Ukuran Kertas A3 dan A3 Plus Dalam CM, Pixel, dan di Word

Ukuran Kertas A3 – Kertas menjadi salah satu media yang memiliki manfaat cukup luas. Selama ini Anda mengenal fungsinya untuk bahan cetak dalam skala kecil misalnya seperti A4. Padahal masih ada jenis lainnya yang ukurannya 2 kali lipat lebih besar. Ukuran Kertas A3 adalah setengah dari A2. Profesi yang sering menggunakan media ini diantaranya adalah arsitektur, desainer grafis, dan jenis pekerjaan lainnya. Meski tampaknya sangat luas, namun untuk beberapa kebutuhan seperti gambar proyek, kertas tersebut masih terlalu kecil.

Untuk pencetakan offset, biasanya memakai ukuran kertas A3 plus karena bidang cetaknya berada dibawah ukuran tersebut. Pemanfaatnya sangat beragam misalnya untuk keperluan pembuatan poster, brosur, kartu nama, dan sebagainya. Dengan mengetahui ukuran kertas A3 dalam CM maka Anda dapat memperkirakan berapa panjang dan lebar dari A3+ karena hanya selisih beberapa cm saja yaitu 32 x 48 cm. Selain menggunakan cetak offset, kini ada juga yang memakai laser namun harganya jauh lebih mahal.

ukuran kertas A3

Selain berbeda dalam hal Ukuran Kertas A3, kertas A3 plus juga memiliki jenis yang cukup beragam mulai dari HVS, art paper, Ivory, dan lain-lain dengan ketebalan yang beragam. Memang Ukuran Kertas A3+ cocok diaplikasikan untuk kebutuhan desain serta promosi. Bagi Anda yang ingin mengenal lebih rinci mengenai ukuran A3, berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Ukuran Kertas A3 Dalam CM MM dan di Microsoft Word

1. Ukuran A3 dalam cm
Untuk Ukuran Kertas A3 dalam CM adalah 29,7 x 42,0. Biasanya kertas A3 ini dijadikan bidang cetak menggunakan mesin printer yang berukuran besar. Sementara untuk keperluan digital lebih sering memakai kertas yang lebih besar dari ukuran kertas A3 cm yaitu 29,7 x 42 cm. Jadi pemilihan dari kertas sangat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin membuat kartu nama, sebaiknya pergunakan cetakan laser karena lebih awet dan tahan lama.

Baca juga : Ukuran kertas F4

2. Ukuran A3 dalam mm
Kertas ini dapat dikonversikan kedalam berbagai satuan termasuk mm. Ada beberapa program desain yang menggunakan Ukuran Kertas A3 dalam mm. Pada dasarnya spacenya sama saja, hanya berbeda satuannya. Jika Anda ingin menggunakan ukuran mm, maka hasilnya menjadi 297 x 420 mm. Panjangnya dua kali lipat dari ukuran A4. Sementara jika ingin dibagi dalam ukuran kertas A5 dalam pixel maka dihasilkan 4 bagian yang sama persis.

3. Ukuran A3 dalam Microsoft Word
Pembuatan poster tidak harus menggunakan program desain yang cukup sulit dipahami oleh orang awam. Anda bisa menggunakan Microsoft Word yang jauh lebih sederhana. Pertama-tama Anda harus mengatur dulu Ukuran Kertas A3 dalam CM atau bisa juga dalam inch. Ukurannya adalah 11,69 x 16,54 inch. Dengan bidang yang cukup luas tersebut, Anda bisa menuangkan kreasi sesuai keinginan.

Ukuran kertas A3 memang cukup besar, namun tidak pas jika digunakan untuk keperluan cetak digital ataupun offset karena bidangnya kurang luas. Untuk kebutuhan pembuatan brosur misalnya, diperlukan kertas yang cukup besar. Jika memaksa memakai A3, akibatnya gambar desain menjadi terpotong atau untuk lebih amannya akan diperkecil dari ukuran aslinya. Karena itulah para desainer serta arsitek banyak yang memakai A3+ daripada kertas ini.

Baca juga : Ukuran kertas A4

Setelah mengetahui ukuran kertas A3 dalam CM, mm, dan inch, Kini Anda bisa melakukan pengaturan kertas dengan mudah pada microsoft word. Untuk ukuran A3, sebetulnya sudah ada pilihan, tinggal klik saja. Namun jika program yang digunakan sudah usang, maka harus melakukan penulisan secara manual misalnya dengan memasukkan angka 29,7 x 42 cm.

Keyword:

ukuran a3 cm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *