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *